Trending
Rabu, 26 Oktober 2016

Nala Rinaldo; Banting Stir Menjadi Full-time Fotografer

  • Share
  • fb-share
Nala Rinaldo; Banting Stir Menjadi Full-time Fotografer

Beberapa saat lalu, MLDSPOT menggelar acara yang seru dan menarik banget, Urbaners, yaitu MLDSPOT Instaclass yang mengumpulkan para pecinta fotografi untuk saling bertukar pikiran dan photo hunting di sekitaran Jakarta Pusat. Nggak cuma itu aja, mereka juga dibekali pengetahuan tentang fotografi oleh dua fotografer profesional dan salah satunya adalah Nala Rinaldo. Fotografer yang mendalami genre wildlife, adventure dan landscape photography ini bercerita banyak sekaligus sharing skill dengan para peserta MLD Instaclass.

Nala Rinaldo bercerita bagaimana akhirnya ia memutuskan untuk menjadi seorang full-time fotografer dan meninggalkan pekerjaannya. Hal ini didasarinya karena passion Nala Rinaldo akan fotografi, menurut Nala, apapun yang dilakukan dengan menggunakan passion pasti akan membuahkan hasil. Terbukti, sekarang nama Nala Rinaldo eksis sebagai fotografer handal dan bahkan di endorse oleh brand kamera ternama dunia. Kesuksesannya tersebut tidak lepas dari faktor social media. Nala Rinaldo mengaku bahwa social media adalah salah satu portofolio berjalan, memudahkannya untuk memamerkan karya-karya nya yang spektakuler.

Dalam kesempataan kala itu, Nala Rinaldo sharing tentang banyak hal, dari segi meningkatkan skill fotografi sampai bagaimana memaksimalkan kamera yang lo gunakan. Karena menurut Nala Rinaldo "Great shot comes from The Man +  then The Lens +  The Body", artinya semua berkonfigurasi satu sama lain, so, percuma kalau lo memiliki kamera dengan tipe terbaik tetapi tidak mengasah skill.

Nala Rinaldo juga sharing bagaimana bisa mendapatkan foto yang bagus hanya dengan menggunakan kamera ponsel, ternyata hal-hal kecil yang sering diremehkan seperti kepersihan lensa ataupun setting-an dasar sangat lah penting. Dan karena sebuah kamera ponsel memiliki keterbatasan, maka hindari tights-focusing, dan juga bright-reflections. Kecuali lo memang ingin memanfaatan cahaya tersebut untuk brightness gambar.

Setelah selesai dengan kamera ponsel, Nala Rinaldo juga memberikan informasi menarik tentang bagaimana membidik suatu objek foto sehingga hasilnya sempurna. Kalau lo belum terlalu mahir dalam penggunaanya, lo harus belajar basic-nya terlebih dahulu, mengenal kegunaan di setiap pilihan pada kamera agar lo dapat memaksimalkannya.  Dan dalam menghasilkan suatu foto yang baik, jangan asal jepret saja Urbaners, penting bagi lo untuk melihat dengan seksama dan mempelajari subjek foto lo terlebih dahulu, agar lo tau angle mana yang pas untuk subjek tersebut.

Dan terakhir, Nala Rinaldo juga memberikan beberapa tips penting untuk men-upgrade your photography skills seperti take control of focus, fokus pada objek yang bergerak, setting white balance, bagaimana memainkan high-contrast lighting, menggunakan saturation, sharpen your shots, dan masih banyak lagi.

Seru banget sharing bareng Nala Rinaldo di MLD Instaclass kemarin, karena lo nggak cuma diberikan materi, tetapi juga diberikan kesempatan untuk berpendapat dan photo hunting bareng fotografer handal satu ini. Lo pasti nyesel banget ketinggalan event seru ini! Tapi tenang aja Urbaners, MLD Instaclass ini akan hadir lagi kok buat lo, tunggu tanggal mainnya!

Comments
Asep hidayatulah
Artikelnya bagus
sumardiyono
Seru banget sharing