• Buzz
  • Orang Ini Membuat Helm yang Bisa Mengeluarkan Api Seperti Cyclops X-Men

Orang Ini Membuat Helm yang Bisa Mengeluarkan Api Seperti Cyclops X-Men

Fri, 15 July 2016

Pada zaman serba mudah sekarang, apapun dapat dilakukan. Terakhir kita pernah membahas bagaimana seorang pria yang mengunggah video di YouTube tentang bagaimana caranya dia membuat light saber asli. Light saber DIY (do it yourself) buatan orang tersebut benar-benar terbuat dari api dan bisa membelah apapun yang terbuat dari kertas. Sekarang ada lagi pria yang membuat helm yang bisa mengeluarkan api. Jika dilihat dari depan, helm ini bisa mengeluarkan api lewat mata. Pria yang mempunyai akun YouTube bernama Sufficiently Advance ini terinspirasi Cyclops yang ada di X-Men.

 

Semuanya dibuat secara manual

Hal paling menarik ketika melihat seseorang membuat sesuatu yang sangat unik, ditambah lagi kalau lo melihat videonya. Langkah demi langkah yang dijelaskan akan memberikan lo inspirasi, bahwa sejatinya nggak ada yang nggak mungkin di dunia ini. Termasuk Sufficiently Advance, dirinya menjelaskan secara detail bagaimana helmnya ini mengeluarkan api lewat matanya. Mulai dari kaleng bensin, pompa sampai tombol mekanik yang dapat menginstruksikan api untuk keluar.

Setelah dicoba dan ternyata berhasil, pria tersebut dengan keren mencoba membakar rumput halaman rumahnya tersebut. Mirip karakter Cyclops yang ada di X-Men, rumput pun berhasil terbakar. Nggak sampai disitu, pria tersebut juga mencoba membakar besi dengan membuat logo X.

 

Cerita Cyclops yang sesungguhnya

Karakter Cyclops ini sebenarnya adalah karakter utama dari X-Men. Pada kemunculan pertama pada tahun 60an, Cyclops sudah menjadi pemimpin. Tetapi sejarahnya, Cyclops yang bernama asli Scott Summers ini sejak kecil sudah memiliki kelainan. Matanya bisa mengeluarkan api yang tampak seperti laser. Pada akhirnya sejak kecil dirinya memakai kacamata khusus dan ada suatu insiden yang mengakibatkan kedua orangtuanya meninggal.

Sekarang memang karakter X-Men yang lebih terkenal adalah Wolverine. Tetapi sebenarnya karakter Cyclops yang mempunyai leadership tinggi ini juga berperan penting di dalam organisasi X-Men. Oh iya Urbaners, jangan mencoba mempraktekkan helm yang mengeluarkan api ini di rumah ya.

 

Source: engadget.com

Cara Mudah Atasi Rem Tangan Mobil Macet

Wed, 22 July 2020
Seseorang sedang menarik tuas rem tangan mobil

Rem tangan mobil adalah tools yang krusial dalam mobil, apalagi kalau lo sering mengendarai mobil di jalan dengan rute ekstrim. Bisa lo bayangkan kalau rem tangan mobil lo macet dan nggak bekerja dengan optimal ‘kan? Untuk menjaga keselamatan lo maupun orang lain di jalan, ini dia tips mengatasi rem tangan mobil yang tiba-tiba macet, khususnya dikarenakan mobil lo yang sudah jarang dipakai.

 

Penyebab Umum Rem Tangan Macet

Seseorang terlihat menekan tombol dan menarik rem tangan bersamaan

Sebelum lo bisa mengatasi dengan tepat soal masalah rem tangan macet ini, ada baiknya lo juga tahu apa saja penyebabnya. Penyebab paling umum adalah karena lo terlalu kuat menarik tuas rem tangan hingga melebih batas kekuatan mesin gerigi di rem tangan sendiri. Alhasil, tuas rem tangan jadi sulit atau bahkan nggak bisa dikembalikan sama sekali ke posisi semula.

Penyebab lainnya adalah penggunaan rem tangan yang berlebihan alih-alih menggunakan brake tools lainnya. Apalagi saat lo menggunakan rem tangan untuk waktu yang cukup lama saat melewati genangan air yang cukup tinggi, air tersebut dapat membuat bagian mesin rem lebih mudah berkarat dan akhirnya macet saat akan digerakkan.

 

Cara Atasi Rem Tangan Macet

Kebiasaan-kebiasaan yang salah tadi harus lo hindari agar rem tangan lo nggak mudah macet. Tapi dengan menghindari kebiasaan tersebut pun, rem tangan masih bisa saja macet, apalagi kalau mobil lo termasuk jarang dipakai beberapa waktu belakangan ini.

Ini cara yang bisa lo lakukan kemudian. Tarik rem tangan pelan-pelan agar mengurangi potensi macet. Selalu lakukan ini saat sedang menyetir. Namun jika ternyata rem tangan tersebut macet, pegang erat rem tangan lalu tarik ke atas dengan cepat dan dorong ke bawah juga dengan cepat dan kuat. Lo butuh tenaga cukup besar dan gerakan yang cepat saat ingin mengembalikan posisi tuas rem tangan ke bawah.

 

Periksa Kondisi Rem yang Lain

Seseorang sedang menginjak pedal rem kaki

Untuk menghindari masalah rem tangan macet saat lagi di jalan karena mobil lo jarang dipakai, lakukan pemeriksaan kondisi mobil terlebih dahulu sebelum berkendara, termasuk memeriksa kondisi rem tangan dan brake tools lainnya.

Jalankan mobil di area rumah sebentar untuk mengecek tarikan rem tangan mobil lo. Jika lo merasa rem tangan lo macet, coba terapkan dua cara di atas tadi. Kalau tidak juga mempan, sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa atau hubungi montir panggilan yang bisa datang ke rumah lo.

Selain rem tangan, penting juga untuk memeriksa pedal rem kaki. Cek dalamnya pijakan pedal. Kalau sudah terlalu dalam tandanya lo harus segera mengganti kampas rem. Nggak mengganti kampas rem bakal bikin mobil lo terasa bergetar saat lo coba mengerem di mobil yang sedang melaju.

 

 

 

Sources: TirtoID, Liputan6, Auto Expose