Trending
Kamis, 28 Januari 2016

Sherly Hartono, Inspirasi dari Pinggiran Indonesia

  • Share
  • fb-share
Sherly Hartono, Inspirasi dari Pinggiran Indonesia

Satu lagi anak bangsa yang berhasil menorehkan kiprahnya di dunia internasional. Kali ini, cerita membanggakan datang dari industri fashion. Beberapa waktu lalu, nama Sherly Hartono sempat booming diperbincangkan karena salah satu rancangan busananya yang unik dengan motif mangkok mie ayam dikenakan oleh seorang artis Hollywood! Gimana kisahnya?

 

Fokus pada Busana Pria

Sherly Hartono memulai kiprahnya di dunia fashion sejak usia dua belas tahun. Demi memperdalam ilmunya pada bidang fashion design, ia pun meninggalkan Indonesia untuk belajar di Central Saint Martins, London. Pada tahun 2014 lalu, Sherly akhirnya balik ke Indonesia untuk kembali mempelajari budaya di sini. Ia pun akhirnya merilis label busana bernama Hartono yang cenderung fokus pada busana pria. Koleksi perdananya diluncurkan untuk Autumn/Winter 2014 lalu. Untuk inspirasi fashion pria lainnnya, lo bisa lihat fashion keren ala The Beatles.

 

Menyelipkan Sentuhan Satire

Berbeda dari mayoritas desainer fashion lokal yang memilih garis minimalis sebagai ciri khas mereka, Sherly menyelipkan unsur satire dalam gaya kasual dan sporty pada berbagai busananya. Tidak lupa sentuhan tahun 1990-an untuk membuat rancangannya semakin stand out. Uniknya, Sherly mengaku terinspirasi dari cara berpakaian “abang-abang” Indonesia, terutama di warung dan angkutan umum. Ia bahkan mendeskripsikan karya dari koleksinya sebagai “slouchy elegance” (jorok yang anggun).

Pada suatu wawancara, Sherly bilang bahwa “abang-abang” tersebut cenderung mengenakan pakaian yang praktis dan nyaman karena pekerjaan mereka mengharuskan mereka untuk beraktivitas di luar rumah sepanjang hari. Jadi, jangan heran jika lo menemukan berbagai kemeja dengan ukuran “kebesaran” atau celana wol yang terlalu longgar pada koleksi busana Sherly. Justru karena “abang-abang” tersebut tidak terlalu mengenal fashion, gaya mereka pun menjadi unik.

 

Dikenakan Penyanyi Hollywood

Nama Sherly mulai ramai diperbincangkan orang-orang ketika Joe Jonas, aktor dan penyanyi Hollywood, terlihat mengenakan jaket bomber printing bergambar mangkok ayam jago (yang identik dengan mangkok mie ayam), petai dan pecahan uang rupiah. Ia mengenakannya saat menghadiri acara Kari Feinstein’s Style Lounge di Park City, Utah, pada 23 Januari 2016 lalu. Banyak yang mengira bahwa jaket tersebut merupakan rancangan dari Kenzo. Setelah ditelusuri, ternyata Sherly lah orang di balik pembuatan jaket unik tersebut.

Karya-karya Sherly berhasil memikat salah satu situs belanja ternama di Amerika, V Files. Situs tersebut juga dikenal sebagai “rumah” dari karya-karya desainer

mancangera, seperti Moschino, Kenzo, dan Calvin Klein. Kalau lo tertarik untuk membelinya, Sherly membandrol harga mulai dari US$ 205 atau sekitar 2,8 juta rupiah pada karya-karyanya.

 

 

Source:wolipop.detik.com, manual.co.id, justjared.com

Comments
Selvi eyang surun
Keren guys
John Hutabarat
mantap bro