• Buzz
  • 5 Rekomendasi Situs Freelance Terpercaya

5 Rekomendasi Situs Freelance Terpercaya

Tue, 16 June 2020
Kaki dengan sneakers terangkat di atas meja, pot tanaman dan laptop di atas meja

Pekerjaan lepas atau freelance sekarang ini semakin dicari banyak orang. Dulu memang dipandang sebelah mata, tetapi nyatanya pekerjaan freelance punya banyak manfaat yang nggak bisa didapat dari pekerjaan kantoran. Lo nggak akan dikekang dengan segala aturan formal dengan jadwal kerja nine-to-five. Apalagi #MumpungLagiDirumah saja, lo bisa dapat uang dengan bekerja sebagai freelancer di situs-situs terpercaya berikut ini.

 

Upwork

Tampilan website Upwork dengan figur pria botak dengan jas biru sedang duduk

Pertama ada Upwork, dengan jutaan klien yang siap menggaji lo untuk berbagai jenis proyek. Enaknya, pembayarannya bisa disesuaikan dengan kemauan lo, bisa per proyek atau per jam.

Upwork ini nggak dikhususkan untuk satu keahlian saja, lo bisa menjual segala kemampuan lo sebagai freelancer, mulai dari SEO writing, strategi marketing, graphic design, hingga penerjemah. Lo juga bisa memanfaatkan fitur collaborative space dan pembuatan invoice supaya proses kerja lebih terbantu.

 

Sribu dan Sribulancer

Infografis tentang proses kerja dalam situs Sribulancer 

Ada dua jenis yang berbeda, yakni Sribu untuk jasa graphic design dan Sribulancer untuk jasa lainnya. Kalau passion dan kemampuan lo ada di bidang graphic design, segera meluncur ke Sribu untuk mengambil proyek seperti pembuatan logo, konsep desain interior, atau infografis. Sribu menggunakan sistem kontes, artinya lo harus mengumpulkan karya sesuai brief dan klien akan memilih satu yang paling sesuai. Sribu juga memberikan hadiah spesial untuk pemenang kontes.

Sementara itu, Sribulancer dibuat untuk mengakomodasi jasa-jasa lainnya, mulai dari penulisan artikel hingga pembuatan website. Situs ini juga memudahkan lo dalam menerima pembayaran, bisa dalam Rupiah atau Dollar US.

 

99designs

Tampilan situs 99designs dengan foto seorang wanita mengenakan celemek dan topi hitam

Satu lagi situs freelancer yang dibuat khusus untuk menerima proyek yang berhubungan dengan desain. Sesuai dengan namanya, semua proyek yang ada di situs ini pastinya membutuhkan freelancer yang sudah mahir dalam bidang graphic design atau sejenisnya.

Tetapi, para pemula juga boleh unjuk gigi, 99designs pun membekali para freelancer dengan artikel-artikel seputar tips dan trik desain. Jangan lupa untuk mempercantik portofolio desain lo sebelum akhirnya bergabung ke 99designs, supaya lo bisa unggul dari para freelancer lainnya.

 

Toptal

Tampilan homepage Toptal dengan tujuh foto wajah orang-orang

Ada yang berbeda dari Toptal, Bro. Situs ini memiliki proses seleksi yang ketat karena memang dibuat untuk menampung para freelancer berkualitas yang sudah berpengalaman di bidang masing-masing. Karena itu, bayaran freelancer di Toptal juga terbilang lebih tinggi daripada tawaran di situs freelancer lainnya.

Kalau lo sudah memiliki portofolio dan pengalaman kerja yang cemerlang, Toptal bisa jadi situs terbaik untuk lo. Beberapa klien yang ada di Toptal adalah Airbnb, JPMorgan, dan perusahaan-perusahaan besar di dunia.

 

Fiverr

Tampilan profile page seorang freelancer di situs Fiverr

Di situs-situs freelancer sebelumnya, freelancer-lah yang harus mencari tawaran kerja yang di-posting oleh klien. Kalau di Fiverr, justru klien yang mencari freelancer. Memang jadi lebih mudah buat lo karena nggak perlu repot-repot cek setiap tawaran kerja baru, tetapi ini berarti lo harus siap dengan persaingan sengit.

Supaya lo bisa dilirik klien, lo harus memastikan bahwa harga yang lo tawarkan sesuai dengan kemampuan dan pengalaman lo. Jangan terlalu mahal, tetapi juga nggak boleh terlalu murah. Lo juga harus memamerkan karya-karya terbaik lo. Masalah keamanan, Fiverr punya sistem pembayaran dan keamanan data yang canggih, jadi nggak perlu khawatir, Bro.

 

 

 

Sources: 99.co, Niagahoster, IDN Times

Warner Bros, DC Comics, dan Spotify Kolaborasi Buat Podcast Narasi

Wed, 01 July 2020
Superman yang diperankan Henry Cavill

Spotify baru saja merilis informasi kerja samanya dengan Warner Bros dan DC Comics. Mereka akan mengerjakan proyek Podcast berdasarkan karakter-karakter superhero juga supervillain yang ada di DC Comics Universe. Jadi lo nggak cuma bisa menikmati plot cerita DC Comics hanya di komik, serial televisi, atau film saja, tapi di podcast juga.

 

Podcast Berbentuk Narasi

Wonder Women yang diperankan oleh Gal Gadot

Lalu akan seperti apa bentuk kolaborasi podcast mereka ini? Podcast ini nantinya akan berbentuk narasi, di mana lo bisa mendengar suara dari karakter-karakter DC Comics seperti Batman dan Robin, Superman, atau Wonder Women yang memainkan peran mereka. Narasi ini berasal dari skrip asli cerita DC Comics atau cerita yang nanti digarap khusus dengan tim Spotify sendiri. Jadi, bukan nggak mungkin lo akan mendengar sajian plot cerita baru dalam podcast kolaborasi ini.

 

Spotify Dipercayakan dengan Program Baru

Billiboard milik Spotify di tengah kota

Nggak hanya bekerja sama untuk memproduksi podcast dari karakter-karakter DC Comics, Spotify juga dipercaya Warner Bros untuk memproduksi franchise lainnya yang dimiliki oleh Warner Bros, dan diberi kesempatan untuk merancang program crossover dari produk-produk Warner Bros tersebut dalam bentuk podcast.

Proyek yang akan dikerjakan Spotify ini berada dalam pengawasan ketat Warner Bros Digital Networks dan Blue Ribbon Content (BRC). Mereka akan memastkan kolaborasi kreatif ini berjalan efektif, terutama untuk pemasaran, periklanan, serta proses distribusinya di platform Spotify.

 

Proyek Podcast Produksi Warner Bros Lainnya

Superheroes dari DC Comics Universe

Sedari awal, Warner Bros nggak hanya berencana bekerja sama untuk project DC Comics saja, tetapi juga produk andalan Warner Bros lainnya. Salah satu project kolaborasi mereka yang lain adalah karya Warner Bros yang paling klasik, Looney Tunes dan serial televisi Supernatural.

Warner Bros bahkan sudah meneken kesepakatan senilai lebih dari 100 juta Dollar AS untuk memulai kerjasama dengan Spotify ini. Proyek ini akan dibuka dengan seri podcast The Joe Rogan Experience di akhir tahun 2020, lalu akan disusul dengan proyek-proyek seri podcast lainnya, termasuk podcast bersama DC Comics ini.

Warner Bros adalah perusahaan media massa dan hiburan rumah produksi pertama yang mengambil langkah kerjasama inovatif ini. Tidak hanya rumah produksi film, serial televisi, animasi, dan video game saja kali ini Warner Bros membidik industri voice experience untuk dijadikan pasar industrinya kemudian. Jadi, let’s see seperti apa Spotify akan mengemas proyek ini, ya, Bro!

 

 

 

Sources: Spotify, Variety, iNews