Mengenal Saham Blue Chip: Ternyata Beda dengan LQ45! - MLDSPOT
  • Buzz
  • Mengenal Saham Blue Chip: Ternyata Beda dengan LQ45!

Mengenal Saham Blue Chip: Ternyata Beda dengan LQ45!

Tue, 23 February 2021
Saham Blue Chip

Kata investasi sepertinya sudah nggak lagi asing terdengar ya. Mengingat, hampir seluruh kalangan – bahkan usia, semakin tertarik untuk menjalani kegiatan yang menguntungkan ini. Apakah lo juga termasuk salah satunya, bro?

Buat yang sudah berkecimpung di dunia investasi – pasti sudah familiar dengan berbagai istilah yang ada, seperti saham blue chip maupun LQ45. Meski sering dianggap sama, tetapi kedua kategori saham ini ternyata berbeda, lho – wajib lo ketahui nih!

Konon katanya, kategori saham blue chip lah yang terbilang relatif aman – bahkan cocok untuk para pemula. So, untuk yang sedang berminat untuk memulai investasi, saham ini bisa jadi pilihan yang serasi.

Saham blue chip juga tergolong relatif aman, lho. Jadi, buat yang masih awam sama dunia investasi – nggak perlu lagi ragu dalam memilih saham yang satu ini. Nah, biar lo makin mantap untuk memilihnya, baca ulasan lengkapnya sampai habis ya, bro!

 

Apa Itu Saham Blue Chip?

Saham Blue Chip

Credit image - idxchannel.com

Saham blue chip merupakan saham yang dimiliki oleh perusahaan – dan pastinya memiliki kualitas saham yang sudah terjamin. Bahkan, perusahaan yang memiliki saham tersebut biasanya merupakan pemimpin pasar, hingga sudah dianggap capable dalam menjalani usahanya.

Selain punya kualitas yang terjamin, saham yang termasuk dalam kategori blue chip juga memiliki track-record yang konsisten, lho – apalagi, kalau lo berminat untuk berinvestasi dalam jangka panjang. Hal inilah yang membuat saham blue chip jadi favorit banyak investor.

Well, dengan kualitas terjamin dan performa yang konsisten – nggak heran kalau blue chip jadi kategori saham yang paling digandrungi. Lo juga termasuk nggak nih, bro?

 

Keuntungan Saham Blue Chip yang Wajib Lo Ketahui!

Saham Blue Chip

Credit image – bisnis.tempo.co

Setiap orang yang berinvestasi – termasuk lo, pasti menginginkan hasil alias keuntungan tinggi. Setuju kan, bro? Hal ini ternyata bisa diperoleh dengan berinvestasi dalam saham blue chip, lho. Saham ini dapat lebih stabil dalam menghadapi dinamika pasar – so, risiko harga saham turun drastis atau bahkan rugi bisa dihindari.

Meski punya hanya beli yang terbilang cukup tinggi, namun saham blue chip punya kemungkinan harga jual yang semakin tinggi pula. Tapi, keuntungan yang satu ini – bakalan semakin bisa dinikmati, ketika lo berinvestasi saham blue chip dalam jangka panjang.

Nggak berhenti sampai sini saja, bro. Saham blue chip masih punya keuntungan lainnya, seperti perusahaan pemilik saham akan memberi dividen yang rutin dan pasti. Dijamin bikin makin tertarik untuk investasi ya!

 

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Blue Chip dengan LQ45

Saham Blue Chip

Credit image - idxchannel.okezone.com

Selain saham blue chip, ada pula LQ45. Sering dianggap hal yang sama, tetapi kedua jenis saham tersebut memiliki perbedaan, lho. Sebenarnya, nggak semua saham LQ45 bisa disebut sebagai blue chip. Umumnya, blue chip memiliki kapitalisasi pasar yang besar, serta sudah menjadi market leader di bidangnya.

Hal lain yang perlu lo ketahui – saham blue chip juga relatif lebih lama berada di pasar modal dan perusahaan terkait. Apalagi, kalau saham tersebut sudah mengalami peningkatan keuntungan dan perkembangan secara signifikan.

Saham blue chip juga punya karakterisik unik lainnya, seperti rasio utang dan aset yang stabil. Misalnya, blue chip yang ada di sektor perbankan, umumnya memiliki Debt to Equity Ratio yang nggak lebih dari 15 persen.

Saham yang termasuk dalam kategori ini juga punya performa yang konsisten – termasuk dalam membagi dividen kepada para investornya. Dan, saham blue chip juga punya kinerja yang solid – sehingga, saham ini hanya dimiliki oleh perusahaan yang dapat meraih laba rutin tiap tahun.

Gimana nih? Dari bahasan di atas, saham blue chip memang terbilang cukup aman dan menguntungkan ya. Nah, apakah lo makin tertarik untuk berinvestasi dalam kategori saham yang satu ini, bro?

 

Featured Image – caminofinancial.com

6 Deretan Game Jadul yang Serunya Masih Bisa Lo Nikmati

Fri, 26 February 2021
Game Jadul

Buat anak tahun 90an – memainkan game jadul baik melalui PlayStation, arcade, hingga Nintendo pasti jadi rutinitas yang nggak boleh dilewatkan ya. Berbagai permainan, mulai dari Crash Bandicoot, Tekken, hingga FIFA pun jadi favorit banyak anak muda.

Tapi sayangnya, sejumlah permainan yang hits di tahun 90an tersebut sudah jarang ditemui – Bahkan, justru sudah tergantikan dengan permainan yang memiliki grafis serta gameplay lebih modern. Namun, hal ini justru membuat orang makin merindukan berbagai game jadul, lho!

Nggak bisa dipungkiri, bermain game jadul memang bisa memberi rasa kebahagiaan tersendiri. Setuju kan, bro? Untungnya, sekarang game 90an tersebut sudah bisa dimainkan kembali nih. Sudah siap bernostalgia?

Di ulasan kali ini, MLDSPOT bakal kasih 6 rekomendasi game jadul yang masih bisa dinikmati. Simak ulasannya sampai habis ya, bro!

 

Mega Man

Game Jadul

Credit Image - awn.com

Mega Man merupakan video game jadul asal Jepang yang memiliki genre Sci-Fi – nggak diragukan, permainan ini sangat diminati pada masanya! Dulunya, Mega Man dapat dimainkan melalui Nintendo, tapi sekarang sudah cukup banyak mobile game yang mirip dengan permainan ini.

Di sini, para pemain diminta untuk menjelajahi berbagai tempat, mengumpulkan poin, dan melawan semua monster yang ada. Dalam versi modern, Mega Man tersedia dalam berbagai seri yang bisa lo download lewat Play Store dan App Store ya.

 

Scrabble

Kalau lo suka bermain boardgame, salah satunya seperti Scrabble – permainan ini sudah bisa kembali dinikmati nih. Scrabble sendiri merupakan game jadul yang mengharuskan pemainnya untuk menyusun kata. Sudah populer sejak dahulu, lho!

Nggak lagi harus repot menyiapkan papan permainan – Scrabble sudah bisa dimainkan melalui aplikasi yang bisa didownload langsung melalui smartphone. Biar makin seru, langsung aja ajak teman untuk bermain Scrabble.

Tertarik memainkan game jadul ini, bro?

 

Sonic the Hedgehog Classic

Game Jadul

Credit Image - gameinformer.com

Wah, game jadul dan klasik yang satu ini – juga nggak kalah hits di tahun 90an. Yakin deh, lo pasti mengenal bahkan pernah memainkannya. Yup, apalagi kalau bukan Sonic The Hedgehog Classic – salah satu game keluaran SEGA yang populer.

Jika dahulu Sonic dapat dimainkan melalui PlayStation aja – kini, game jadul tersebut dapat diakses melalui iPhone dan Android. Lebih mudah kan, bro? Nah, yang bikin makin terasa nostalgianya, versi Sonic modern masih sama dengan yang dahulu – baik dari segi grafis maupun gameplay.

 

Street Fighter IV Champion Edition

Apakah lo seorang pecinta arcade game di tahun 90an? Pasti mengenal game jadul yang satu ini, yaitu Street Fighter IV Champion Edition. Di sini, para permain diharuskan untuk bertanding melawan berbagai macam karakter. Habiskan energi lawan – dan, lo pun dapat memenangkan permainan!

Buat yang kangen dengan game Street Fighter, nggak perlu bersedih – karena, game ini sudah bisa dimainkan kembali melalui smartphone secara gratis. Bermainnya juga lebih praktis, nggak memerlukan controller lagi.

 

PAC-MAN

Game Jadul

Credit Image - bobo.grid.id

Anak tahun 90an juga pasti sering memainkan game jadul ini – PAC-MAN merupakan permainan yang cukup populer pada masanya. Bahkan, game ini sudah ada sejak tahun 80an! Wah, udah lama banget ya?

Sekarang, PAC-MAN kembali hadir di layar smartphone, baik Android maupun iPhone. Tampilan game-nya pun nggak ada yang berubah, baik dari sisi pengaturan, grafis, konsep, hingga tantangan dalam permainannya. Dijamin, makin berasa nostalgianya, bro!

 

Mario Kart Tour

Jadi salah satu racing game yang paling populer di awal tahun 90an – lebih tepatnya di tahun 1992, Mario Kart menjadi game jadul terfavorit nih. Dahulu, permainan ikonik ini dapat diakses melalui Nintendo.

Kembali hadir, sekarang Mario Kart sudah bisa dimainkan melalui smartphone – lo hanya perlu download aplikasinya melalui Play Store atau App Store saja ya! Jika dibandingkan dengan versi original, Mario Kart masa kini hadir dengan rute baru dan grafis yang makin apik.

Itulah ketujuh rekomendasi game jadul yang masih bisa dinikmati. Kalau lo paling rindu game yang mana nih, bro?

 

Featured Image - theverge.com