Trending
Kamis, 29 Oktober 2015

Blogging Using Facebook

  • Share
  • fb-share
Blogging Using Facebook

Masih inget dengan fitur Notes pada Facebook? Pada dasarnya, Notes berfungsi sebagai media untuk menulis entri yang lebih panjang. Nggak banyak pengguna Facebook yang menggunakannya pada beberapa tahun belakangan ini sehingga Notes pun mulai diabaikan. Facebook akhirnya segera ambil tindakan dengan memberikan berbagai updates pada fitur Notes mereka.

 

Mirip Seperti Blog

Writing is one thing, but writing on a blog is another thing. Rasanya males banget harus sign-up dulu untuk bisa menuangkan segala unek-unek lo dan membaginya pada orang lain. Tapi, kalau lo udah punya akun Facebook, lo udah bisa jadi seorang blogger melalui fitur Notes mereka. Facebook udah memperbaiki tampilan Notes jadi lebih cantik dan customizable, mirip dengan tampilan pada situs blog.

Dengan updates terbaru ini, lo bisa nambahin foto sampul yang mewakili isi catatan lo. Tulisan yang lo buat juga bisa lo ganti dengan bentuk kutipan, header, caption untuk gambar yang lo cantumin, dan sebagainya. Ilustrasi dan tata letaknya yang lebih dinamis bikin tulisan-tulisan lo lebih mudah dibaca dan dipahami. Selain itu, lo juga bisa membagi tulisan pada Notes lo ke temen-temen Facebook lo.

 

Rekrut Tim Desain Baru

Saat menggunakan Notes dengan update terbaru, tampilannya mungkin bakal ngingetin lo dengan Medium, media sosial khusus untuk kegiatan menulis. Ternyata, Facebook emang merekrut orang-orang dari perusahaan desain Teehan+Lax. Mereka adalah orang-orang yang juga mengerjakan desain dari media sosial Medium dan Readability.

Nggak cuma mendesain Notes, mereka juga melakukan perubahan tampilan pada halaman utama Facebook dan aplikasi mobile-nya. Urbaners, hal ini bukan berarti Facebook mengakuisisi Teehan+Lax, lho. Facebook cuma menggunakan jasa tim desain Teehan+Lax untuk melakukan perombakan pada situs mereka.

 

Nggak Cuma Tampil pada Perangkat PC

Fitur Notes dengan update terbaru ini berbasis web, jadi lo cuma bisa melakukan editing pada perangkat komputer lo. Tapi, untuk hasil akhirnya, lo masih bisa melihatnya dari aplikasi Facebook pada ponsel. Perubahan desain pada aplikasi mobile bakal mendukung tampilan Notes versi terbaru ini kok, Urbaners.

Semoga dengan pembaruan ini, lo jadi lebih sering menggunakan fitur Notes pada Facebook, ya. Cukup log-in ke akun Facebook lo, dan lo udah bisa nge-blog sesuka hati. Tapi jangan sampai keasyikan curhat di Notes sampai spamming di timeline, ya.

 

Source: engadget.com, newsroom.fb.com, blogsiryan.web.id

 

 

Comments
Epul Saepuloh
Blogging Menggunakan Facebook
Miftachul Rahardoni
keren banget