Home Buzz Menanti Rio Haryanto Berlaga di F1

Menanti Rio Haryanto Berlaga di F1

Monday, February 22, 2016 - 10:49
Bagikan
Facebook Twitter Email

Kabar baik datang dari dunia olahraga, Urbaners! Pada tanggal 18 Februari 2016 kemarin, Rio Haryanto, salah satu pembalap kebanggaan Indonesia, menyelenggarakan konferensi pers untuk mengumumkan bahwa dirinya resmi menjadi salah satu pembalap untuk ajang F1 nanti. Konferensi pers tersebut dilakukan bersama Pertamina selaku pihak yang menjadi sponsor Rio. Dengan adanya Rio, kini lengkap sudah jajaran pembalap yang akan bertanding untuk F1 nanti.

 

Pembalap Pertama dari Indonesia

Sepanjang musim GP2 pada tahun 2015 lalu, Rio sukses tiga kali menyabet piala juara pertama. Kemampuannya itulah yang membuat Manor Racing, tim balap asal Inggris, memberikan tawaran resmi pada Rio untuk bergabung dengan F1. Dan akhirnya, kemarin ia mengumumkan bahwa dirinya udah resmi bakal bertanding di pertandingan balap paling bergengsi tersebut. Melalui konferensi pers, Rio menyampaikan rasa terima kasih atas seluruh dukungan yang didapatkannya selama ini.

Rio nggak sendiri dalam menaklukkan arena F1 nanti. Ia bakal berpartner dengan Pascal Wehrlein, pembalap asal Jerman yang baru seminggu lalu ditetapkan Manor Racing sebagai perekrutan pertama mereka. Rio menjadi pembalap Indonesia pertama yang berhasil menembus F1. Jumlah pembalap F1 asal Asia Tenggara pun bertambah, Sebelum Rio, Alex Yoong asal Malaysia dan Pangeran Birabongse Banudej dari Thailand pernah lebih dulu mencicipi arena balap F1.

 

Perjalanan yang Berliku

Tawaran yang diberikan oleh Manor Racing pada Rio bukannya tanpa syarat, Rio diharuskan untuk membayar dana sebesar 15 juta Euro. Setelah adanya negoisasi, Manor Racing mengizinkan Rio untuk mencicil dana tersebut dengan membayar 3 juta Euro sebagai uang muka. Meski begitu, tentu Rio masih merasa kewalahan untuk melengkapi sisa pembayaran. Bersama ibunya, Rio pun meminta dukungan kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Pertamina.

Kedua pihak tersebut pun bersedia untuk membantu Rio. Pertamina memberikan sponsor sebesar 5,2 juta Euro, ditambah 5,1 juta Euro dari Kemenpora. Sayangnya, adanya permasalahan birokrasi membuat dana tersebut belum dapat cair. Mau tidak mau, Rio dan ibunya pun menggunakan tabungan mereka sendiri untuk membayar uang muka pada Manor Racing, yang diserahkan pada tanggal 15 Februari 2016 lalu. Rio pun direkrut oleh Manor Racing, membuat usahanya jauh dari kata sia-sia.

Melalui konferensi pers yang sama, Rio menyatakan bahwa dirinya nggak hanya ingin bertanding di F1, namun juga mengukir prestasi. Demi mencapai tujuannya tersebut, Rio bakal mulai melakukan latihan pramusim di Barcelona pada tanggal 19 Februari 2016 mendatang. Good luck, Rio!

 

 

Sources: bbc.com, bola.liputan6.com, cnnindonesia.com