Ini Dia Keunggulan iMac dengan Chip M1 yang Wajib Lo Tau, Bro - MLDSPOT
  • Buzz
  • Ini Dia Keunggulan iMac dengan Chip M1 yang Wajib Lo Tau, Bro

Ini Dia Keunggulan iMac dengan Chip M1 yang Wajib Lo Tau, Bro

Thu, 29 April 2021
iMac

Perkembangan dunia teknologi semakin pesat dengan lahirnya berbagai inovasi untuk mengubah dunia. Begitu juga dengan Apple, yang udah banyak banget buat terobosan baru mulai dari iMac, iPod, iPhone, dan iPad.

Seperti iMac yang mungkin bisa bikin lo sadar kalo sebuah dekstop bisa dibuat sederhana dan gampang digunakan. Tepat di akhir tahun lalu, Apple memperkenalkan prosesor M1 bikinan mereka untuk jajaran MacBook. Ada kabar gembira, bro, kalo sekarang chipset udah aja di jajaran iMac.

Mac keluaran terbaru nggak cuma bawa prosesor Apple M1 dan spesifikasi yang lebih baik. Tapi juga punya desain yang lebih ramping dan casing warna warni. Nah, kali ini MLDSPOT, mau bahas keunggulan apa aja yang dimiliki iMac 24 dengan chip M1. Baca sampai tuntas ya, bro.

Lebih Tipis dengan Beragam Warna

iMac

Credit image – Medcom.id

Secara desain, iMac 24 inch sebenarnya masih sama persis dengan generasi sebelumnya. Cuma tingkat ketebalannya lebih tipis yaitu 11,5 mm. Panel yang diusung juga beresolusi 4,5K dengan Retina Display, yang memiliki tingkat kecerahan mencapai 500 nits.

Hal menarik lainnya, iMac 24 inch juga mendukung teknologi True Tone yang bisa menyesuaikan suhu warna secara otomatis dengan tingkat pencahayaan di dalam ruangan, bro. Jadi lo nggak perlu ribet lagi ngatur cahaya di layar desktop.

Selain itu, Apple turut menanamkan prosesor Neural Engine untuk meningkatkan kualitas gambar, mengurangi noise, serta menghasilkan eksposur dan white balance yang lebih baik. Komputer ini cocok banget buat lo yang pekerja kreatif, bro.

Kamera dan Audio Terbaik

Selain bentuknya lebih ramping, iMac dengan chip M1 punya kamera HD FaceTime 1080p, mikrofon berkualitas studio, dan sistem suara enam speaker. Ini merupakan sistem kamera dan audio terbaik yang pernah ada di Mac, bro!

iMac baru juga memiliki Touch ID di keyboard untuk pertama kalinya. Keberadaan fitur ini bakal mempermudah lo untuk login secara aman, melakukan pembelian dengan Apple Pay, atau mengganti profil pengguna dengan satu sentuhan jari.

Kipas yang Bikin Tahan Panas

iMac

Credit image – Medium.com

Meskipun tipis tapi jangan salah, bro - karena berkat chip Apple M1, iMac terbaru tetap lebih senyap dan lebih dingin. Komputer ini memiliki dua kipas kecil buat gantiin sistem termal besar yang dimiliki pendahulunya.

Spesifikasi lainnya yang nggak kalah keren, antara lain asisten digital Hey Siri, WiFi 6, jack audio 3,5 mm, Bluetooth 5.0, enam buah speaker dari Dolby Atmos, serta dua port Thunderbolt/USB 4 untuk menghubungkan perangkat ke Pro Display XDR Apple dalam resolusi 6K.

Resmi Dijual di Mei 2021

iMac dengan GPU 7-core bakal dijual mulai dari 1.299 dolar AS. Tersedia dalam warna hijau, merah muda, biru, dan perak. iMac terbaru dengan harga ini memiliki fitur CPU 8-core, 8 GB memori, 256GB SSD, dua port Thunderbolt, Magic Keyboard, dan Magic Mouse.

Adapun iMac dengan GPU 8-core yang dibanderol mulai dari 1.499 dolar AS. Tersedia berbagai pilihan warna hijau, kuning, oranye, merah muda, ungu, biru, dan perak. Dilengkapi  fitur CPU 8-core, 8GB memori, 256GB SSD, dua port Thunderbolt, dua port USB 3 tambahan, Magic Keyboard dengan Touch ID, Magic Mouse, dan Ethernet.

Setelah tau keunggulan iMac terbaru ini, apakah lo tertarik buat memilikinya? Tapi sepertinya lo harus bersabar dulu, bro - karena Apple bilang iMac terbaru bakal tersedia pada paruh kedua Mei 2021, dengan pre-order pada 30 April 2021.

 

Featured image – Grid.id

 

 

 

 

Aset Digital bisa Dilindungi, Bro: Kenalan sama NFT Crypto Ini Deh

Wed, 12 May 2021
Crypto

Lo tentunya setuju, bro, kalo aset kripto memang bisa dibilang serba bisa. Selain memiliki kegunaan sebagai alat transaksi di beberapa merchant dan instrumen investasi, aset kripto juga bisa dimanfaatkan sebagai barang koleksi.

Aset kripto tersebut biasanya berupa Non-Fungible Token (NFT) adalah jenis aset digital yang lagi populer. Dikutip Coindesk, sejak November 2017, ada sekitar 174 juta dolar AS yang dibelanjakan untuk NFT. Jumlah tersebut setara dengan Rp 2,4 triliun. Wow angka yang fantastis kan, bro?

Memangnya, apa sebenarnya yang dimaksud dengan NFT? Kalo lo mau lebih paham dengan jenis aset digital ini, mendingan lo baca artikel MLDSPOT kali ini sampai tuntas, bro!

Aset Digital yang Lagi Popular

Aset Non-fungible Token atau NFT mendadak jadi bahan pembicaraan. Penyebabnya banyak pihak yang menjual aset digitalnya dengan harga hingga miliaran rupiah. Meskipun udah ada dari tahun 2014, NFT kini semakin terkenal karena dianggap sebagai cara yang praktis buat membeli dan menjual karya seni digital.

Lalu, apa itu NFT? Well, kalo dalam ilmu ekonomi aset tersebut bisa ditukarkan dengan unit yang mudah dipertukarkan seperti uang. Tapi, apabila nggak bisa ditukar berarti objek tersebut memiliki sifat unik, bisa seperti rumah atau karya lukisan seperti Monalisa.

Sementara itu, dilansir dari laman Forbes.com, NFT adalah sebuah aset digital yang mewakili objek dunia nyata seperti lukisan, seni musik, item dalam game, hingga video pendek. Aset tersebut dibeli dan dijual secara online, seringkali dibayar dengan cryptocurrency, dan umumnya dikodekan menggunakan software dasar yang serupa dengan aset crypto lainnya.

Nggak Punya Nilai Tukar

Crypto

Credit image - voi.id

Buat lo yang belum tau, satu NFT punya keunikan tersendiri dan dijual dengan harga yang berbeda, nilai sebuah aset NFT nggak bisa disamakan atau ditukarkan dengan aset NFT dan aset kripto lainnya. Aset semacam ini, bro, yang biasa disebut non-fungible (nggak bisa ditukarkan), berbeda dengan aset lainnya, seperti mata uang dollar AS, Ethereum, atau Bitcoin yang bersifat fungible.

Misalnya gini, lo jual mobil dengan harga Rp 500 juta, maka harga mobil tersebut bakal setara dengan 34.700 dolar AS (1 dolar AS = Rp 14.300) atau 18,34 Ethereum (1 Ethereum = Rp 27 juta).

Sementara itu, nilai 1 aset NFT yang dibeli dengan harga Rp 500 juta nggak bisa disamakan dengan mobil yang punya harga yang sama, uang senilai 34.700 dolar AS atau koin sebanyak 18,34 Ethereum tadi.

Kalo bisa ditarik kesimpulan, NFT adalah aset digital yang bisa dimiliki secara eksklusif oleh seseorang dengan nilai yang bervariasi tergantung orang yang menjualnya. Inilah yang membuat sebuah aset NFT biasanya dilego atau berpindah kepemilikan melalui mekanisme lelang di berbagai platform online, seperti Nifty Gateway, Valuables, Foundation, Christie's, dan lain sebagainya.

Keunikkan Kode yang Ada di NFT

Sebenarnya sama aja seperti instrumen investasi maupun aset pada umumnya, namun keunikannya NFT adalah sebuah aset digital yang bisa mewakili berbagai macam barang berwujud maupun nggak berwujud

Kode unik dalam NFT membuat tiap token sulit untuk direplikasi. Sehingga kemungkinan adanya NFT palsu jadi lebih sulit. Karena, setiap barang bisa dilacak data historisnya, mulai dari pemilik terakhir, pemilik pertama, hingga penerbitnya saat token dirilis.

Selain Itu, seri kode unik dalam NFT juga memungkinkan pegiat aset kripto, yang punya hobi koleksi barang jadi lebih mudah untuk melakukan verifikasi. Nah, perbedaan dari kode unik membuat NFT bersifat langka, dan bagi kolektor, melengkapi koleksi adalah suatu hal yang mutlak, bro.

Royalti untuk Pekerja Seni

Crypto

Credit image - voi.id

NFT memberikan kesempatan bagi pekerja seni buat dapetin royalti lebih besar. Bagi seniman, NFT bisa menghilangkan peluang munculnya pasar sekunder atau calo. Selain itu, NFT juga mengurangi jumlah pihak-pihak lain yang menjadi middleman dalam proses penjualan.

Aset digital ini nggak cuma buat gamer dan kolektor aja, tapi juga bisa digunakan oleh seniman untuk menjual karya seni mereka ke khalayak luas. Di luar itu, ada pula real estate atau developer perumahan yang pakai teknologi NFT untuk melakukan lelang rumah secara langsung ke publik.

Dengan menggunakan NFT, seniman juga bisa menerima royalti lebih besar melalui penjualan kembali. Ketika karya seni digital mereka dijual kepada pemilik baru, dari situlah pencipta karya bisa mendapat persentase keuntungan penjualan.

Meski terbilang baru, NFT adalah jenis aset digital yang udah lama diperjualbelikan oleh masyarakat.

Di tahun 2021 aja, keberadaan NFT semakin populer di kalangan investor. 

Kalo lo punya uang lebih dan suka investasi cryptocurrency, mungkin NFT bisa jadi pilihan yang tepat. Anyway, setelah baca artikel tentang NFT crypto, tentunya lo jadi lebih paham mengenai aset digital yang satu ini kan, bro?

 

 

Featured image - currency.com