Tips Bikin CV yang Menarik: Biar Dilirik HRD, Bro! - MLDSPOT
  • Buzz
  • Tips Bikin CV yang Menarik: Biar Dilirik HRD, Bro!

Tips Bikin CV yang Menarik: Biar Dilirik HRD, Bro!

Fri, 22 January 2021
Jangan berlebihan, ini cara biar CV lo kelihatan menarik!

Untuk melamar kerja pastinya lo harus mempersiapkan banyak hal. Mulai dari mental, surat lamaran kerja, pakaian, dan yang paling penting adalah mempersiapkan CV (curriculum vitae).

Biar menciptakan kesan yang baik di mata HRD kantor yang akan menerima lo, pastinya lo harus membuat CV yang menarik. Apalagi di era new normal ini, pasti seleksi dalam memilih karyawan lebih ketat. Tapi sebenarnya, CV yang menarik itu kayak apa lo udah tau atau belum sih, bro?

Menarik sudah pasti harus kreatif. Tapi jangan sampe CV yang lo anggap menarik malah jadi nggak menarik di mata HRD – alias, lo harus tau batasan kreatifivitas CV yang menarik itu seperti apa.

Biar lo nggak salah, lebih baik simak artikel ini sampai habis ya, bro – biar CV yang lo pake untuk ngelamar kerjaan nggak sia-sia!

Memasukan Data yang Valid

Dalam membuat cv, pastikan lo memasukkan data diri yang valid alias sesuai dengan kartu identitas lo. Mulai dari nama, tanggal lahir, dan tempat tinggal. Hal ini penting agar data lo lebih mudah dikenali oleh si pembaca CV alias HRD.

Selain data diri pribadi, pastikan juga mengisi data valid lainnya. Seperti pendidikan, skill, riwayat pengalaman – hal ini sakral karena kalau lo nggak mengisinya dengan valid dan ketika ditanya lo nggak paham menjawabnya, bisa-bisa itu jadi boomerang untuk diri lo sendiri.

Kreatif Boleh, Tapi Jangan Berlebihan!

Jangan berlebihan, ini cara biar CV lo kelihatan menarik!

Credit image – Jason James Recruitment

Dalam membuat CV yang menarik, pasti lo berusaha membuatnya se-kreatif mungkin. Tapi untuk menjadi kreatif, lo juga harus melihat instansi yang lo tuju.

Kalau memang mau melamar di tempat yang membutuhkan skill kreativitas sebagai hal yang utama, lo bisa membuat CV yang menarik dengan cara membuat animasi, memainkan warna palet, menambahkan desain-desain menarik, atau membuat tema tersendiri pada CV lo.

Tapi kalau lo melamar ke tempat yang cenderung formal – ceperti PNS, BUMN, atau perusahaan besar yang sekiranya tidak membuat lo harus terlihat kreatif, cukup membuat CV dengan tone warna yang seimbang, nggak perlu banyak animasi atau desain tambahan – yang penting informasi mengenai diri lo sudah tercantum lengkap disana.

Menjadi kreatif emang tricky, jadi pastikan lo tau kemana CV lo akan ditujukan ya.

Penting: Jangan Sampai Typo!

Jangan berlebihan, ini cara biar CV lo kelihatan menarik!

Credit image – HR Grapevine

Kesalahan dalam menulis dan mengeja atau yang lebih dikenal sebagai typo, sekarang jadi permasalahan yang cukup kompleks. Jangankan untuk menulis CV, dalam menulis di sosial media atau chat sama temen lo aja pasti sering melakukan kesalahan ini.

Maka dari itu, dalam membuat CV pastikan lo nggak melakukan kesalahan ini ya. Bagi para HRD, membaca CV yang typo bisa sangat mengurangi penilaian di mata mereka. Nggak lucu kan, kalo sebenarnya lo mampu – tapi nggak bisa diterima karena CV lo typo?

Make it Simple: CV Bukan Esai!

Mungkin banyak hal yang ada dalam diri lo yang ingin lo tuangkan dalam CV, memang cara ini juga jadi salah satu hal yang membuat CV lo terlihat menarik. Tapi yang harus lo ingat, CV bukanlah esai – cukup tulis secukupnya aja.

CV yang panjang nggak menjamin lo akan diterima di sebuah perusahaan. Sesungguhnya, HRD hanya memerlukan data diri yang valid dan informasi yang cukup. Kalau ada yang mereka ingin lebih tahu tentang lo, mereka pasti bakal nanya pas interview kok!

Setelah membaca cara membuat CV yang menarik ini sepertinya kita bisa menarik benang merah – bahwa untuk menciptakan CV yang menarik, lo hanya perlu membuat semuanya menjadi cukup informatif. Jadi, apakah CV lo sudah cukup informatif, bro?

 

Feature image - Glassdoor

Biar Bisnis Makin Laris: Ini 10 Font Keren untuk Logo Bisnis Lo!

Thu, 08 April 2021
Font Keren untuk Logo

Pastinya lo setuju, bro, font memiliki peran penting dalam menciptakan logo bisnis lo. Dengan menggunakan font keren, logo bisnis lo bakal lebih sedap dipandang. Kontennya pun akan lebih mudah dibaca dan dipahami.

Apakah lo lagi mendesain logo bisnis? Butuh font keren yang bisa bikin orang tertarik dan betah melihat konten-konten bisnis lo? Kebetulan sekali! Di artikel ini MLDSPOT bakalan bahas rekomendasi jenis font yang bisa lo gunain biar bisnis lo makin laris. Baca sampai tuntas ya, bro.

Rigatoni

Yang pertama adalah rigatoni, font yang didesain oleh Ale Paul ini cocok banget untuk digunakan dalam desain buku menu makanan restoran dan kemasan makanan. Bentuknya menampilkan kesan vintage. Well, mungkin lo sering melihat font ini pada desain buku menu restoran pasta.

Timberline

Font Keren untuk Logo

Credit image - fontshop  

Dengan tulisan tangan yang melengkung indah ini, membuat font Timberline terlihat sangat berkarakter, memberi kesan sebagai tempat yang sangat menyenangkan untuk bersantai. Font ini sangat cocok untuk bisnis kuliner dengan berbagai jenis tempat makan seperti; kedai burger, café, dan sebagainya.

Giaza Pro

Font ini memiliki karakter yang tampak tegas, namun nggak terlalu kaku, karena memiliki lekukan halus pada setiap hurufnya. Buat lo yang pengen memberi kesan ‘mewah’ dan elegan, Giaza Pro dapat menjadi pilihan font yang cocok bagi logo bisnis, bro.

Thirsty Soft

Font Keren untuk Logo

Credit image - fontspring.com

Font Thirsty Soft adalah font Thirsty Script yang bentuknya bulat dan terkesan lebih hangat dan vintage.

Kalo lo gunakan font ini dalam logo bisnis, bisa memberikan kesan, serta tempat yang nyaman untuk bersantai sambil ngemil dan minum kopi. Font ini sangat cocok untuk digunakan dalam desain menu makanan café dan kedai es krim.

Playfair Display

Font Playfair Display memiliki gaya klasik abad ke-18. Font ini diterbitkan oleh Claus Eggers Sørensen di Google Font pada tahun 2011. Font ini memiliki ciri khas, berupa garis kontras yang tinggi dengan menampilkan karakter gaya persuasive, sehingga terkesan vintage dan elegan. Cocok banget nih buat lo yang suka tampil mewah dan aesthetic, bro

Handwritten

Jenis font Handwritten sangat identik dengan model tulisan tangan latin bergaya klasik. Bentuknya juga bermacam-macam seperti dibuat menggunakan kuas atau spidol. Ukurannya pun ada yang tebal, tipis, tegak, miring dan lain sebagainya. Sangat cocok digunakan untuk memberikan kesan santai pada desain.

Slab Serif

Font Keren untuk Logo

Credit image - designer daily

Kalau lo menyukai varian font serif, maka slab serif adalah salah satu pilihan yang tepat. Huruf slab serif memiliki karakteristik yang simpel, jelas dan besar. Kesan yang ditampilkan cukup sederhana, namun membuat komponen desain di dalamnya tetap terlihat elegan. Cocok buat lo yang suka sesuatu simple, namun tetap terlihat istimewa.

Color Font

Tulisan tebal dengan warna-warna yang menarik selalu menjadi pilihan tersendiri bagi para desainer grafis dalam membuat karya-karya desainnya. Font jenis ini bisa lo gunakan untuk keperluan desain brosur, ataupun pembuatan gambar lain yang sifatnya ceria, dan menghibur.

Victorian Parlor

Font yang satu ini memiliki bentuk yang paling menarik, terdiri dari berbagai macam karakteristik tipografi, dan perpaduan yang klasik, juga unik membuatnya disukai oleh desainer grafis, bro. Karena bentuknya yang fleksibel, lo bisa menggunakan font ini untuk keperluan desain yang mengusung tema vintage dan tetap terlihat modern.

Brooklyn

Terakhir ada Brooklyn adalah jenis font yang cukup simpel, sederhana, terlihat bersih, dan teratur. Banyak orang menggunakan font ini untuk keperluan desain yang nggak terlalu rumit. Karakteristik dari huruf kapital yang nggak terlalu tinggi dan terdapat jarak pada setiap hurufnya.

Itulah 10 jenis font terbaik untuk bisnis yang bisa lo pakai. Beberapa font tersebut juga bisa lo gunakan untuk desain kemasan produk yang menarik, desain banner yang kreatif, hingga membuat desain logo menggunakan font keren seperti di atas.

 

Feauture image - blogfonts.com