Pentingnya Strategi Promosi Digital Dalam Dunia Musik - MLDSPOT
  • Buzz
  • Pentingnya Strategi Promosi Digital Dalam Dunia Musik

Pentingnya Strategi Promosi Digital Dalam Dunia Musik

Thu, 15 December 2016

As u know, Urbaners, para finalis MLDare2PERFORM Season 2 juga mendapatkan perbekalan dengan mengikuti workshop sehari sebelum live audition berlangsung. Saat sharing session tersebut terdapat beberapa pembicara yang ahli dibidangnya dan tentunya berhubungan dengan musik.

Salah satunya adalah Aldo Sianturi merupakan konsultan untuk aggregator Believe Digital. Kiprahnya di industri musik sudah tidak di ragukan, meskipun bukan seorang musisi, tetapi Aldo tau bagaimana menghadapi market musik yang kian berkembang sejalan dengan teknologi.

Pada kesempatan kali ini, ia  berbicara bagaimana perkembangan industri musik sekarang, yang perlahan meninggalkan album fisik dan beralih ke digital. Hal ini merupakan ekosistem perubahan yang fundamental, meskipun menurutnya, perjalanan album fisik khususnya di Indonesia belum selesai, contohnya seperti CD, di Indonesia masih menggunakan case CD pada umumnya, sedangkan di luar negeri sudah banyak yang menggunakan konsep kayu bahkan besi. Terlihat value tersendiri pada album fisik tersebut, yang menjadikan pembeda dengan digital.

Tetapi memang tidak bisa dipungkiri, dengan berkembangnya teknologi, industri musik pun mengekor, mulai dari munculnya RBT kemudian iTunes Store dilanjutkan yang terakhir platform streaming online seperti Spotify. Nah, dengan kemundurannya album fisik bukan berarti para musisi tidak bisa survive, justru sebaliknya, kini para musisi bisa ekspansi ke media mana pun, bahkan tidak perlu memiliki album jika karya nya ingin di kenal banyak orang.

Sekarang ini selain album fisik, para musisi juga memiliki beberapa aset yakni digital album (track maupun album download & streaming), RBT, Official Video Clip & Video Lyric Youtube dan yang pasti publishing income.

Yang menjadi PR para musisi adalah bagaimana cara membuat karya lo bertahan bukan hanya kualitas musik. Salah satunya dengan melakukan digital strategy yang membuat karya lo nggak cuma boom saat launching, tetapi juga terus eksis untuk para pecinta musik tanah air maupun internasional.

Dengan memanfaatkan sosial media, hal tersebut sangat membantu akan eksistensi lo, Urbaners, aktif di platform musik seperti Soundcloud dan Spotify dan di sinkronisasi dengan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube. Maintain media sosial agar para penggemar tetap melihat eksistensi dan perkembangan musik lo sendiri. Atau Optimize profile media sosial lo, build an email list with calls-to-actions and promotions dan masih banyak lainnya. Pokoknya masih banyak taktik atau cara untuk mempromosikan karya lo selain dengan launching album, baik secara soft-selling maupun hard-selling, Urbaners!

Tetapi jangan pernah melupakan standarisasi kualitas musik lo sendiri ya, Urbaners. What you give is what you get, so, kalau lo totalitas dengan musik yang lo kerjakan, pasti hasilnya juga akan total, tidak sekedar menjadi "angin lalu".

Biar Bisnis Makin Laris: Ini 10 Font Keren untuk Logo Bisnis Lo!

Thu, 08 April 2021
Font Keren untuk Logo

Pastinya lo setuju, bro, font memiliki peran penting dalam menciptakan logo bisnis lo. Dengan menggunakan font keren, logo bisnis lo bakal lebih sedap dipandang. Kontennya pun akan lebih mudah dibaca dan dipahami.

Apakah lo lagi mendesain logo bisnis? Butuh font keren yang bisa bikin orang tertarik dan betah melihat konten-konten bisnis lo? Kebetulan sekali! Di artikel ini MLDSPOT bakalan bahas rekomendasi jenis font yang bisa lo gunain biar bisnis lo makin laris. Baca sampai tuntas ya, bro.

Rigatoni

Yang pertama adalah rigatoni, font yang didesain oleh Ale Paul ini cocok banget untuk digunakan dalam desain buku menu makanan restoran dan kemasan makanan. Bentuknya menampilkan kesan vintage. Well, mungkin lo sering melihat font ini pada desain buku menu restoran pasta.

Timberline

Font Keren untuk Logo

Credit image - fontshop  

Dengan tulisan tangan yang melengkung indah ini, membuat font Timberline terlihat sangat berkarakter, memberi kesan sebagai tempat yang sangat menyenangkan untuk bersantai. Font ini sangat cocok untuk bisnis kuliner dengan berbagai jenis tempat makan seperti; kedai burger, café, dan sebagainya.

Giaza Pro

Font ini memiliki karakter yang tampak tegas, namun nggak terlalu kaku, karena memiliki lekukan halus pada setiap hurufnya. Buat lo yang pengen memberi kesan ‘mewah’ dan elegan, Giaza Pro dapat menjadi pilihan font yang cocok bagi logo bisnis, bro.

Thirsty Soft

Font Keren untuk Logo

Credit image - fontspring.com

Font Thirsty Soft adalah font Thirsty Script yang bentuknya bulat dan terkesan lebih hangat dan vintage.

Kalo lo gunakan font ini dalam logo bisnis, bisa memberikan kesan, serta tempat yang nyaman untuk bersantai sambil ngemil dan minum kopi. Font ini sangat cocok untuk digunakan dalam desain menu makanan café dan kedai es krim.

Playfair Display

Font Playfair Display memiliki gaya klasik abad ke-18. Font ini diterbitkan oleh Claus Eggers Sørensen di Google Font pada tahun 2011. Font ini memiliki ciri khas, berupa garis kontras yang tinggi dengan menampilkan karakter gaya persuasive, sehingga terkesan vintage dan elegan. Cocok banget nih buat lo yang suka tampil mewah dan aesthetic, bro

Handwritten

Jenis font Handwritten sangat identik dengan model tulisan tangan latin bergaya klasik. Bentuknya juga bermacam-macam seperti dibuat menggunakan kuas atau spidol. Ukurannya pun ada yang tebal, tipis, tegak, miring dan lain sebagainya. Sangat cocok digunakan untuk memberikan kesan santai pada desain.

Slab Serif

Font Keren untuk Logo

Credit image - designer daily

Kalau lo menyukai varian font serif, maka slab serif adalah salah satu pilihan yang tepat. Huruf slab serif memiliki karakteristik yang simpel, jelas dan besar. Kesan yang ditampilkan cukup sederhana, namun membuat komponen desain di dalamnya tetap terlihat elegan. Cocok buat lo yang suka sesuatu simple, namun tetap terlihat istimewa.

Color Font

Tulisan tebal dengan warna-warna yang menarik selalu menjadi pilihan tersendiri bagi para desainer grafis dalam membuat karya-karya desainnya. Font jenis ini bisa lo gunakan untuk keperluan desain brosur, ataupun pembuatan gambar lain yang sifatnya ceria, dan menghibur.

Victorian Parlor

Font yang satu ini memiliki bentuk yang paling menarik, terdiri dari berbagai macam karakteristik tipografi, dan perpaduan yang klasik, juga unik membuatnya disukai oleh desainer grafis, bro. Karena bentuknya yang fleksibel, lo bisa menggunakan font ini untuk keperluan desain yang mengusung tema vintage dan tetap terlihat modern.

Brooklyn

Terakhir ada Brooklyn adalah jenis font yang cukup simpel, sederhana, terlihat bersih, dan teratur. Banyak orang menggunakan font ini untuk keperluan desain yang nggak terlalu rumit. Karakteristik dari huruf kapital yang nggak terlalu tinggi dan terdapat jarak pada setiap hurufnya.

Itulah 10 jenis font terbaik untuk bisnis yang bisa lo pakai. Beberapa font tersebut juga bisa lo gunakan untuk desain kemasan produk yang menarik, desain banner yang kreatif, hingga membuat desain logo menggunakan font keren seperti di atas.

 

Feauture image - blogfonts.com