Trending
Kamis, 29 Oktober 2015

Rantai Tank Dunia Buatan Indonesia

  • Share
  • fb-share
Rantai Tank Dunia Buatan Indonesia

Kendaraan tempur yang tak terlakahkan, yaitu tank. Urbaners, lo pasti mikir kalau tank itu komponen seluruhnya terbuat dari Negara-negara maju berkembang. Yang lo pikirkan selama ini salah besar, komponen tank yang terbaik ternyata buatan Indonesia lho. Urbaners masih belum percaya? Baca saja dibawah ini ya!

 

Tank terjun dari ketinggian 5 meter

Tank angkut amfibi milik Marinir TNI Angkatan Laut terjun dari dermaga di Selat Sunda, Cilegon dari ketinggian 5 meter. Apa semua komponennya rusak dan hancur berantakan? Ternyata seluruh komponennya masih utuh. Kok bisa asih utuh ya? Semua tank tersebut menggunakan rantai dan sebagian roda, ban dan penggerak serta suspense lainnya itu dibuat di sebuah bengkel kerja di Cilodong, Depok, Jawa Barat.

Pembuatan komponen tank yang terbaik itu ternyata dibuat oleh seorang pria bernama Edi Suyanto yang merupakan pendiri Indo Pulley. Dia merintis usahanya dari sekitar 5 tahun yang lalu. awalnya dia hanya mmeproduksi rantai tank buatan Prancis sebanyak 600 unit saja yang kemudian digunakan oleh TNI.

Setelah rantai tersebut lulus uji coba, dia mulai berinovasi membuat ban tahan peluru kaliber 7,26 mm. Ban tersebut terbukti bisa bertahan lebih lama setelah tertembak peluru. Ban itu bisa dikendarai hingga 120 km setelah kempis. Bannya ini bisa mengalahkan ban ciptaan dari NATO yang hanya bisa bertahan sejauh 120 km saja setelah tertembak.

Setelah itu, namanya semakin dikenal di TNI hingga saat ini dia dilibatkan oleh Kementrian Pertahanan untuk memproduksi rantai tank serta suspensi lainnya untuk beberapa proyek yang bekerja sama dengan luar negeri.

 

Sosok pria inovatif lainnya

Nggak hanya sosok Edi saja yang berjasa bagi para TNI, ada juga sosok pria lainnya bernama Ricky Egam pendiri PT. Sari Bahari di kota Malang, Jawa Timur. Dia berhasil memproduksi bom latih, bom hidup, roket latih serta roket hidup yang digunakan oleh pasukan TNI Angkatan Udara. Banya produknya yang sudah diekspor ke luar negeri, seperti produk roket asap yang berhasil menembus pasar Cile dan juga AS pada tahun 2013.

Saat ini, PT. Sari Bahari sedang melakukan perkembangan untuk menciptakan rudal petir, yaitu rudal darat yang beratnya hanya 10 kg tapi bisa melesat dengan kecepatan sampai 250 km per jam. Dalam pengembangannya ini, PT. Sari Bahari ditarget bakalan menyelesaikan pada tahun 2016 sudah berhasil menjual produk luar biasa tersebut.

Urbaners, dari dua sosok pria tangguh diatas terbukti bahwa Indonesia merupakan Negara yang tangguh. Dengan adanya dua sosok diatas, diharapkan bakalan muncul sosok luar biasa lainnya yang berhasil menciptakan karya hingga menembus pasar luar negeri.

Source:  goodnewsfromindonesia.org, teropongbisnis.com , kompas.com

 

 

Comments
Sandi Widiyantoro
Walaupun cuma rantai, kita harus tetap bangga 🤩
AGUSTIN DWI CHRISTANTI
Sosok pria inovatif lainnya