Trending
Kamis, 10 Desember 2015

Paddle Board, Surfing Gaya Baru

  • Share
  • fb-share
Paddle Board, Surfing Gaya Baru

Sekarang banyak orang yang sudah bisa dan bahkan pro melakukan olahraga surfing. Untuk belajar surfing, dibutuhkan pelatih khusus karena lo harus bisa menjaga keseimbangan lo. Tapi kalau paddle board ini olahraga surfing gaya baru yang bisa lo mainkan bersama deburan ombak. Paddle board mungkin lo belum pernah dengar, memang olahraga ini masih baru. Ini dia paddle board, olahraga surfing dengan menggunakan dayung.

 

Kemunculan Stand Up Paddle Board

Urbaners, kemunculan stand up paddle board sebenarnya sudah lama, yaitu sejak tahun 1993. Namun, nama stand up paddle board atau disingkat dengan SUP ini masih belum terkenal di Indonesia. Paddle board adalah olahraga surfing dengan menggunakan dayung. Lo bisa melakukan paddle board dengan berdiri di atas papan surfing yang besar sambil mendayung.

Pioner dari paddle board ini adalah suatu perusahaan yang menciptakan papan surfing bernama Star Board. Papan paddle board ini keseluruhannya terbuat dari kayu, termasuk dayungnya. Uniknya dari perusahaan ini dia langsung mendistribusikan papannya ke konsumen. Jadi lo bisa menikmati papannya dengan kualitas yang sangat baik.

 

SUP Berawal di Peru

Star Board merupakan perusahaan yang pertama kalinya memproduksi papan SUP. SUP ini awalnya dieksplorasi di Peru lalu berkembang sampai ke Amerika Selatan oleh seorang penjelajah bernama Thor Heyedahls. Lalu perkembangannya semakin ditanggapi secara positif sehingga menjadi hobi dan olahraga di Hawaii.

Sejak kemunculannya itu, pertumbuhan SUP sangat cepat sekali karena cara memainkannya gampang banget, fleksibel, menyenangkan dan juga nggak perlu latihan fisik yang berlebihan. Urbaners, sekali lo mencoba, lo bakalan ketagihan selamanya lho.

 

Olahraga bisa di perairan mana saja

Olahraga ini nggak kayak selancar yang mengandalkan angin kencang dan ombak yang dahsyat. SUP ini nggak bisa kalau ada angin besar dan juga nggak perlu ombak yang besar. Untuk menikmati olahraga ini, lo nggak harus pergi ke laut, lo bisa mencobanya di sungai, danau dan laut yang nggak ada ombaknya. SUP semakin berkembang dengan adanya jenis SUP, mulai dari balap SUP, SUP untuk memancing, menjelajahi sungai, danau atau perairan lainnya bahkan SUP untuk yoga juga ada.

Saat ini, olahraga ini menjadi sangat populer sejak tahun 2005 di luar negeri. Namun belum tahu kapan olahraga ini bisa memasuki Indonesia. Lo mungkin bisa menjadi salah satu pioneer olahraga stand up paddle board ini diantara semua teman-temanmu Urbaners. Lalu nama lo bakalan semakin dikenal sebagai pioneer SUP di Indonesia.

 

Source: http://star-board-sup.com/

Comments
Heni Oen
olahraga ini menjadi sangat populer sejak tahun 2005
Aldi hidayat
Wah keren sih