Setelah 75 Tahun Eksis, Ini Alasan Kenapa Vespa Masih Banyak Diminati! - MLDSPOT
  • Buzz
  • Setelah 75 Tahun Eksis, Ini Alasan Kenapa Vespa Masih Banyak Diminati!

Setelah 75 Tahun Eksis, Ini Alasan Kenapa Vespa Masih Banyak Diminati!

Thu, 29 April 2021
Vespa 75 Tahun

Tepat tanggal 23 April 2021, Vespa baru aja ngerayain hari jadinya nih, bro. Selamat ulang tahun Vespa yang ke-75 tahun! Selama 75 tahun, motor ikonik asal Italia ini udah diproduksi sebanyak 19 juta unit Vespa dan didistribusikan di 83 negara. Wow gokil banget ya, bro.

Vespa berevolusi secara terus-menerus dan konsisten menghadirkan produk dengan teknologi terkini. Kesuksesan Vespa diukur lebih dari 1 juta dan 800 ribu kendaraan diproduksi dalam sepuluh tahun terakhir.

Nggak bisa dipungkiri kalo mengendarai Vespa di jalanan ibu kota adalah hal yang menyenangkan, terlebih kalo lo termasuk penggemar skuter ini, bro. Meski udah banyak motor skuter yang hadir di Indonesia, Vespa masih jadi pilihan.

Usut punya usut, mengendarai Vespa ternyata nggak cuma soal hobi aja. Tapi juga lo bisa tampil keren sekaligus jadi pusat perhatian? Daripada penasaran mending lo simak artikel MLDSPOT kali ini, bro, bahas alasan kenapa Vespa masih banyak diminta hingga sekarang.

Selalu Ada Inovasi Baru

Vespa 75 Tahun

Credit image - nytimes.com

Buat lo yang belum tau, model Vespa pertama ada di April 1946 yang menyajikan sisi fungsional dan inovatif diperkenalkan ke masyarakat umum di Roma. Bodi depannya dilengkapi dengan lambang Piaggio bermesin 98 cc, 2-tak, 1-silinder, pengabut karburator jadi tonggak awal kesuksesan nama Vespa.

Untuk menjaga eksistensinya di pasaran, Vespa terus berinovasi hingga menghadirkan beberapa produk lainnya. Di tahun 1996 munculah Vespa dengan teknologi modern untuk sebuah motor yang sekarang lo kenal dengan sistem pengabut injeksi dan diberi nama Vespa ET2.

Di hari jadi ke-75 kemarin, Vespa meluncurkan model spesial yang membalut desain keluarga GTS dan Primavera.  semua bodi dilabur dengan warna menarik yakni Metallic Yellow yang disebutkan pabrikan sebagai "Giallo 75th". Unitnya pun terbatas cuma sampai akhir tahun ini aja, tapi sayangnya pasar Indonesia belum kedapatan. Semoga bisa segera masuk secepatnya ya, bro!

Nyaman dan Aman saat Berkendara

Keselamatan adalah kunci saat berkendara dan juga hal yang nggak boleh diabaikan, termasuk lalu lintas. Nah, Vespa keselamatan lo lebih terjamin di jalan raya. Bahan dasar Vespa adalah pelat baja. Ditambah dengan bentuk bodi bagian samping yang bulat dan lebar, lo jadi terlindungi kalo suatu saat terjatuh di jalan.

Selain itu, ketika bawa Vespa lo yang unik, pasti lo nggak bakal kebut-kebutan. Ya, untuk apa kebut-kebutan? Vespa bisa juga, sih, dibawa kebut-kebutan, tapi para pengguna Vespa kebanyakan, lebih nyaman berkendara dengan kecepatan sedang. Soalnya, orang-orang jadi bisa lebih lama merhatiin motor mereka yang unik.

Bikin Lo Punya Banyak Teman

Vespa 75 Tahun

Credit image - Pinterest

Punya banyak teman itu menyenangkan. Dan, kalau naik Vespa, teman lo bakal bertambah banyak dalam waktu singkat. Seorang pengendara Vespa pasti menganggap orang lain yang juga naik Vespa sebagai temannya. Itu udah jadi tradisi sejak dahulu kala, persaudaraan di antara pengendara Vespa memang kuat banget.

Suatu hal yang nggak asing juga, misalkan tiba-tiba ada pengendara Vespa lain yang nyapa lo atau ngebantu lo kalo ada masalah di jalan. Lo juga pasti akan berbuat begitu kalau nemuin sesama pembawa Vespa lagi ada trouble. Itu udah jadi budaya bagi para pengendara Vespa. Dan, sadar nggak sadar, lo bakal jadi seorang makhluk sosial senang dengan kebersamaan.

Lo Jadi Mandiri dan Kreatif

Kalo lo adalah pecinta Vespa, pasti lo setuju kalo ngerawat skuter ini nggak gampang? Gak seperti motor bebek atau motor skuter berbasis matic, vespa itu memang cukup susah dirawatnya. Namun, justru itu kelebihan motor klasik ini.

Ketika nggak ada siapa pun yang bisa dimintain tolong, lo harus urus sendiri Vespa lo. Nggak mungkin kan? ngedorong motor yang beratnya lebih dari 105 kg ke bengkel terdekat entah di mana? Nah, hal ini dijamin akan ngasah lo jadi pribadi yang mandiri dan lebih terencana.

Lo nggak cuma dituntut bisa berkendara aja dengan Vespa, tapi juga wajib kreatif terlebih jika mengalami masalah di tengah jalan. Saking tuanya mesin dan susahnya spare part dari Vespa dicari, maka saat kerusakan terjadi kamu wajib bisa memperbaikinya sendiri dan dengan cara-cara yang kreatif.

Vespa emang punya desain yang bagus dan berbeda daripada yang lain. Selain jadi pusat perhatian ketika ada di jalan, naik Vespa juga bikin lo percaya diri dan terlihat unik, bro.

 

Featured image - Fathomaway

 

 

 

 

 

 

 

Aset Digital bisa Dilindungi, Bro: Kenalan sama NFT Crypto Ini Deh

Wed, 12 May 2021
Crypto

Lo tentunya setuju, bro, kalo aset kripto memang bisa dibilang serba bisa. Selain memiliki kegunaan sebagai alat transaksi di beberapa merchant dan instrumen investasi, aset kripto juga bisa dimanfaatkan sebagai barang koleksi.

Aset kripto tersebut biasanya berupa Non-Fungible Token (NFT) adalah jenis aset digital yang lagi populer. Dikutip Coindesk, sejak November 2017, ada sekitar 174 juta dolar AS yang dibelanjakan untuk NFT. Jumlah tersebut setara dengan Rp 2,4 triliun. Wow angka yang fantastis kan, bro?

Memangnya, apa sebenarnya yang dimaksud dengan NFT? Kalo lo mau lebih paham dengan jenis aset digital ini, mendingan lo baca artikel MLDSPOT kali ini sampai tuntas, bro!

Aset Digital yang Lagi Popular

Aset Non-fungible Token atau NFT mendadak jadi bahan pembicaraan. Penyebabnya banyak pihak yang menjual aset digitalnya dengan harga hingga miliaran rupiah. Meskipun udah ada dari tahun 2014, NFT kini semakin terkenal karena dianggap sebagai cara yang praktis buat membeli dan menjual karya seni digital.

Lalu, apa itu NFT? Well, kalo dalam ilmu ekonomi aset tersebut bisa ditukarkan dengan unit yang mudah dipertukarkan seperti uang. Tapi, apabila nggak bisa ditukar berarti objek tersebut memiliki sifat unik, bisa seperti rumah atau karya lukisan seperti Monalisa.

Sementara itu, dilansir dari laman Forbes.com, NFT adalah sebuah aset digital yang mewakili objek dunia nyata seperti lukisan, seni musik, item dalam game, hingga video pendek. Aset tersebut dibeli dan dijual secara online, seringkali dibayar dengan cryptocurrency, dan umumnya dikodekan menggunakan software dasar yang serupa dengan aset crypto lainnya.

Nggak Punya Nilai Tukar

Crypto

Credit image - voi.id

Buat lo yang belum tau, satu NFT punya keunikan tersendiri dan dijual dengan harga yang berbeda, nilai sebuah aset NFT nggak bisa disamakan atau ditukarkan dengan aset NFT dan aset kripto lainnya. Aset semacam ini, bro, yang biasa disebut non-fungible (nggak bisa ditukarkan), berbeda dengan aset lainnya, seperti mata uang dollar AS, Ethereum, atau Bitcoin yang bersifat fungible.

Misalnya gini, lo jual mobil dengan harga Rp 500 juta, maka harga mobil tersebut bakal setara dengan 34.700 dolar AS (1 dolar AS = Rp 14.300) atau 18,34 Ethereum (1 Ethereum = Rp 27 juta).

Sementara itu, nilai 1 aset NFT yang dibeli dengan harga Rp 500 juta nggak bisa disamakan dengan mobil yang punya harga yang sama, uang senilai 34.700 dolar AS atau koin sebanyak 18,34 Ethereum tadi.

Kalo bisa ditarik kesimpulan, NFT adalah aset digital yang bisa dimiliki secara eksklusif oleh seseorang dengan nilai yang bervariasi tergantung orang yang menjualnya. Inilah yang membuat sebuah aset NFT biasanya dilego atau berpindah kepemilikan melalui mekanisme lelang di berbagai platform online, seperti Nifty Gateway, Valuables, Foundation, Christie's, dan lain sebagainya.

Keunikkan Kode yang Ada di NFT

Sebenarnya sama aja seperti instrumen investasi maupun aset pada umumnya, namun keunikannya NFT adalah sebuah aset digital yang bisa mewakili berbagai macam barang berwujud maupun nggak berwujud

Kode unik dalam NFT membuat tiap token sulit untuk direplikasi. Sehingga kemungkinan adanya NFT palsu jadi lebih sulit. Karena, setiap barang bisa dilacak data historisnya, mulai dari pemilik terakhir, pemilik pertama, hingga penerbitnya saat token dirilis.

Selain Itu, seri kode unik dalam NFT juga memungkinkan pegiat aset kripto, yang punya hobi koleksi barang jadi lebih mudah untuk melakukan verifikasi. Nah, perbedaan dari kode unik membuat NFT bersifat langka, dan bagi kolektor, melengkapi koleksi adalah suatu hal yang mutlak, bro.

Royalti untuk Pekerja Seni

Crypto

Credit image - voi.id

NFT memberikan kesempatan bagi pekerja seni buat dapetin royalti lebih besar. Bagi seniman, NFT bisa menghilangkan peluang munculnya pasar sekunder atau calo. Selain itu, NFT juga mengurangi jumlah pihak-pihak lain yang menjadi middleman dalam proses penjualan.

Aset digital ini nggak cuma buat gamer dan kolektor aja, tapi juga bisa digunakan oleh seniman untuk menjual karya seni mereka ke khalayak luas. Di luar itu, ada pula real estate atau developer perumahan yang pakai teknologi NFT untuk melakukan lelang rumah secara langsung ke publik.

Dengan menggunakan NFT, seniman juga bisa menerima royalti lebih besar melalui penjualan kembali. Ketika karya seni digital mereka dijual kepada pemilik baru, dari situlah pencipta karya bisa mendapat persentase keuntungan penjualan.

Meski terbilang baru, NFT adalah jenis aset digital yang udah lama diperjualbelikan oleh masyarakat.

Di tahun 2021 aja, keberadaan NFT semakin populer di kalangan investor. 

Kalo lo punya uang lebih dan suka investasi cryptocurrency, mungkin NFT bisa jadi pilihan yang tepat. Anyway, setelah baca artikel tentang NFT crypto, tentunya lo jadi lebih paham mengenai aset digital yang satu ini kan, bro?

 

 

Featured image - currency.com