Trending
Rabu, 07 September 2016

4 Pesawat Militer Tercepat di Dunia

  • Share
  • fb-share
4 Pesawat Militer Tercepat di Dunia

Tahun 1903 adalah tahun yang nggak akan dilupakan semua orang, khususnya orang-orang militer. Karena Wright bersaudara pertama kali memperkenalkan jenis pesawat yang bisa terbang lebih tinggi dan lebih cepat. Langsung ketika itu setiap negara memberikan anggaran khusus untuk membuat pesawat terbang yang canggih dalam perang dunia 1 dan 2. Jika berbicara kekuatan militer, tentu akan mengerucut di Rusia dan Amerika Serikat yang selalu memproduksi pesawat militer terbaik. Sekarang coba lihat 4 pesawat militer dengan kecepatan paling tinggi di dunia.

 

X-15

Dibuat oleh kerja sama antara NASA dan Air Force angkatan Amerika Serikat, pada tahun 1960 keduanya membuat X-15. X-15 sebenarnya bisa dikategorikan sebagai pesawat roket, tetapi tetap berawak. Pada tahun 1963, pesawat X-15 ini pernah mencapai kecepatan suara yaitu 7,200 km/jam. Sekarang pesawat X-15 ini sudah pensiun tetapi masih dipakai dalam uji coba NASA untuk melatih para astronot.

 

SR-71 Blackbird

Dibuat oleh pihak militer Amerika Serikat, SR-71 Blackbird ini dibuat untuk mengantasipasi perang dingin dengan Rusia. Pada tahun 1964, SR-71 Blackbird pernah terang-terangan sedang mengudara di atas daratan Rusia tanpa ketahuan. Kecepatan SR-71 Blackbird ini mencapai 3,540 km/jam. Pesawat ini masuk ke dalam pesawat dengan teknologi terbaik pada saat perang dingin.

 

Lockheed YF-12

Lokcheed Corporation adalah salah satu perusahaan penerbangan swasta terkenal di Amerika Serikat. Air Force bekerja sama dengan Lockheed membuat pesawat bernama Lockheed YF-12 yang dibuat secara rahasia. Salah satu kelebihan dari Lockheed YF-12 adalah bisa terbang dengan ketinggian 80 ribu kaki dan kecepatannya mencapai 3,330 km/jam.

 

MiG-25 Foxbat

Jika ketiga pesawat sebelumnya adalah buatan Amerika Serikat, sekarang di nomor 4 pesawat milter tercepat di dunia kepunyaan Rusia. Namanya adalah MiG-25 Foxbat. Dibuat pertama kali pada tahun 1964 dan baru digunakan pada tahun 1970, MiG-25 Foxbat ini dapat mencapai kecepatan 3,500 km/jam. Selain digunakan oleh Rusia, MiG-25 Foxbat ini digunakan oleh Algeria dan Syria.

Itulah keempat pesawat militer tercepat di dunia. Uniknya nih Urbaners, pesawat tercepat ini nggak ada yang digunakan sampai sekarang.

 

Source: livescience.com

Comments
Heni Oen
Modelnya aneh
YAN SEBASTIAN
SR-71 Blackbird