4 Langkah Besar Buat Mulai Berbisnis di Media Sosial: Mesti All Out, Bro! - MLDSPOT
  • Buzz
  • 4 Langkah Besar Buat Mulai Berbisnis di Media Sosial: Mesti All Out, Bro!

4 Langkah Besar Buat Mulai Berbisnis di Media Sosial: Mesti All Out, Bro!

Fri, 06 November 2020
4 Langkah Besar Buat Mulai Berbisnis di Media Sosial: Mesti All Out, Bro!

Kemajuan teknologi sekarang ini bisa membuat lo mengoperasionalkan bisnis lo #MauLagiDimanapun – ini artinya operasi bisnis lo semakin cepat dan dinamis. Terlebih jika bisnis lo masih terhitung berada di dunia maya atau media sosial.

Sudah diketahui bersama kalau media sosial bisa jadi salah satu tempat untuk berbisnis, dengan berbagai fitur yang bisa lo gunakan. Well, para pengelola media sosial, seperti empunya Facebook, Mark Zuckerberg – tidak tinggal diam saja untuk membantu lo mengoperasionalkan bisnis di media sosial.

Sistem periklanan, bagaimana menargetkan produk lo ke pembeli yang semestinya, dan masih banyak hal lainnya – bisa lo atur dalam satu sampai dua akun media sosial. Lo bisa promote, bisa bikin ads, bisa membuat bisnis lo semakin mudah dikenal banyak kalangan.

Berbagai hal yang sudah disebutkan di atas adalah elemen-elemen yang ada di dunia digital marketing. Untuk mengetahui semuanya, tentu butuh waktu yang banyak, bro. Ada waktu yang mesti lo invest untuk membaca hal-hal tadi.

Nah, seperti yang bakal dibahas di ulasan kali ini bro. Lo mesti ada waktu untuk membaca ulasan kali ini sampai habis buat mengetahui selengkapnya soal keresahan yang ada. Apa sih keresahan yang ada? Salah satu yang paling umum adalah ternyata masih banyak kalangan yang bingung bagaimana memanfaatkan sosial media mereka buat berbisnis di internet.

Buat lo yang masih bingung mau mulai dari mana, #MauLagiDimanapun – lo bisa mulai dari membaca artikel kali ini, bro. Daripada berlama-lama lagi, sila simak bahasan kali ini yang akan mengulas setidaknya ada 4 cara untuk memulai berbisnis di internet atau media sosial!

 

Buat Identitas, Buat Persona

4 Langkah Besar Buat Mulai Berbisnis di Media Sosial: Mesti All Out, Bro!

Credit Image: eatingdisorderhope.com

Mungkin buat lo yang sudah membaca artikel sebelumnya terkait dengan co-branding, mungkin tips atau cara pertama ini adalah sekitar branding itu sendiri. Hal pertama yang bisa lo lakukan untuk memulai berbisnis di internet adalah membuat identitas, membuat persona untuk brand atau produk dan jasa yang lo tawarkan.

Misalnya begini, bro. Lo menjual makanan atau minuman – let’s say: coffee. Di internet sekarang ini, sudah banyak banget yang jualan minuman kopi. Lalu bagaimana nih menghadapi fakta ini? Salah satunya adalah lo buat identitas dulu, buat persona. Lo mesti tahu siapa sih target dari produk atau jasa lo ini.

Jika target lo adalah anak muda, millennial yang butuh asupan energi seperti kopi untuk memulai harinya, lo bisa bikin konten yang mereka juga suka. Ini lo perlu riset, sih. Perlu lo teliti konten seperti apa yang mereka suka dan lo bisa tap in di dalam tren konten tersebut.

Jika hal ini sudah secara regular lo jalankan – seiring berjalannya waktu, user atau konsumen lo bakal menilai kalau produk atau jasa yang lo tawarkan adalah yang mereka banget. Jika mereka merasa persona atau identitasnya sudah sama – mereka tahu mereka butuh yang mana bro, pasti ke produk atau jasa lo tawarkan.

Apakah sampai sini lo sudah paham? Kalau lo sudah paham, penjelasan ini bakal berlanjut ke cara yang kedua, yaitu menentukan tujuan dari bisnis lo ini.

 

Lo Butuh Blue Print dan Tujuan Bisnis!

4 Langkah Besar Buat Mulai Berbisnis di Media Sosial: Mesti All Out, Bro!

Credit Image: goodmenproject.com

Tujuan bisnis ini ada tiga bro, secara sederhananya. Ada tujuan jarak dekat, sedang sampai tujuan jarak jauh. Artinya, dalam waktu dekat ini, bisnis lo harus mencapai target apa, dalam jangka waktu sedang harus memenuhi target apa, sampai jangka waktu yang paling lama.

In short, lo mesti bikin milestones. Ada target atau KPI yang mesti lo set dan usahakan semuanya tercapai. Dengan begini, lo semakin jelas kalau bisnis lo akan berkembang dengan baik. Jika nggak, lo cek lagi blue print yang sudah dibuat.

Periksa kembali visi misi yang sudah lo tentukan untuk bisnis yang sedang berjalan ini. Jika semuanya sesuai dengan rencana – lo akan semakin dengan mudah untuk membuat milestones tadi. Semakin banyak milestones yang lo buat – ini artinya bisnis lo terus berkembang dengan benar.

 

Selalu Periksa Strategi yang Sudah Dibuat

Dan yang pastinya strategi yang sudah dijalankan, juga perlu lo audit bro. Istilahnya, lo mesti melakukan evaluasi, setiap milestone yang tercapai atau yang tidak tercapai. Dari hal ini, lo bisa mengetahui apa kekurangan yang ada di produk atau jasa – atau bahkan lo bisa tahu apakah strategi yang sudah lo buat dan dijalankan ini bisa dikembangkan dengan baik atau tidak.

Oleh karena itu, selalu periksa strategi yang ada. Lo memang mesti rajin, sih bro. Cek bagaimana kompetitor lo menjalankan bisnisnya di internet. Hal ini bisa membuat lo terpacu untuk membuat langkah antisipasinya sehingga produk atau jasa yang lo punya tidak kalah saing.

Even di internet – persaingan itu pasti ada, bro. Sebut saja seperti cara Burger King ‘mengolok’ fast food chain lainnya. Campaign yang mereka lakukan cukup viral di media sosial. Coba lo cek di bawah ini bro!

 

Keuangan yang Selalu Terjaga Dengan Benar

4 Langkah Besar Buat Mulai Berbisnis di Media Sosial: Mesti All Out, Bro!

Credit Image: allstate.com

After all – sebuah bisnis, baik yang dijalankan secara konvensional atau digital, harus mempunyai keuangan yang selalu terjaga dengan benar. Cash flow yang lo kawal mesti berjalan dengan baik, bro. Ingat, lo ada kewajiban untuk membayar ini-itu untuk membuat bisnis lo tetap berjalan.

Oleh karena itu, selalu cek dan periksa apakah pengeluaran lo bakal sesuai dengan income yang lo dapat. Apakah semua budget yang keluar akan sepadan dengan penghasilan yang lo dapat tiap waktunya.

Deretan pertanyaan itu bakal kejawab dengan benar kalau lo rajin memeriksa keuangan bisnis tersebut bro.

Oke, dari berbagai penjelasan di atas – cukup jadi hal yang fundamental buat lo terapkan di bisnis lo ya. Oh iya, terkait dengan menjalankan bisnis – pastinya lo punya cerita-cerita menarik dan seru serta nggak mudah lo lupakan dalam perjalanan bisnis tersebut, kan?

Coba dong bro, rekam cerita lo dalam bentuk video dan ikutan #MLDSPOTNEWNORMALENTREPRENEUR di mana @MLDSPOT ngajak lo semua buat share cerita-cerita tersebut! Bro, cerita yang paling menarik dan visual video yang paling oke – bakal berkesempatan buat menangin berbagai hadiah menarik dan voucher blibli bernilai JUTAAN RUPIAH! Nah sekarang sudah nggak ada alasan lagi nih buat lo tidak ikutan. Yok langsung gas saja bro!

 

Feature Image – elevanaugust.sg

Sebelum Ada Playlist, Udah Tau Tentang Mixtape Belum, Bro?

Fri, 15 January 2021
Kalau sekarang terkenal bertukar playlist, zaman dulu ada yang namanya mixtape! udah tau belum bro? simak selengkapnya disini ya!

Untuk mendengarkan lagu, lo tipe yang mana nih, bro – dengerin lagu dari artisnya langsung satu album, atau suka mengkompilasi lagu-lagu kesukaan lo ke dalam satu playlist?

Sekarang sepertinya bertukar playlist di sosial media udah jadi hal yang biasa – karena pasti sesekali aplikasi musik online lo juga menawarkan playlist untuk lo dengarkan setiap harinya dan dengan suasana yang berbeda. Nggak mungkin kan lo dengerin playlist yang sendu pas lagi party sama temen-temen lo?

Tapi ada hal yang perlu lo ketahui nih – sebelum ada playlist, ada yang namanya seniornya yang udah hadir dan hits di jamannya nih, bro, namanya Mixtape. Meskipun tampilannya berbeda, tapi cikal bakal playlist itu dari mixtape!

Sebelum tau apa perbedaan dari playlist dan mixtape, lebih baik kenalan dulu sama mixtape yuk, bro. Simak selengkapnya di bawah ya!

Sebenarnya, Apa sih Mixtape?

Kalau sekarang terkenal bertukar playlist, zaman dulu ada yang namanya mixtape! udah tau belum bro? simak selengkapnya disini ya!

Credit image – dreams time

Sekarang untuk dengerin lagu lo tinggal menggunakan handphone lo dan memilih aplikasi musik apa yang lo pilih. Cukup simple dibandingkan dengan jaman dulu yang mengharuskan lo untuk memilih kaset dari musisi atau lagu yang mau lo pilih dan memasukannya ke walkman dulu baru dengerin – atau mungkin ada dari lo yang bahkan nggak nge-zamanin ini.

Nah biar nggak kesusahan milih lagu yang lagi lo suka dan looping buat didengerin, lalu akhirnya lo menyusun satu kaset yang berisi kompilasi lagu yang lo suka. Seru ya, bro – kayak lo bikin playlist tapi bentuknya dari kaset!

Meskipun begitu, dulu nggak semua orang punya privilej buat bikin mixtape, lo nggak bisa bikin mixtape semudah lo membuat playlist kayak sekarang. Untuk memproduksi sebuah mixtape dan menggabungkan lagu-lagu itu, lo harus pergi ke toko yang bisa memproduksi kaset dan memasukkan lagu-lagu terpilih itu, bro. Meskipun begitu, kaset dalam bentuk mixtape ini hanya bisa lo konsumsi sendiri alias tidak dikomersilkan ya, bro!

Bukan Cuma Kompilasi, Tapi Juga Nyamain Transisi!

Untuk bikin mixtape, selain lo memilih lagu yang lagi looping atau lagu-lagu baru yang lagi hits, ada juga orang yang bikin mixtape karena pengen bikin list lagu yang beatmatching. Nah istilah yang kurang awam nih, udah pernah denger belum, bro?

Beatmatching adalah penyusunan lagu yang memiliki irama yang mirip dari lagu satu ke lagu yang lain, sehingga akan tercipta list lagu yang transisi nya halus dari awal sampai akhir. Hal ini emang unik sih, bro – dan nggak banyak orang sekarang yang paham tentang teknik beatmatching ini, bro!

Jadi, Playlist itu Versi Digitalnya Mixtape?

Kalau sekarang terkenal bertukar playlist, zaman dulu ada yang namanya mixtape! udah tau belum bro? simak selengkapnya disini ya!

Credit image – interesting things

Setelah membaca di atas, pasti lo langsung menyimpulkan: Apakah playlist merupakan mixtape versi digital alias masa kini?

Seiring perkembangannya zaman, pengertian dari mixtape ini juga berubah. Sebelum menjadi kaset dari kumpulan lagu-lagu yang lo suka, mixtape juga sempat jadi primadona buat mengumpulkan lagu-lagu yang lo rekam dari radio.

Saat ini, mixtape masih dikenal sebagai kumpulan dari kompilasi lagu pilihan lo yang didedikasikan untuk orang lain – well, dari dulu juga mixtape udah jadi hadiah yang istimewa buat orang-orang terdekat sih,

Kembali lagi pada bahasan playlist dan mixtape – kalau bentuk mixtape dulu adalah kaset atau tape, di zaman digital ini playlist hadir dalam bentuk folder. Biasanya untuk pemilihan lagu di playlist pun lebih digunakan untuk menyusun lagu sesuai mood lo dan suasana yang ingin lo hadirkan dari sebuah kumpulan lagu.

Sebenarnya lo bisa menyebut bahwa playlist adalah bentuk mixtape versi lebih modern dan mengikuti zaman. Tapi kalau dilihat dari kegunaan dan penyusunannya, mungkin lebih tepat kalau kedua hal ini hanya memiliki kesamaan karena sama-sama kumpulan dari satu lagu dengan lagu yang lain dengan penyanyi yang beda-beda.

Nah setelah mengetahui tentang kedua hal yang serupa tapi tak sama ini, apakah lo dulu termasuk ke orang yang suka bikinin mixtape buat gebetan lo? Atau malah sekarang lo masih suka bikinin playlist buat gebetan lo? Mau yang manapun lo, sepertinya kita semua bakal sepakat – kalau musik emang jadi penyatu buat kita, bro!

 

Feature image – free great picture