Home Buzz Begini cara bikin artwork yang keren !

Begini cara bikin artwork yang keren !

Tuesday, January 6, 2015 - 02:46
Bagikan
Facebook Twitter Email

Kadang – Kadang  pas lo melihat suatu karya seni terlihat begitu rapih, dipoles dan mendekati sempurna, lo juga pasti nggak bisa bayangin gimana sih ini dibuatnya? Kaya tiba-tiba ada aja di dunia ,lo hampir nggak percaya jika suatu artwork ini dibuat dengan tangan. – malah kadang jika lo bergerak dibidang yang dekat dengan keterampilan  artistic, beberapa artwork justru membuat anda berkecil hati.

Tapi Urbaners, apalagi khususnya lo yang dekat dengan bidang ini, nggak usah khawatir. Semuanya dimulai dari nol, semua harus dimulai dari proses yang panjang, dan detail, terperinci dengan baik sampai kadang-kadang memang nggak bisa di pungkiri kalau proses ini membuat Urbaners merasa frustasi. Okay urbaners, untuk menunjukan kalau suatu karya seni adalah suatu proses, Artist Rumania yang bernama Paula Duta, yang cukup baik membiarkan kita dan dunia untuk melihat proses pengerjaan suatu artworknya, dalam video dan foto, seperti yang lo liat pasti ada ko proses lelah dan memakan banyak waktu.

Nah sekarang kalau lo piki, ini artwork yang luar biasa ini “tiba-tiba ada aja” di dunia, mendingan lo pikir lagi deh. Tapi thank God,  ada teknologi yang namanya time-lapse jadi semuanya berasa cepat.

Nih berikut video Entolomology of Locust Migratoria karyanya Paula Duta Duta.

Nah selanjutnya nih Urbaners, Goliathus Orientalis Pustulatus, atau Goliath Beetle, tidak begitu glamor, tapi langkah- langkah penting tetap diambilm kaya mengukur dan membuat garis bantu.

Duta juga share beberapa foto yang “indah tapi menakutkan” yang mengkombinasikan bentuk biologis dan mekanis, yup urbaners, mesin, semuanya dikerjakan dengan tingkat detail yang very sleek yang mencirikan hasil setiap karya – karyanya.

Langkah pertama: mewarnai dan memberikan deil ke gambar yang sudah di sketched,  banyak artis yang biasanya memulai dari mata terlebih dahulu.

Mmebuat bagian – bagian dalam pekerjaannya, Duta membuat porsi masing – masing untuk artworknya ini

…dan terus mengisi yang masih kosong, beberapa orang suka “membangun” seluruh gambar sekaligus, cuman Duta kayanya lebih suka untuk berkerja di setiap bagian sampai selesai sebelum pindah ke bagian lainnya.

Ya Urbaners, hampir selesai…

Tambahin background dan tambahin sentuhan sentuhan finishing pada mukanya.

Kombinasi yang tight pengerjaan detil yang terkontrol dan garis-garis yang looser membuat efek hidup pada gambar, mirip dengan depth of focus  di Kamera.

Details bisa di achieved  dengan membuat layer dari warna dan tekstur.

dan SELESAI !

Untuk mendapatkan hasil seperti ini, nggak mungkin selesai dalam waktu sejam atau dua jam, harus berjam-jam dedikasi untuk mengerjakan karya luar biasa seperti ini, dan juga latihan menggambar tahunan biar mendapatkan skill menggambar kaya gini. Dan Duta, seperti artis lainnya, akan terus maju dan belajar agar bisa berkembang. Jadi, kalau lo pikir lo desperate dan lo selalu berpikir lo nggak akan pernah bisa “good enough”, ingat terus, semua artist mulai dari 0, dan semua artis secara konstan bertumbuh dan berkembang, terus berusaha, dan lo pasti bisa!