Home Buzz Ada Nama Indonesia dalam Daftar 10 Negara dengan Bahasa Terbanyak di Dunia

Ada Nama Indonesia dalam Daftar 10 Negara dengan Bahasa Terbanyak di Dunia

Monday, December 5, 2016 - 10:46
Bagikan
Facebook Twitter Email

Selain sebagai alat komunikasi paling utama, bahasa dapat menunjukkan identitas kita. Kita bisa tahu dari mana orang tersebut berasal melalui bahasa dan dialeknya. Di dunia ini banyak sekali ragam bahasa, bahkan dalam satu negara pun bisa ada puluan hingga ratusan bahasa yang digunakan. Hal ini disebabkan karena dalam satu wilayah masing-masing memiliki kebudayaan khas yang menghasilkan bahasa tertentu. Begitu juga Indonesia. Apalagi bagi Indonesia yang berupa kepulauan nusantara, pastinya banyak ragam bahasa yang digunakan oleh penduduk yang mendiami tiap-tiap daerah, bukan?

 

Indonesia Menduduki Peringkat Kedua dengan Penggunaan Bahasa Terbanyak

Menurut data yang dihimpun dari Ethnologue, sebuah situs yang bergerak di bidang linguistik dan telaah bahasa, Indonesia menempati urutan kedua sebagai negara yang memiliki banyak bahasa, setelah Papua New Guinea. Hasil ranking ini didapat dari katalogisasi negara-negara dengan penggunaan bahasa terbanyak di dunia. Menurut situs tersebut, Indonesia memiliki sebanyak 707 bahasa yang tersebar. Jumlah ini lebih sedikit dari yang dmiliki oleh Papua New Guinea yaitu 839. Jumlah ini terpaut jauh dengan Nigeria yang hanya memiliki 526 bahasa, disusul oleh India di peringkat keempat dengan 454 bahasa, dan Amerika dengan 422 bahasa di tingkat kelima.

 

Indonesia Memiliki 707 Bahasa Lokal

Dari jumlah 707 tersebut, 701 di antaranya merupakan bahasa asli yang dimiliki oleh etnis dan suku asli yang ada di Indonesia sedangkan 6 lainnya bukan bahasa asli. Wah, banyak banget, ya? Situs Ethnologue juga menyebutkan bahawa sebenarnya Indonesia memiliki 719 bahasa tetapi sayang 12 diantaranya telah lenyap. Sedangkan saat ini ada 76 bahasa yang terancam punah.

Tapi lo nggak perlu kahwatir jika berkunjung ke daerah-daerah Indonesia, karena lo masih bisa kok berkomunikasi dengan penduduk lokal. Kita memiliki bahasa Indonesia yang berfungsi sebagai pemersatu suku-suku bangsa yang ada. Jadi, lo harus bangga, Urbaners sebagai orang Indonesia, karena meskipun penduduknya terpisah-pisah dari Sabang sampai Merauke, tetapi masih ada bahasa Indonesia yang mempersatukan kita.

Masih belum bangga jadi orang Indonesia? Lo perlu baca 3 hal ini yang akan bikin lo bersyukur lahir di Indonesia.

 

Source: goodnewsfromindonesia.id