Trending
Selasa, 16 Mei 2017

SKYPARK, Solusi Hong Kong untuk Buat Taman di Atas Gedung

  • Share
  • fb-share
SKYPARK, Solusi Hong Kong untuk Buat Taman di Atas Gedung

Hong Kong sejak tahun 1990-an sudah menjadi salah satu negara yang mempunyai perkembangan kota  sangat tinggi. Gedung bertingkat, pusat perbelanjaan, taman, tempat wisata, dan transportasi sudah sangat modern. Walaupun begitu, Hong Kong masih menjadi negara yang sangat bersih, bebas polusi dan sangat nyaman untuk ditinggali.

Pada tahun 2017 ini, Hong Kong mengeluarkan inovasi terbaru, yaitu membuat taman di atas gedung. Nggak sekadar taman lho Urbaners, di sini juga bakal ada restoran, tempat wisata, taman bermain, perpustakaan, sampai gym. Ini dilakukan oleh Hong Kong agar para pekerja kantoran nggak hanya melihat gedung bertingkat saja, tetapi juga menikmati suasana hijau.

 

SKYPARK

Nama taman ini adalah SKYPARK, yang berada di 2 lantai di salah satu gedung pencakar langit Hong Kong. Di sini disediakan layaknya taman kota yang berada “di bawah”.  Lengkap dengan restoran, taman bermain, sampai kolam renang, harapannya adalah Hong Kong nggak hanya terkenal dengan gedung-gedung bertingkat.

Sang arsitek pembuatan taman ini, Adrian Cheng dari New World Development Company, mengatakan pembuatan taman ini nggak sekadar agar Hong Kong terlihat lebih asri, tetapi juga untuk membuat masyarakat Hong Kong bisa menikmati piknik bersama keluarga walaupun berada di dalam gedung.

 

Akan Ada Banyak Taman di Gedung Lainnya

New World Development Company sebenarnya sudah sejak lama membuat konsep hijau di gedung. Sebelum membuat SKYPARK, dirinya memasang beberapa pohon di gedung-gedung. Tujuannya agar penghijauan di Hong Kong nggak terhenti.

Sekarang pemerintah Hong Kong memang mencanangkan untuk penghijauan di negaranya. Nggak hanya sekadar mengandalkan gedung tinggi dan tempat wisata yang modern, kebutuhan akan tanaman hijau juga sangat penting.

Desain dari SKYPARK ini ternyata berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Architectural Firm of the Year oleh media di Jerman. Dengan desain ergonomis tetapi modern, diharapkan akan ada SKYPARK lain di Hong Kong dan mungkin di kota-kota besar lainnya.

 

Source: hypebeast.com

Comments
Ahdan Maulana Muhammad
Nice Article...
Eti Suhaeti
Artikelnya bagus