Trending
Jumat, 18 November 2016

Ivan Mulia, Pembuat Gitar Resonator Seharga 7000 Euro

  • Share
  • fb-share
Ivan Mulia, Pembuat Gitar Resonator Seharga 7000 Euro

Apakah lo tahu bahwa ternyata seniman di bidang pembuatan alat musik disebut dengan luthier? Di Indonesia, luthier merupakan profesi yang cenderung jarang ditemukan. Khusus untuk pembuatan gitar resonator yang penggunaannya ditujukan bagi musik bergenre blues, nama Ivan Mulia sudah menggema di mana-mana, bahkan hingga level mancanegara. Satu produk gitarnya bisa dihargai hingga 7000 Euro!

 

Sempat Banting Setir ke Bidang Pengecoran

Sejak menjadi mahasiswa di Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia (STISI) Bandung, Ivan memang sudah ingin memiliki gitar resonator. Saat itu, ia dan beberapa teman kuliahnya menggeluti musik eksperimental 1970-an. Sayangnya, kegiatan tersebut nggak berjalan sesuai yang diharapkan sehingga pada tahun 1999, Ivan banting setir ke bidang pengecoran logam. Bersama sang adik yang memang lulusan teknik pengecoran logam, Ivan pun membuat bisnis bersama.

 

Membuat Gitar Resonator Khas Indonesia

Pada tahun 2009, ketika sudah merasa lebih stabil, Ivan mulai memikirkan keinginan lamanya untuk memiliki gitar resonator. Namun, kali ini, ia ingin membuatnya sendiri, bukan membelinya. Pengalaman di bidang logam pun menjadi bekal tersendiri. Ivan pun mulai browsing, bergabung dengan forum musik blues di luar negeri, dan forum pembuat gitar resonator untuk mendapatkan saran dari para anggotanya. Dari sanalah akhirnya ia mencoba untuk membuat gitar resonator.

Karya pertama Ivan tidaklah jauh berbeda dari gita resonator buatan luar negeri. Meski begitu, Ivan tetap memberikan ciri khas Indonesia, yakni seperti motif batik, ulos, dan lain sebagainya. Keunikan gitar resonator Ivan terletak pada pembuatannya yang berbeda dari proses konvensional. Ia menerapkan teknik ukir dan pengecoran dengan logam, lebih tepatnya memadukan aluminium dan kuningan. Suara yang dihasilkan pun memiliki karakter tersendiri.

 

Lebih Banyak Pelanggan dari Luar Negeri

Sejak saat itu, gitar resonator Ivan mulai dikenal hingga dunia internasional. Para konsumen dari luar negeri bahkan tidak tanggung dalam menghargai gitar resonator Ivan, yakni sekitar 4000-7000 Euro atau lebih dari seratus juta rupiah. Namun, khusus untuk pasar Indonesia, Ivan memasang harga yang relatif lebih terjangkau, yakni sekitar Rp 18-36 juta. Meski begitu, pesanan yang datang tetap lebih banyak berasal dari luar negeri dibandingkan Indonesia.

Tertarik untuk membeli gitar resonator buatan Ivan? Sepertinya lo harus sabar menunggu karena saat ini, pesanan untuk gitar resonator buatan Ivan sudah antre hingga tahun 2017!

 

 

Sources: Goodnewsfromindonesia.id, Surabayaonline.co

Comments
SAWI TRI
Sempat Banting Setir ke Bidang Pengecoran
Sarinah
Keren. Lanjut bro