Pentingnya Strategi Promosi Digital Dalam Dunia Musik

December 15, 2016

As u know, Urbaners, para finalis MLDare2PERFORM Season 2 juga mendapatkan perbekalan dengan mengikuti workshop sehari sebelum live audition berlangsung. Saat sharing session tersebut terdapat beberapa pembicara yang ahli dibidangnya dan tentunya berhubungan dengan musik.

Salah satunya adalah Aldo Sianturi merupakan konsultan untuk aggregator Believe Digital. Kiprahnya di industri musik sudah tidak di ragukan, meskipun bukan seorang musisi, tetapi Aldo tau bagaimana menghadapi market musik yang kian berkembang sejalan dengan teknologi.

Pada kesempatan kali ini, ia  berbicara bagaimana perkembangan industri musik sekarang, yang perlahan meninggalkan album fisik dan beralih ke digital. Hal ini merupakan ekosistem perubahan yang fundamental, meskipun menurutnya, perjalanan album fisik khususnya di Indonesia belum selesai, contohnya seperti CD, di Indonesia masih menggunakan case CD pada umumnya, sedangkan di luar negeri sudah banyak yang menggunakan konsep kayu bahkan besi. Terlihat value tersendiri pada album fisik tersebut, yang menjadikan pembeda dengan digital.

Tetapi memang tidak bisa dipungkiri, dengan berkembangnya teknologi, industri musik pun mengekor, mulai dari munculnya RBT kemudian iTunes Store dilanjutkan yang terakhir platform streaming online seperti Spotify. Nah, dengan kemundurannya album fisik bukan berarti para musisi tidak bisa survive, justru sebaliknya, kini para musisi bisa ekspansi ke media mana pun, bahkan tidak perlu memiliki album jika karya nya ingin di kenal banyak orang.

Sekarang ini selain album fisik, para musisi juga memiliki beberapa aset yakni digital album (track maupun album download & streaming), RBT, Official Video Clip & Video Lyric Youtube dan yang pasti publishing income.

Yang menjadi PR para musisi adalah bagaimana cara membuat karya lo bertahan bukan hanya kualitas musik. Salah satunya dengan melakukan digital strategy yang membuat karya lo nggak cuma boom saat launching, tetapi juga terus eksis untuk para pecinta musik tanah air maupun internasional.

Dengan memanfaatkan sosial media, hal tersebut sangat membantu akan eksistensi lo, Urbaners, aktif di platform musik seperti Soundcloud dan Spotify dan di sinkronisasi dengan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube. Maintain media sosial agar para penggemar tetap melihat eksistensi dan perkembangan musik lo sendiri. Atau Optimize profile media sosial lo, build an email list with calls-to-actions and promotions dan masih banyak lainnya. Pokoknya masih banyak taktik atau cara untuk mempromosikan karya lo selain dengan launching album, baik secara soft-selling maupun hard-selling, Urbaners!

Tetapi jangan pernah melupakan standarisasi kualitas musik lo sendiri ya, Urbaners. What you give is what you get, so, kalau lo totalitas dengan musik yang lo kerjakan, pasti hasilnya juga akan total, tidak sekedar menjadi "angin lalu".

SHARE

Facebook Twitter Google+

Other Buzz