Interupsi Digital: Kenali dan Mulai Hindari, Bro! - MLDSPOT
  • Buzz
  • Interupsi Digital: Kenali dan Mulai Hindari, Bro!

Interupsi Digital: Kenali dan Mulai Hindari, Bro!

Thu, 10 December 2020
Mulai kehilangan fokus? Simak disini biar lo terhindari dari Interupsi Digital!

Apa yang lakuin ketika baru bangun tidur? Jawaban stretching, minum air putih, atau sekedar menghirup udara pagi pasti sudah jarang didenger. Sebagian besar dari lo pasti akan menjawab untuk buka ponsel dulu baru mulai beraktivitas, setuju nggak, bro?

Kebiasaan untuk buka ponsel pas baru bangun tidur lalu ngecek seluruh media sosial lo sebelum melakukan aktivitas lain ternyata kebiasaan buruk yang akan berpengaruh untuk keseharian lo, seperti ngehambat pekerjaan dan kinerja lo sepanjang hari. Inilah yang disebut Interupsi Digital, bro.

Pasti lo nggak nyangka kalau kebiasaan kecil ini bakal punya efek yang cukup besar untuk kelangsungan hari lo. Untuk menghindari hal itu terjadi dan sebelum efeknya menjadi jangka panjang, mending lo tetap di halaman ini sampai habis, kita bakal mengenal interupsi digital dan gimana cara mengatasinya.

Pengaruh Teknologi Terhadap Konsentrasi

Mulai kehilangan fokus? Simak disini biar lo terhindari dari Interupsi Digital!

Credit image – medicalnewstoday.com

Semua orang pasti ngerasain sendiri gimana teknologi memudahkan kita. Sekarang hampir semua aktivitas didukung oleh penggunaan teknologi dan serba digital. Nggak cuma pekerjaan, hiburan pun sekarang kita dapetin dari kemudahan teknologi. Dari urusan simpel sampe urusan ribet, semua ada di gawai lo kan, bro?

Ternyata kemajuan ini jadi boomerang sendiri buat para pengguna teknologi, bro. Semakin adaptif nya lo dengan kemajuan teknologi, kemampuan lo akan berkonsentrasi juga akan terganggu, bro. Pasti lo bertanya-tanya, kok bisa, ya?

Dengan semakin adaptif nya lo dengan teknologi dan berketergantungan dengan ponsel atau gawai lo, lo akan mudah terdistraksi dan susah untuk konsentrasi, bro. Karena tanpa disadari, otak lo juga mengalami penurunan karena lo terbiasa untuk berfokus pada gawai lo.

Bahaya Berkepanjangan

Terdengar sepele, tapi sebenernya ini masalah besar yang tanpa lo sadari udah lo rasakan sendiri, bro. Berdasarkan penelitian dari Badan Telekomunikasi Inggris Efcom, kalo orang yang ketergantungan sama gawai berawal dari punya kebiasaan untuk ngecek ponselnya setiap 5 menit sekali dari bangun tidur sampai dia tidur lagi. Pasti tanpa lo sadari, lo juga begitu kan, bro?

Terlalu sering ngeliat layar gawai dan buka media sosial punya efek bikin konsentrasi lo menurun. Dengan kebiasaan ini, lo beranggapan bahwa lo bisa multitasking, padahal lo sebenernya tidak bisa focus pada kedua hal itu.

Bahayanya lagi, lo berpeluang untuk mengidap Continous Partial Attention (CPA). Konsentrasi lo akan terus terbelah dan susah mengerjakan hal-hal yang ada di kehidupan lo. Wah, serem kan, bro?

Lakukan Hal Ini Biar Lo Terhindar: Silent Mode

Setelah lo baca mengenai interupsi digital, hal yang perlu lo lakukan sebelum menidap CPA atau interupsi digital berkepanjangan, hal yang pertama harus lo lakukan yaitu dengan mulai berhenti membuka gawai lo di pagi hari. Lo bisa mulai pagi hari lo dengan stretching, bersihkan kamar lo, atau hal lain yang lebih produktif dari sekedar melihat layar ponsel lo.

Nah biar lo lebih fokus dalam bekerja, lebih baik mulai silent ponsel lo di saat kerja atau hal-hal penting yang lagi lo lakukan. Akan lebih baik lagi kalau lo jauhin ponsel lo, dijamin lo lebih produktif!

Fokus Pada Hal Diluar Teknologi

Mulai kehilangan fokus? Simak disini biar lo terhindari dari Interupsi Digital!

Credit image – maskulin.co.my

Biar nggak terfokus dengan dunia digital lo, lebih baik setelah lo baca artikel ini, lo mulai fokus pada dunia lo deh. Banyakin aktivitas menggunakan fisik yang bikin lo lupa dengan ponsel lo. Misalnya dengan mulai rutin olahraga, hangout sama temen atau keluarga, atau cari hobi baru yang lebih memakan tenaga fisik lo. Dengan menyibukkan diri, lo pasti bisa untuk nggak terdistraksi terus dengan teknologi dan gawai lo.

Ponsel memang banyak kemudahan dan keuntungannya, tapi sesuatu yang berlebihan pasti nggak akan baik buat lo. Jadi, lo harus lebih bijak dalam menggunakannya sekarang ya, bro.

 

Feature image – stocksy.com

Sebelum Ada Playlist, Udah Tau Tentang Mixtape Belum, Bro?

Fri, 15 January 2021
Kalau sekarang terkenal bertukar playlist, zaman dulu ada yang namanya mixtape! udah tau belum bro? simak selengkapnya disini ya!

Untuk mendengarkan lagu, lo tipe yang mana nih, bro – dengerin lagu dari artisnya langsung satu album, atau suka mengkompilasi lagu-lagu kesukaan lo ke dalam satu playlist?

Sekarang sepertinya bertukar playlist di sosial media udah jadi hal yang biasa – karena pasti sesekali aplikasi musik online lo juga menawarkan playlist untuk lo dengarkan setiap harinya dan dengan suasana yang berbeda. Nggak mungkin kan lo dengerin playlist yang sendu pas lagi party sama temen-temen lo?

Tapi ada hal yang perlu lo ketahui nih – sebelum ada playlist, ada yang namanya seniornya yang udah hadir dan hits di jamannya nih, bro, namanya Mixtape. Meskipun tampilannya berbeda, tapi cikal bakal playlist itu dari mixtape!

Sebelum tau apa perbedaan dari playlist dan mixtape, lebih baik kenalan dulu sama mixtape yuk, bro. Simak selengkapnya di bawah ya!

Sebenarnya, Apa sih Mixtape?

Kalau sekarang terkenal bertukar playlist, zaman dulu ada yang namanya mixtape! udah tau belum bro? simak selengkapnya disini ya!

Credit image – dreams time

Sekarang untuk dengerin lagu lo tinggal menggunakan handphone lo dan memilih aplikasi musik apa yang lo pilih. Cukup simple dibandingkan dengan jaman dulu yang mengharuskan lo untuk memilih kaset dari musisi atau lagu yang mau lo pilih dan memasukannya ke walkman dulu baru dengerin – atau mungkin ada dari lo yang bahkan nggak nge-zamanin ini.

Nah biar nggak kesusahan milih lagu yang lagi lo suka dan looping buat didengerin, lalu akhirnya lo menyusun satu kaset yang berisi kompilasi lagu yang lo suka. Seru ya, bro – kayak lo bikin playlist tapi bentuknya dari kaset!

Meskipun begitu, dulu nggak semua orang punya privilej buat bikin mixtape, lo nggak bisa bikin mixtape semudah lo membuat playlist kayak sekarang. Untuk memproduksi sebuah mixtape dan menggabungkan lagu-lagu itu, lo harus pergi ke toko yang bisa memproduksi kaset dan memasukkan lagu-lagu terpilih itu, bro. Meskipun begitu, kaset dalam bentuk mixtape ini hanya bisa lo konsumsi sendiri alias tidak dikomersilkan ya, bro!

Bukan Cuma Kompilasi, Tapi Juga Nyamain Transisi!

Untuk bikin mixtape, selain lo memilih lagu yang lagi looping atau lagu-lagu baru yang lagi hits, ada juga orang yang bikin mixtape karena pengen bikin list lagu yang beatmatching. Nah istilah yang kurang awam nih, udah pernah denger belum, bro?

Beatmatching adalah penyusunan lagu yang memiliki irama yang mirip dari lagu satu ke lagu yang lain, sehingga akan tercipta list lagu yang transisi nya halus dari awal sampai akhir. Hal ini emang unik sih, bro – dan nggak banyak orang sekarang yang paham tentang teknik beatmatching ini, bro!

Jadi, Playlist itu Versi Digitalnya Mixtape?

Kalau sekarang terkenal bertukar playlist, zaman dulu ada yang namanya mixtape! udah tau belum bro? simak selengkapnya disini ya!

Credit image – interesting things

Setelah membaca di atas, pasti lo langsung menyimpulkan: Apakah playlist merupakan mixtape versi digital alias masa kini?

Seiring perkembangannya zaman, pengertian dari mixtape ini juga berubah. Sebelum menjadi kaset dari kumpulan lagu-lagu yang lo suka, mixtape juga sempat jadi primadona buat mengumpulkan lagu-lagu yang lo rekam dari radio.

Saat ini, mixtape masih dikenal sebagai kumpulan dari kompilasi lagu pilihan lo yang didedikasikan untuk orang lain – well, dari dulu juga mixtape udah jadi hadiah yang istimewa buat orang-orang terdekat sih,

Kembali lagi pada bahasan playlist dan mixtape – kalau bentuk mixtape dulu adalah kaset atau tape, di zaman digital ini playlist hadir dalam bentuk folder. Biasanya untuk pemilihan lagu di playlist pun lebih digunakan untuk menyusun lagu sesuai mood lo dan suasana yang ingin lo hadirkan dari sebuah kumpulan lagu.

Sebenarnya lo bisa menyebut bahwa playlist adalah bentuk mixtape versi lebih modern dan mengikuti zaman. Tapi kalau dilihat dari kegunaan dan penyusunannya, mungkin lebih tepat kalau kedua hal ini hanya memiliki kesamaan karena sama-sama kumpulan dari satu lagu dengan lagu yang lain dengan penyanyi yang beda-beda.

Nah setelah mengetahui tentang kedua hal yang serupa tapi tak sama ini, apakah lo dulu termasuk ke orang yang suka bikinin mixtape buat gebetan lo? Atau malah sekarang lo masih suka bikinin playlist buat gebetan lo? Mau yang manapun lo, sepertinya kita semua bakal sepakat – kalau musik emang jadi penyatu buat kita, bro!

 

Feature image – free great picture