Trending
Jumat, 28 Oktober 2016

Peringati Hari Pangan Sedunia, Ban Ki-Moon Ajak Untuk Lebih Peduli Lingkungan

  • Share
  • fb-share
Peringati Hari Pangan Sedunia, Ban Ki-Moon Ajak Untuk Lebih Peduli Lingkungan

Makan adalah salah satu hal yang paling penting bagi kesehatan manusia. Nggak salah bila dunia memperingati World Food Day atau Hari Pangan Sedunia. Apa sebenarnya Hari Pangan Sedunia itu? Mengapa lo wajib untuk memperingati hari ini setiap tahunnya?

 

Isu kemiskinan dan kelaparan masih jadi momok

16 Oktober lalu dunia memperingati Hari Pangan Sedunia. Peringatan ini menandai dibentuknya Food and Agiculture Organization (FAO) di PBB pada tahun 1945 lalu. Seperti yang kita tahu, nggak semua orang di dunia memiliki kesempatan untuk makan dengan bebas serta mendapatkan sumber makanan seperti kita. Inilah yang menjadi tujuan diadakannya Hari Pangan Sedunia ini, yakni untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang isu kemiskinan dan kelaparan yang melanda dunia.

Peringatan Hari Pangan Dunia 2016 memiliki tema “The Climate is Changing. Food and Agriculture must, too”. PBB menekankan hubungan dekat antara perubahan iklim, pertanian yang stabil, serta keamanan pangan dan nutrisi dunia.

Sekertaris Jendral PBB, Ban Ki-Moon, mengatakan bahwa populasi manusia yang meningkat memang harus diimbangi dengan stok pangan yang cukup. Suhu rata-rata yang tinggi, naiknya air laut, hingga semakin seringnya banjir yang disebabkan oleh perubahan iklim benar-benar mempengaruhi ekosistem, pertanian, serta kemampuan masyarakat untuk memproduksi makanan yang dibutuhkan.

 

Perubahan iklim pengaruhi stok pangan dunia

Ban Ki-Moon menambahkan, pihak yang rawan terhadap bencana kelaparan ini adalah penduduk dunia yang terjebak di taraf kemiskinan, dimana 70 persen dari mereka mengandalkan pertanian, perikanan, atau pastoralisasi sebagai sumber pendapatan serta makanan mereka. Tanpa aksi yang nyata, mereka dapat jatuh ke lubang kemiskinan dan kelaparan.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap masalah sosial ini, Ban Ki-Moon menghimbau agar negara-negara dunia mau menginvestasikan dana untuk mengembangkan pertanian khususnya di daerah-daerah yang terpencil. Diharapkan dengan adanya investasi tersebut, masyarakat mampu secara mandiri membangun sumber makanan sendiri sehingga nggak terlalu bergantung pada kondisi alam.

 

Masih berpikir bahwa Hari Pangan Sedunia itu nggak penting? Pikir dua kali. Ini adalah sebuah peringatan bagi lo untuk segera bertindak dan menjadi pionir pembangunan khususnya di bidang pertanian.

 

Source: un.org

Comments
Sukamto
Mantap pula nich
sumardiyono
Nice infonya....