Sering Dianggap Biasa, Ini Keajaiban Foto Monokrom Beserta Tipsnya! - MLDSPOT
  • Buzz
  • Sering Dianggap Biasa, Ini Keajaiban Foto Monokrom Beserta Tipsnya!

Sering Dianggap Biasa, Ini Keajaiban Foto Monokrom Beserta Tipsnya!

Tue, 02 February 2021
Bukan sekedar hitam putih, ini keistimewaan dari hasil foto monokrom! Simak selengkapnya di sini, bro!

Sejak 5 tahun kebelakang, sepertinya fotografi memiliki peningkatan peminat yang cukup tinggi. Berangkat dari kamera-kamera mirrorless yang mulai menjamur, lalu kehadiran kembali kamera analog juga ikut berperan dalam meningkatkan hype dari fotografi ini.

Mulai dari kamera analog, akhirnya para penikmat fotografi mulai menyukai warna yang berbeda dari foto yang dihasilkan oleh kameranya. Seperti hasil lomo, retro, dan monokrom. Sering dianggap kuno dan tidak menarik, ternyata monokrom punya keistimewaan yang nggak diketahui banyak orang, bro!

Warna dan tekstur memang menjadi hal yang utama dari hasil foto. Meskipun cuma berwarna hitam dan putih – monokrom juga bisa menghasilkan foto yang menarik. Daripada lo menerka-nerka hal yang membuat foto monokrom menarik, lebih baik simak artikel ini sampai habis ya!

Permainan Warna Hitam dan Putih

Bukan sekedar hitam putih, ini keistimewaan dari hasil foto monokrom! Simak selengkapnya di sini, bro!

Credit image – Moto GP 2019-2020

Dalam mengambil sebuah gambar monokrom ternyata memang memiliki treatment yang berbeda dari sekedar mengambil gambar dengan warna yang colorfull. Tapi sepertinya di artikel ini kita harus mengabaikan warna dahulu – karena pada pengambilan gambar monokrom, lo bisa mendapatkan hasil foto yang lebih ‘natural’ dan memiliki makna tersendiri.

Warna hitam dan putih dalam sebuah foto monokrom akan memperlihatkan garis, bayangan, dan bentuk dari sebuah foto yang lebih kuat – sehingga hasil dari foto monokrom akan terlihat lebih tajam pada warna hitam sendiri.

Warna putih dalam foto monokrom memiliki peran sebagai penyeimbang dari hasil foto, sehingga foto yang dihasilkan akan lebih hidup – perpaduan kedua warna ini akan menjadi selaras dan elegan apabila memiliki pencahayaan yang cukup.

Matahari dalam Foto Monokrom

Dalam mengabadikan foto yang akan menghasilkan warna yang monokrom, pastinya lo harus memerhatikan komposisi lebih banyak tajam. Masalahnya, setiap foto monokrom akan memiliki kontras yang sedikit lebih terang pada tempat yang juga terpapar sinar matahari.

Waktu yang ideal dalam mengambil gambar monokrom adalah pada saat matahari terbit atau sebelum matahari terbenam – jadi foto yang dihasilkan pencahayaannya akan pas. Kontras juga didapatkan dari keseimbangan yang tepat dari foto yang diambil.

Hal ini juga berlaku dalam pengambilan gambar dalam ruangan, pastikan cahaya yang ada tidak berlebihan dan juga tidak kurang. Well – pada dasarnya dalam mengambil gambar pasti membutuhkan cahaya yang seimbang, kan?

Iso Rendah, Hasilnya Merekah!

Bukan sekedar hitam putih, ini keistimewaan dari hasil foto monokrom! Simak selengkapnya di sini, bro!

Credit image – Expert Photography

Pada pengambilan gambar monokrom, lebih baik lo menggunakan kamera yang bisa mengatur ISO dari kamera yang lo gunakan secara manual – pasalnya, ISO rendah merupakan salah satu kunci foto monokrom bisa terlihat ciamik.

Dengan ISO yang rendah, hasil foto monokrom akan terlihat lebih smooth. Sifat dari foto monokrom adalah noise akan terlihat lebih jelas, sehingga tekstur berbintik akan semakin terlihat. Dengan ISO yang rendah ini, maka noise akan sedikit teredamkan.

Tapi foto yang memiliki noise tinggi juga sekarang semakin diminati – jadi sesuaikan aja sama pengaturan yang paling cocok dengan lo ya, bro!

Setelah membaca keistimewaan dari sebuah gambar monokrom, apakah lo berminat untuk mencoba mengambil foto dengan hasil yang monokrom, bro? Selain hasilnya yang unik, teknik pengambilannya yang nggak sembarangan ini juga bisa jadi pengalaman baru dalam hunting foto.

Atau, lo adalah pengguna kamera analog? Kalau memang lo adalah yang kedua – tinggal sikat beli film, nya aja deh, bro. Dijamin nggak akan nyesel!

 

Feature image - Unsplash

6 Deretan Game Jadul yang Serunya Masih Bisa Lo Nikmati

Fri, 26 February 2021
Game Jadul

Buat anak tahun 90an – memainkan game jadul baik melalui PlayStation, arcade, hingga Nintendo pasti jadi rutinitas yang nggak boleh dilewatkan ya. Berbagai permainan, mulai dari Crash Bandicoot, Tekken, hingga FIFA pun jadi favorit banyak anak muda.

Tapi sayangnya, sejumlah permainan yang hits di tahun 90an tersebut sudah jarang ditemui – Bahkan, justru sudah tergantikan dengan permainan yang memiliki grafis serta gameplay lebih modern. Namun, hal ini justru membuat orang makin merindukan berbagai game jadul, lho!

Nggak bisa dipungkiri, bermain game jadul memang bisa memberi rasa kebahagiaan tersendiri. Setuju kan, bro? Untungnya, sekarang game 90an tersebut sudah bisa dimainkan kembali nih. Sudah siap bernostalgia?

Di ulasan kali ini, MLDSPOT bakal kasih 6 rekomendasi game jadul yang masih bisa dinikmati. Simak ulasannya sampai habis ya, bro!

 

Mega Man

Game Jadul

Credit Image - awn.com

Mega Man merupakan video game jadul asal Jepang yang memiliki genre Sci-Fi – nggak diragukan, permainan ini sangat diminati pada masanya! Dulunya, Mega Man dapat dimainkan melalui Nintendo, tapi sekarang sudah cukup banyak mobile game yang mirip dengan permainan ini.

Di sini, para pemain diminta untuk menjelajahi berbagai tempat, mengumpulkan poin, dan melawan semua monster yang ada. Dalam versi modern, Mega Man tersedia dalam berbagai seri yang bisa lo download lewat Play Store dan App Store ya.

 

Scrabble

Kalau lo suka bermain boardgame, salah satunya seperti Scrabble – permainan ini sudah bisa kembali dinikmati nih. Scrabble sendiri merupakan game jadul yang mengharuskan pemainnya untuk menyusun kata. Sudah populer sejak dahulu, lho!

Nggak lagi harus repot menyiapkan papan permainan – Scrabble sudah bisa dimainkan melalui aplikasi yang bisa didownload langsung melalui smartphone. Biar makin seru, langsung aja ajak teman untuk bermain Scrabble.

Tertarik memainkan game jadul ini, bro?

 

Sonic the Hedgehog Classic

Game Jadul

Credit Image - gameinformer.com

Wah, game jadul dan klasik yang satu ini – juga nggak kalah hits di tahun 90an. Yakin deh, lo pasti mengenal bahkan pernah memainkannya. Yup, apalagi kalau bukan Sonic The Hedgehog Classic – salah satu game keluaran SEGA yang populer.

Jika dahulu Sonic dapat dimainkan melalui PlayStation aja – kini, game jadul tersebut dapat diakses melalui iPhone dan Android. Lebih mudah kan, bro? Nah, yang bikin makin terasa nostalgianya, versi Sonic modern masih sama dengan yang dahulu – baik dari segi grafis maupun gameplay.

 

Street Fighter IV Champion Edition

Apakah lo seorang pecinta arcade game di tahun 90an? Pasti mengenal game jadul yang satu ini, yaitu Street Fighter IV Champion Edition. Di sini, para permain diharuskan untuk bertanding melawan berbagai macam karakter. Habiskan energi lawan – dan, lo pun dapat memenangkan permainan!

Buat yang kangen dengan game Street Fighter, nggak perlu bersedih – karena, game ini sudah bisa dimainkan kembali melalui smartphone secara gratis. Bermainnya juga lebih praktis, nggak memerlukan controller lagi.

 

PAC-MAN

Game Jadul

Credit Image - bobo.grid.id

Anak tahun 90an juga pasti sering memainkan game jadul ini – PAC-MAN merupakan permainan yang cukup populer pada masanya. Bahkan, game ini sudah ada sejak tahun 80an! Wah, udah lama banget ya?

Sekarang, PAC-MAN kembali hadir di layar smartphone, baik Android maupun iPhone. Tampilan game-nya pun nggak ada yang berubah, baik dari sisi pengaturan, grafis, konsep, hingga tantangan dalam permainannya. Dijamin, makin berasa nostalgianya, bro!

 

Mario Kart Tour

Jadi salah satu racing game yang paling populer di awal tahun 90an – lebih tepatnya di tahun 1992, Mario Kart menjadi game jadul terfavorit nih. Dahulu, permainan ikonik ini dapat diakses melalui Nintendo.

Kembali hadir, sekarang Mario Kart sudah bisa dimainkan melalui smartphone – lo hanya perlu download aplikasinya melalui Play Store atau App Store saja ya! Jika dibandingkan dengan versi original, Mario Kart masa kini hadir dengan rute baru dan grafis yang makin apik.

Itulah ketujuh rekomendasi game jadul yang masih bisa dinikmati. Kalau lo paling rindu game yang mana nih, bro?

 

Featured Image - theverge.com