Menikmati Musik dari Gramofon Sampai Aplikasi: Mana Yang Lebih Asik? - MLDSPOT
  • Buzz
  • Menikmati Musik dari Gramofon Sampai Aplikasi: Mana Yang Lebih Asik?

Menikmati Musik dari Gramofon Sampai Aplikasi: Mana Yang Lebih Asik?

Wed, 17 February 2021
Gramofon

Akibat perkembangan teknologi yang semakin berkembang, menikmati musik sekarang juga bisa punya banyak pilihan. Kalo dulu nikmatin musik cuma dari gramofon, turntable, pake kaset, walkman, sampai sekarang bisa dengan mudahnya download di handphone dan bisa dinikmatin kapan aja.

Medium untuk mendengarkan musik sekarang menjadi sangat luas – dari gromofon sampai aplikasi musik, semuanya pasti punya keunikan masing-masing dan punya cara menariknya sendiri dalam menikmati musik. Bahkan di saat sudah ada aplikasi sekarang, gramofon juga masih punya banyak peminatnya.

Sama halnya seperti daya tarik, dari gramofon sampai aplikasi punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tapi kalau dibandingkan, sebenarnya mana sih yang lebih banyak diminati dan lebih asik untuk dinikmati?

Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya, bro!

Gramofon: Medium yang Masih Diminati

Gramofon

Credit image - Allposters

Medium yang satu ini seringkali disamakan dengan Turntable. Meskipun sama-sama media yang menggunakan piringan hitam untuk mendengarkan musik, tapi ternyata gramofon berumur le4bih ‘tua’ dari turntable itu sendiri.

Mendengarkan musik dari gramofon juga belum membutuhkan energi listrik, melainkan harus memutar sendi di samping gramofon untuk membuat piringan hitam memutar musik dari gramofon ini. Yang menariknya lagi, gramofon nggak membutuhkan speaker dan amplifier untuk mendengarkan lagunya – dan medium ini juga dianggap sebagai medium musik bagi kaum menengan ke atas

Kualitas suara yang dihasilkan oleh musik dari gramofon nggak sebagus dengan musik-musik yang ada saat ini, tapi bukan berarti medium yang satu ini udah nggak diminati lagi. Nyatanya, sampai saat ini pun masih banyak, bro!

Hal ini dikarenakan masih banyaknya orang yang memilih medium musik yang klasik dengan suara yang klasik juga. Jadi kalau ditanya kenapa masih diminati, mungkin gramofon yang berumur sudah panjang dan punya nilai klasik dan keunikannya tersendiri.

Teknologi Pita Suara: Awal Mula Kaset dan CD

Setelah gramofon dan turntable, di generasi selanjutnya lahir penemuan teknologi pita suara yang akhirnya menjadi jawaban dari kalangan menengah yang ingin menikmati musik. Kehadiran pita suara ini yang melahirkan terciptanya kaset dan CD.

Alat pemutar kaset dan CD atau walkman dijual dengan sangat terjangkau dan menjadi jalan keluar bagi pecinta musik yang saat itu nggak punya privilege untuk membeli gramofon maupun turntable. Kejayaan kaset dan CD mencapai puncaknya ditahun 90-an, dimana musik-musik Indonesia sudah banyak memproduksi kaset dan CD musik berkualitas.

Kualitas suara yang dihasilkan oleh kaset dan CD pun punya kualitas yang baik dan nyaman untuk dikonsumsi – mengingat harganya yang terjangkau dan mudah ditemukan.

Yang Saat Ini Masif: Aplikasi Musik

Gramofon

Credit image – The Verge

Setelah kehadiran gramofon, turntable, lalu disusul oleh  kaset dan CD, teknologi berkembang semakin cepat dan pesat – yang dimana hal ini juga dirasakan dalam industri musik.

Seiring berkembangnya teknologi informasi, industri musik pun ikut berkembang dengan kelahiran aplikasi musik di era ini. Namun sebelum aplikasi hadir, ada sebuah situs musik yang menyediakan lagu-lagu yang bisa di download dan dimasukan ke dalam galeri musik handphone. Namun saat itu kehadirannya banyak menuai pro dan kontra – lantaran belum memiliki legal yang jelas apakah sudah memiliki izin dari sang empunya musik atau belum.

Setelah kehadiran sosial media, akhirnya hadir pula aplikasi musik yang juga memiliki fitur di sosial media – seperti Spotify, Deezer, Apple Music, Joox, dan lain-lainnya. Aplikasi musik ini sudah memiliki cara legal untuk memasarkan musik yang tersedia – sehingga nggak ada lagi pihak yang dirugikan.

Dengan perkembangan ini pastinya disambut baik, karena dengan satu perangkat aja lo udah bisa dengerin musik tanpa harus menambah perangkat lainnya – nggak kayak waktu pake gramofon dan walkman dulu.

Memakan waktu yang lama buat para penikmat musik bisa menikmati musik dengan cara yang mudah dan compatible. Pastinya kemudahan menikmati musik lewat aplikasi sudah dianggap lebih simpel – tapi kalau lebih asik, sepertinya semua tergantung dari masing-masing orang ya, bro.

Gramofon yang klasik, kaset yang lebih mudah dicari, lewat aplikasi juga mudah digunakan dan simpel – jadi, mana nih yang membuat lo lebih asik, bro?

 

Feature image – Video Hive

 

6 Deretan Game Jadul yang Serunya Masih Bisa Lo Nikmati

Fri, 26 February 2021
Game Jadul

Buat anak tahun 90an – memainkan game jadul baik melalui PlayStation, arcade, hingga Nintendo pasti jadi rutinitas yang nggak boleh dilewatkan ya. Berbagai permainan, mulai dari Crash Bandicoot, Tekken, hingga FIFA pun jadi favorit banyak anak muda.

Tapi sayangnya, sejumlah permainan yang hits di tahun 90an tersebut sudah jarang ditemui – Bahkan, justru sudah tergantikan dengan permainan yang memiliki grafis serta gameplay lebih modern. Namun, hal ini justru membuat orang makin merindukan berbagai game jadul, lho!

Nggak bisa dipungkiri, bermain game jadul memang bisa memberi rasa kebahagiaan tersendiri. Setuju kan, bro? Untungnya, sekarang game 90an tersebut sudah bisa dimainkan kembali nih. Sudah siap bernostalgia?

Di ulasan kali ini, MLDSPOT bakal kasih 6 rekomendasi game jadul yang masih bisa dinikmati. Simak ulasannya sampai habis ya, bro!

 

Mega Man

Game Jadul

Credit Image - awn.com

Mega Man merupakan video game jadul asal Jepang yang memiliki genre Sci-Fi – nggak diragukan, permainan ini sangat diminati pada masanya! Dulunya, Mega Man dapat dimainkan melalui Nintendo, tapi sekarang sudah cukup banyak mobile game yang mirip dengan permainan ini.

Di sini, para pemain diminta untuk menjelajahi berbagai tempat, mengumpulkan poin, dan melawan semua monster yang ada. Dalam versi modern, Mega Man tersedia dalam berbagai seri yang bisa lo download lewat Play Store dan App Store ya.

 

Scrabble

Kalau lo suka bermain boardgame, salah satunya seperti Scrabble – permainan ini sudah bisa kembali dinikmati nih. Scrabble sendiri merupakan game jadul yang mengharuskan pemainnya untuk menyusun kata. Sudah populer sejak dahulu, lho!

Nggak lagi harus repot menyiapkan papan permainan – Scrabble sudah bisa dimainkan melalui aplikasi yang bisa didownload langsung melalui smartphone. Biar makin seru, langsung aja ajak teman untuk bermain Scrabble.

Tertarik memainkan game jadul ini, bro?

 

Sonic the Hedgehog Classic

Game Jadul

Credit Image - gameinformer.com

Wah, game jadul dan klasik yang satu ini – juga nggak kalah hits di tahun 90an. Yakin deh, lo pasti mengenal bahkan pernah memainkannya. Yup, apalagi kalau bukan Sonic The Hedgehog Classic – salah satu game keluaran SEGA yang populer.

Jika dahulu Sonic dapat dimainkan melalui PlayStation aja – kini, game jadul tersebut dapat diakses melalui iPhone dan Android. Lebih mudah kan, bro? Nah, yang bikin makin terasa nostalgianya, versi Sonic modern masih sama dengan yang dahulu – baik dari segi grafis maupun gameplay.

 

Street Fighter IV Champion Edition

Apakah lo seorang pecinta arcade game di tahun 90an? Pasti mengenal game jadul yang satu ini, yaitu Street Fighter IV Champion Edition. Di sini, para permain diharuskan untuk bertanding melawan berbagai macam karakter. Habiskan energi lawan – dan, lo pun dapat memenangkan permainan!

Buat yang kangen dengan game Street Fighter, nggak perlu bersedih – karena, game ini sudah bisa dimainkan kembali melalui smartphone secara gratis. Bermainnya juga lebih praktis, nggak memerlukan controller lagi.

 

PAC-MAN

Game Jadul

Credit Image - bobo.grid.id

Anak tahun 90an juga pasti sering memainkan game jadul ini – PAC-MAN merupakan permainan yang cukup populer pada masanya. Bahkan, game ini sudah ada sejak tahun 80an! Wah, udah lama banget ya?

Sekarang, PAC-MAN kembali hadir di layar smartphone, baik Android maupun iPhone. Tampilan game-nya pun nggak ada yang berubah, baik dari sisi pengaturan, grafis, konsep, hingga tantangan dalam permainannya. Dijamin, makin berasa nostalgianya, bro!

 

Mario Kart Tour

Jadi salah satu racing game yang paling populer di awal tahun 90an – lebih tepatnya di tahun 1992, Mario Kart menjadi game jadul terfavorit nih. Dahulu, permainan ikonik ini dapat diakses melalui Nintendo.

Kembali hadir, sekarang Mario Kart sudah bisa dimainkan melalui smartphone – lo hanya perlu download aplikasinya melalui Play Store atau App Store saja ya! Jika dibandingkan dengan versi original, Mario Kart masa kini hadir dengan rute baru dan grafis yang makin apik.

Itulah ketujuh rekomendasi game jadul yang masih bisa dinikmati. Kalau lo paling rindu game yang mana nih, bro?

 

Featured Image - theverge.com