Trending
Senin, 08 Mei 2017

Unik, Band Radiohead Dijadikan Nama Spesies Semut yang Baru Ditemukan

  • Share
  • fb-share
Unik, Band Radiohead Dijadikan Nama Spesies Semut yang Baru Ditemukan

The Beatles, Eagle, Scorpion dan Gorillaz merupakan sederet band musik yang menggunakan nama hewan sebagai identitas agar dikenal dunia. Band-band ini pun populer berhasil di dunia musik lewat karya mereka yang melegenda. Meski sejumlah personel telah tutup usia, namun hingga kini penggemar dari band-band itu masih tetap setiap dan menikmati karya lawas mereka.

Berbanding terbalik dengan fenomena band terkenal yang terinsipirasi dari nama hewan,  Radiohead, band asal Oxfordshire, Inggris, yang melegenda lewat single pertama mereka "Creep", justru didedikasikan menjadi nama spesies semut baru. Adalah Ana Jesovnik dan Ted R. Schultz para ilmuwan asal Venezuela yang menamakan semut baru dengan nama Sericomyrmex radioheadi.

Sericomyrmex radioheadi adalah jenis semut sutra. Semut ini merupakan petani jamur yang sangat genius. Spesies ini juga berhubungan dengan spesies semut yang lebih terkenal sebagai pemotong daun. Sehingga semut ini bermanfaat dalam mempelajari evolusi dan bagaimana spesies beraneka ragam dapat berkembang biak.

Para ilmuwan dari The Smithsonian Institution's Ant Lab, Washington D.C beranggapan penamaan spesies semut baru dengan nama Sericomyrmex radioheadi, sebagai bentuk penghargaan besar atas karya musik Radiohead.  Radiohead disebut-sebut sebagai band yang peduli akan permasalahan lingkungan terutama dalam meningkatkan kesadaran perubahan iklim. Hal ini ditunjukkan dengan lagu ciptaannya berjudul Fake Plastic Trees. Sang vokalis, Thom Yorke, juga dikenal dengan sisi kepedulian yang tinggi karena bergabung dengan sebuah organisasi lingkungan hidup, Friends of the Earth.

Hal serupa sebelumnya juga dilakukan para peneliti dan ilmuwan dari Oxford University Museum of National History yang menamakan spesies udang baru dengan Pink Floyd. Bukan tanpa alasan para peneliti dari Oxford menamakan udang itu dengan nama band Inggris tersebut. Sang kepala penelitian, Sammy de Grave, merupakan penggemar grup musik progresif rock itu sejak masih muda.

Peneliti beranggapan udang unik ini memiliki ciri yang serupa dengan Pink Floyd, berwarna merah muda dan dapat membuat suara yang sangat keras sehingga bisa membunuh mangsa-mangsanya.

 

 

Source: Detik.com

Comments
Heni Oen
fenomena band terkenal yang terinsipirasi dari nama hewan,
Agus samanto
The Smithsonian Institution's Ant Lab,