Jangan Buang Ampas Kopi Lo: Ternyata Banyak Manfaatnya, Bro! - MLDSPOT
  • Buzz
  • Jangan Buang Ampas Kopi Lo: Ternyata Banyak Manfaatnya, Bro!

Jangan Buang Ampas Kopi Lo: Ternyata Banyak Manfaatnya, Bro!

Tue, 12 January 2021
Jangan dibuang, ternyata ada banyak manfaat dari ampas kopi, bro!

Sepertinya udah bukan rahasia lagi kalau kopi merupakan minuman yang paling diminati saat ini. Yang awalnya diseduh pagi-pagi pas bangun tidur, sekarang lo bisa menikmati kopi di mana aja – toko nya sudah ada disetiap sudut jalan, bro!

Bahkan, ada sebagian orang yang harus minum kopi dulu sebelum mulai beraktivitas. Karena udah jadi konsumsi sehari-hari, nggak sedikit juga orang yang juga membeli mesin kopi buat dirumah, bro – dengan harga mesin yang sekarang sudah semakin terjangkau, lo nggak perlu ribet-ribet lagi pergi ke coffee shop.

Selain enak untuk dinikmati, ternyata ada lagi manfaat dari kopi yang selama ini banyak disepelekan – yaitu ampas nya, bro!

Ada banyak hal yang bisa lo lakukan untuk memanfaatkan ampas kopi setelah lo bikin. Mulai dari kegunaannya untuk merawat tubuh, sampai ke furniture di rumah, bro. Gimana sih cara memanfaatkan ampas kopi dengan benar? Pastikan lo membaca artikel ini sampai habis ya – biar ampas kopi lo nggak terbuang sia-sia, bro!

Menghilangkan Bau Kaki dan Sepatu

Jangan dibuang, ternyata ada banyak manfaat dari ampas kopi, bro!

Credit image - kaskus

Kalau bepergian, lo lebih suka untuk pake sepatu atau sendal nih, bro? sebagian besar pasti akan jawab sepatu ya, bro.  Dengan kebiasaan ini, lo pasti sering setelah membuka sepatu dan muncul bau nggak sedap – dan ini pastinya menganggu banget.

Jangan khawatir, hal ini bisa lo atasi dengan ampas kopi, bro. Caranya cukup mudah – lo tinggal ambil ampas kopi dan cuci kaki lo dengan ampas kopi itu seakan itu sabun. Lakukan hal ini sehari dua kali kalau lo sempat ya, bro!

Untuk bau yang menempel di sepatu, lo juga bisa memanfaatkan ampas kopi ini dengan cara menaruh ampas kopi lo di wadah kecil (terbuka) dan taro ampas kopi lo di bagian dalam sepatu lo. Biar ampas kopinya nggak tumpah ke dalam sepatu lo – pastikan sepatu lo berada di tempat yang aman dan datar ya, bro.

Sebagai Pengganti Scrub pada Sabun

Jangan dibuang, ternyata ada banyak manfaat dari ampas kopi, bro!

Credit image – The Edgy Veg

Masih pada perawatan badan, ternyata kopi juga bisa lo manfaatkan sebagai penunjang kebersihan badan lo, bro – lo bisa menggunakan ampas kopi sebagai scrub badan, bro!

Meskipun mandi pake sabun sudah dianggap bersih, tapi kalau lo banyak beraktivitas diluar rumah dan banyak menghasilkan keringat – ada baiknya untuk scrub badan lo setiap minggunya, bro. Memang sih, udah banyak sabun yang menyediakan scrub nya juga. Tapi kalau lo punya ampas kopi, kenapa nggak dimanfaatkan dengan baik?

Caranya kurang lebih sama dengan menghilangkan bau di kaki lo – yaitu gunakan ampas kopi selayaknya lo memakai sabun. Tapi yang perlu lo perhatikan, lo harus menggosok dengan benar ampas kopi di badan lo ya, bro – biar kotoran di badan lo akan luruh dengan ampas kopi nya!

Selain Badan, Bisa Merawat Furniture Juga, Bro!

Kalau di atas sudah membahas mengenai memanfaatkan ampas kopi pada tubuh lo, kali ini lo akan mengetahui hal yang nggak diduga bisa dilakukan oleh ampas kopi – yaitu merawat permukaan furniture kayu lo!

Mungkin terdengar asing atau bahkan lo bertanya-tanya. Faktanya, ampas kopi bisa lo manfaatkan untuk menghilangkan noda atau goresan pada permukaan kayu, bro. Permukaan kayu semakin termakan umur pastinya akan semakin berkurang kualitas warnanya. Kalau biasanya lo cat ulang, sekarang lo bisa melakukan pengecatan ulangnya dengan ampas kopi, bro!

Caranya pun cukup mudah dan nggak ribet – tinggal seduh kembali ampas kopi yang lo punya, lalu cat permukaan yang terkena goresan atau warnanya sudah memudar. Tanpa harus membeli cat yang berukuran besar serta kuas yang nggak kalah besarnya, dengan ampas kopi ini lo bisa mengembalikan warna kayu secara alami dan mudah, bro!

Soal kualitas, lo nggak perlu khawatir, bro – dengan warna alami dan lebih cepat kering ini, warna kayu lo nggak kalah sama di cat ulang dengan cat yang biasa lo beli, bro!

Setelah mengetahui manfaat dari ampas kopi ini, pastikan lo nggak membuang lagi ampas kopi yang keluar dari mesin kopi lo ya, bro!

 

Feature image – otten coffee magazine

Sebelum Ada Playlist, Udah Tau Tentang Mixtape Belum, Bro?

Fri, 15 January 2021
Kalau sekarang terkenal bertukar playlist, zaman dulu ada yang namanya mixtape! udah tau belum bro? simak selengkapnya disini ya!

Untuk mendengarkan lagu, lo tipe yang mana nih, bro – dengerin lagu dari artisnya langsung satu album, atau suka mengkompilasi lagu-lagu kesukaan lo ke dalam satu playlist?

Sekarang sepertinya bertukar playlist di sosial media udah jadi hal yang biasa – karena pasti sesekali aplikasi musik online lo juga menawarkan playlist untuk lo dengarkan setiap harinya dan dengan suasana yang berbeda. Nggak mungkin kan lo dengerin playlist yang sendu pas lagi party sama temen-temen lo?

Tapi ada hal yang perlu lo ketahui nih – sebelum ada playlist, ada yang namanya seniornya yang udah hadir dan hits di jamannya nih, bro, namanya Mixtape. Meskipun tampilannya berbeda, tapi cikal bakal playlist itu dari mixtape!

Sebelum tau apa perbedaan dari playlist dan mixtape, lebih baik kenalan dulu sama mixtape yuk, bro. Simak selengkapnya di bawah ya!

Sebenarnya, Apa sih Mixtape?

Kalau sekarang terkenal bertukar playlist, zaman dulu ada yang namanya mixtape! udah tau belum bro? simak selengkapnya disini ya!

Credit image – dreams time

Sekarang untuk dengerin lagu lo tinggal menggunakan handphone lo dan memilih aplikasi musik apa yang lo pilih. Cukup simple dibandingkan dengan jaman dulu yang mengharuskan lo untuk memilih kaset dari musisi atau lagu yang mau lo pilih dan memasukannya ke walkman dulu baru dengerin – atau mungkin ada dari lo yang bahkan nggak nge-zamanin ini.

Nah biar nggak kesusahan milih lagu yang lagi lo suka dan looping buat didengerin, lalu akhirnya lo menyusun satu kaset yang berisi kompilasi lagu yang lo suka. Seru ya, bro – kayak lo bikin playlist tapi bentuknya dari kaset!

Meskipun begitu, dulu nggak semua orang punya privilej buat bikin mixtape, lo nggak bisa bikin mixtape semudah lo membuat playlist kayak sekarang. Untuk memproduksi sebuah mixtape dan menggabungkan lagu-lagu itu, lo harus pergi ke toko yang bisa memproduksi kaset dan memasukkan lagu-lagu terpilih itu, bro. Meskipun begitu, kaset dalam bentuk mixtape ini hanya bisa lo konsumsi sendiri alias tidak dikomersilkan ya, bro!

Bukan Cuma Kompilasi, Tapi Juga Nyamain Transisi!

Untuk bikin mixtape, selain lo memilih lagu yang lagi looping atau lagu-lagu baru yang lagi hits, ada juga orang yang bikin mixtape karena pengen bikin list lagu yang beatmatching. Nah istilah yang kurang awam nih, udah pernah denger belum, bro?

Beatmatching adalah penyusunan lagu yang memiliki irama yang mirip dari lagu satu ke lagu yang lain, sehingga akan tercipta list lagu yang transisi nya halus dari awal sampai akhir. Hal ini emang unik sih, bro – dan nggak banyak orang sekarang yang paham tentang teknik beatmatching ini, bro!

Jadi, Playlist itu Versi Digitalnya Mixtape?

Kalau sekarang terkenal bertukar playlist, zaman dulu ada yang namanya mixtape! udah tau belum bro? simak selengkapnya disini ya!

Credit image – interesting things

Setelah membaca di atas, pasti lo langsung menyimpulkan: Apakah playlist merupakan mixtape versi digital alias masa kini?

Seiring perkembangannya zaman, pengertian dari mixtape ini juga berubah. Sebelum menjadi kaset dari kumpulan lagu-lagu yang lo suka, mixtape juga sempat jadi primadona buat mengumpulkan lagu-lagu yang lo rekam dari radio.

Saat ini, mixtape masih dikenal sebagai kumpulan dari kompilasi lagu pilihan lo yang didedikasikan untuk orang lain – well, dari dulu juga mixtape udah jadi hadiah yang istimewa buat orang-orang terdekat sih,

Kembali lagi pada bahasan playlist dan mixtape – kalau bentuk mixtape dulu adalah kaset atau tape, di zaman digital ini playlist hadir dalam bentuk folder. Biasanya untuk pemilihan lagu di playlist pun lebih digunakan untuk menyusun lagu sesuai mood lo dan suasana yang ingin lo hadirkan dari sebuah kumpulan lagu.

Sebenarnya lo bisa menyebut bahwa playlist adalah bentuk mixtape versi lebih modern dan mengikuti zaman. Tapi kalau dilihat dari kegunaan dan penyusunannya, mungkin lebih tepat kalau kedua hal ini hanya memiliki kesamaan karena sama-sama kumpulan dari satu lagu dengan lagu yang lain dengan penyanyi yang beda-beda.

Nah setelah mengetahui tentang kedua hal yang serupa tapi tak sama ini, apakah lo dulu termasuk ke orang yang suka bikinin mixtape buat gebetan lo? Atau malah sekarang lo masih suka bikinin playlist buat gebetan lo? Mau yang manapun lo, sepertinya kita semua bakal sepakat – kalau musik emang jadi penyatu buat kita, bro!

 

Feature image – free great picture