Trending
Kamis, 29 Oktober 2015

Startup Indonesia Raih Juara 2 di Istanbul

  • Share
  • fb-share
Startup Indonesia Raih Juara 2 di Istanbul

Urbaners, ajang kompetisi startup internasional di Istanbul sudah menemukan pemenangnya. Pemenang juara kedua dalam ajang startup paling bergengsi ini dimenangkan oleh iGrow pada tanggal 5 Oktober 2015 lalu. Dalam ajang ini, banyak banget seleksi ketat yang dilalui oleh peserta. Awalnya ada ratusan startup aplikasi, lalu kemudian disaring menjadi 50 kemudian disaring kembali menjadi hanya 15 peserta saja, termasuk Indonesia.

 

Seleksi yang sangat ketat

Di 15 besar inilah, para peserta mendapatkan sesi pelatihan di Microsoft Center di Turki selama 2 hari. Lalu, setelah mengikuti pelatihan mereka bakalan mempresentasikan karyanya dalam waktu 2,5 menit, didepan 1.500 penonton dan juga 3 juri yang  sudah sangat berpengalaman dari Silicon Valley. Hebatnya lagi, proses seleksi 15 besar ini disiarkan secara Live diseluruh dunia.

Setelah melakukan berbagai macam seleksi yang ketat, akhirnya iGrow berhasil menyabet posisi kedua dari 50 negara lainnya. Negara lain yang berhasil mereka kalahkan merupakan Negara yang surganya startup, seperti Bulgaria, Yunani, Rusia, Turki, Amerika dan Israel.

Dalam ajang bergengsi startup ini, Indonesia mengirimkan 3 wakilnya, yaitu iGrow, QOLONI dan juga GALERINA di tahun 2015 ini. Ternyata, hasilnya cukup memuaskan. namun, tahun lalu Indonesia masih absen.

 

Sebuah aplikasi untuk petani

iGrow ini sebuah startup aplikasi yang bakalan menyelesaikan solusi keuangan bagi para petani. iGrow ini teknologi yang menggalakkan penanaman tanaman pangan dengan kolaborasi antara sponsor penanaman, petani lokal dan juga pemilik lahan. Peserta menciptakan iGrow untuk mengatasi masalah kemiskinan petani dan juga untuk melakukan penghijauan dengan memanfaatkan lahan yang nggak produktif menjadi tanah hijau nan segar. Salah seorang juri menilai kalau aplikasi ini merupakan bentuk nyata dari sebuah game bernama Simcity.

Dengan adanya kemenangan yang disabet startup asal Indonesia, bisa memacu para startup lainnya untuk terus berkarya. Demi kelangsungan hidup orang banyak dan juga untuk mengharumkan nama bangsa kita.

Baca Juga : 4 Contoh dan Cara Memulai Bisnis Startup

 

source: goodnewsfromindonesia.org, www.emunicipality.com , jowonews.com

 

 

Comments
Irwandi -
mantap infonya
Rio Ardianto
wah keren banget sih ini