Home Buzz Rahasia di balik Viral Meme

Rahasia di balik Viral Meme

Friday, October 31, 2014 - 17:36
Bagikan
Facebook Twitter Email

Social media sekarang nggak cuma penuh dengan status atau foto-foto narsis, tapi juga penuh dengan meme! Nggak heran kalau orang-orang bisa mendadak tertawa atau berteriak “gue banget!” saat lagi lihat-lihat timeline.

Namun nggak semua meme bisa menarik hati banyak orang. Mungkin hanya sebagian meme yang benar-benar bisa berada dalam siklus social media. Meme-meme itulah yang kemudian menjadi viral.

MLD SPOT berkesempatan untuk mengobrol dengan salah satu sosok di balik viral suatu meme. Berkebalikan dari karya-karya meme-nya yang sudah menyebar ke berbagai social media, dia sendiri bukan sosok yang dikenal banyak orang. Dengan santai, dia membeberkan tips dari pengalaman pribadinya dalam membuat meme agar bisa menjadi viral.

Topik


Sebelum membuat meme, jelas masalah utamanya adalah topik. Biasanya, cara paling mudah untuk menentukan topik adalah dengan mengamati lingkungan sekitar. Apa yang sedang ramai dibicarakan di social media, apa yang sedang dicurhatin temen dan apa yang dirasakan oleh diri sendiri bisa menjadi topik untuk sebuah meme. Topik-topik tersebut akan membuat meme terasa menyentuh atau “kita banget”.

Good Timing
Lalu kapan pun meme di-upload, seketika orang-orang berbondong-bondong memberikan reaksi? Jelas nggak. Menurut pengamatan, waktu yang tepat untuk meng-upload meme ke social media adalah jam 12.00 sampai 13.00 dan jam 18.00 sampai 19.00, atau paling nggak, sebelum jam 21.00. Waktu tersebut disesuaikan dengan kebiasaan orang-orang yang baru mulai aktif merespon setelah jam 21.00.

Mr.Mistery
Orang-orang juga cenderung menyebarkan meme yang nggak jelas identitas pembuatnya siapa. Jadi, kalau mau memberikan identitas di karya meme, lebih baik nggak terlalu mencolok atau mengganggu gambar. Alternatif lain juga bisa dengan menggunakan gaya penulisan atau gambar yang konsisten.

Terakhir, bagus atau nggaknya meme bisa dilihat dari respon orang-orang. Kalau meme yang di-upload ternyata sepi respon, maka dapat dipastikan kalau ada yang salah dengan meme itu, entah salah di tulisan atau gambarnya. Hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk membuat meme yang lebih bagus lagi di lain kesempatan. Menciptakan viral meme jelas jadi kebanggaan tersendiri. Tapi yang jelas, sebelum membuat viral meme, harus berani banyak mencoba dulu, ya, Urbaners!