• Buzz
  • Work Hard, Play Harder: Tips Bagi Waktu Antara Kerja dan Main

Work Hard, Play Harder: Tips Bagi Waktu Antara Kerja dan Main

Wed, 10 February 2016

Pernah nggak sih lo merasa capek dan cepat banget jenuh? Nah, bisa jadi itu disebabkan karena lo bermasalah dalam mengatur antara kerja dan main. Meski pun weekday ada lima hari dan weekend cuma dua, Senin ke Jumat butuh waktu empat hari, tapi Jumat ke Senin butuhnya tiga, lo bisa kok tetap fresh dengan menyeimbangkan waktu kerja dan main lo. Malah, lebih bagus lagi kalau lo bisa kerja sambil main, Urbaners. Coba lo simak tips membagi waktu kerja dan main di bawah ini.

 

Buat Target

Mendahulukan kewajiban daripada hak, sudah kita pelajari dari SD dong ya, Urbaners? Ini penting banget buat diterapkan di masa produktif. Nggak perlu total semuanya harus selesai dalam waktu singkat, tapi lo perlu bikin target untuk diri lo sendiri dalam menuntaskan pekerjaan. Target itu juga harus masuk akal dan sesuai dengan kemampuan lo. Target bukan cuma soal pekerjaan, tapi lo juga buat pas lo main. Bikin target berapa lama waktu lo main, dan saat itu lo sudah bisa melakukan apa saja. Sekalian bisa melatih disiplin, Urbaners.

 

Bedakan Penggunaan Komputer

Di abad 21 ini, lo pasti banyak kerja pakai komputer, Urbaners. Setidak-tidaknya, kerjaan lo pasti perlu pakai komputer. Masalahnya, komputer itu banyak ngasih distraksi, mulai dari sosial media versi desktop, game online, bahkan sesederhana main Minesweeper. Usahain lo bedain user buat kerja dan main, Urbaners. Selain karena nanti lo bakal males harus log out-log in, lo bisa lebih fokus menuntaskan pekerjaan lo dulu. Setelah selesai, bisa aja jadinya lo keburu muak sama layar komputer dan pergi main dengan cara yang lain. Lebih aktif, sehat, dan sekalian cuci mata.

 

Jangan Lupa Tidur dan Makan

Pikiran lo nggak bakal jalan baik kalau lo kurang tidur dan kurang nutrisi. Setidak-tidaknya, orang dewasa itu perlu tidur 6 jam, Urbaners. Kalau kurang tidur di malam hari, coba sejenak tidur siang setengah jam. Terus, jangan ketinggalan buat makan-makanan sehat. Hindari kopi instan dan mi instan buat jadi makanan sehari-hari lo, karena itu bikin badan lo terasa tambah berat.

Work Hard, Play Harder: Tips Bagi Waktu Antara Kerja dan Main

 

Kurangi Mengeluh

Semua orang pasti pernah ngeluh. Masalahnya, beberapa orang kadang kelamaan ngeluhnya daripada kerja atau pun main. Akibatnya, waktu berlalu gitu saja tanpa kerjanya kelar atau dapat mainnya. Biar lo bisa mengurangi ngeluh, lo harus jaga pikiran lo tetap positif dengan cara memelihara gaya hidup sehat.

Mengikuti jadwal itu rasanya memang susah sih, Urbaners. Makanya, lo harus paham benar soal kebutuhan-kebutuhan lo biar bisa ngimbangin antara kerja dan main. Main melulu dan nggak produktif, bikin lo bisa stres karena merasa useless. Kerja melulu dan nggak ada hiburan bisa bikin lo gila. Semoga tipsnya bisa bantu lo ya, Urbaners! Siapa tau lo nanti bisa produktif dan kreatif seperti Nadiem Makarim .

 

Source:

www.unr.edu, www.dav.idmorgan.com, www.lifehacker.com

Cara Mudah Atasi Rem Tangan Mobil Macet

Wed, 22 July 2020
Seseorang sedang menarik tuas rem tangan mobil

Rem tangan mobil adalah tools yang krusial dalam mobil, apalagi kalau lo sering mengendarai mobil di jalan dengan rute ekstrim. Bisa lo bayangkan kalau rem tangan mobil lo macet dan nggak bekerja dengan optimal ‘kan? Untuk menjaga keselamatan lo maupun orang lain di jalan, ini dia tips mengatasi rem tangan mobil yang tiba-tiba macet, khususnya dikarenakan mobil lo yang sudah jarang dipakai.

 

Penyebab Umum Rem Tangan Macet

Seseorang terlihat menekan tombol dan menarik rem tangan bersamaan

Sebelum lo bisa mengatasi dengan tepat soal masalah rem tangan macet ini, ada baiknya lo juga tahu apa saja penyebabnya. Penyebab paling umum adalah karena lo terlalu kuat menarik tuas rem tangan hingga melebih batas kekuatan mesin gerigi di rem tangan sendiri. Alhasil, tuas rem tangan jadi sulit atau bahkan nggak bisa dikembalikan sama sekali ke posisi semula.

Penyebab lainnya adalah penggunaan rem tangan yang berlebihan alih-alih menggunakan brake tools lainnya. Apalagi saat lo menggunakan rem tangan untuk waktu yang cukup lama saat melewati genangan air yang cukup tinggi, air tersebut dapat membuat bagian mesin rem lebih mudah berkarat dan akhirnya macet saat akan digerakkan.

 

Cara Atasi Rem Tangan Macet

Kebiasaan-kebiasaan yang salah tadi harus lo hindari agar rem tangan lo nggak mudah macet. Tapi dengan menghindari kebiasaan tersebut pun, rem tangan masih bisa saja macet, apalagi kalau mobil lo termasuk jarang dipakai beberapa waktu belakangan ini.

Ini cara yang bisa lo lakukan kemudian. Tarik rem tangan pelan-pelan agar mengurangi potensi macet. Selalu lakukan ini saat sedang menyetir. Namun jika ternyata rem tangan tersebut macet, pegang erat rem tangan lalu tarik ke atas dengan cepat dan dorong ke bawah juga dengan cepat dan kuat. Lo butuh tenaga cukup besar dan gerakan yang cepat saat ingin mengembalikan posisi tuas rem tangan ke bawah.

 

Periksa Kondisi Rem yang Lain

Seseorang sedang menginjak pedal rem kaki

Untuk menghindari masalah rem tangan macet saat lagi di jalan karena mobil lo jarang dipakai, lakukan pemeriksaan kondisi mobil terlebih dahulu sebelum berkendara, termasuk memeriksa kondisi rem tangan dan brake tools lainnya.

Jalankan mobil di area rumah sebentar untuk mengecek tarikan rem tangan mobil lo. Jika lo merasa rem tangan lo macet, coba terapkan dua cara di atas tadi. Kalau tidak juga mempan, sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa atau hubungi montir panggilan yang bisa datang ke rumah lo.

Selain rem tangan, penting juga untuk memeriksa pedal rem kaki. Cek dalamnya pijakan pedal. Kalau sudah terlalu dalam tandanya lo harus segera mengganti kampas rem. Nggak mengganti kampas rem bakal bikin mobil lo terasa bergetar saat lo coba mengerem di mobil yang sedang melaju.

 

 

 

Sources: TirtoID, Liputan6, Auto Expose