• Buzz
  • Yuk Kunjungi 3 Wisata Ramadan yang Indonesia Banget

Yuk Kunjungi 3 Wisata Ramadan yang Indonesia Banget

Wed, 30 May 2018

Ramadan sudah memasuki setengah jalan, jalanan sore di hampir kota besar di Indonesia sudah mulai dipenuhi oleh jajanan khas masing-masing daerah. Nggak hanya itu Urbaners, beberapa tempat di Indonesia ternyata memiliki wisata Ramadan yang Indonesia banget. Misalnya, ada beberapa festival seperti Kuliner Ramadan di Tangerang dan Festival Hadrah di Banyuwangi.

Sekarang lo bakal kami ajak buat keliling Indonesia untuk melihat tiga wisata Ramadan yang Indonesia banget. Menariknya, wisata ini nggak akan lo temukan di tempat lain. Apakah lo siap, Urbaners?

Wisata makam Islam kuno di Sumatera

Di lansir dari cnnindonesia.com, Menteri Pariwisata Indonesia Arief Yahya meluncurkan program Pesona Wisata Ramadan untuk mendongkrak turis asing dan wisatawan lokal. Salah satu program tersebut adalah menggenjot lagi wisata makam Islam kuno di Sumatera. Mulai dari Aceh hingga pantai timur Sumatera akan dikonsep dengan baik. Salah satu wisata andalan makam Islam kuno di Sumatera adalah batu nisan yang sangat unik dan jarang ditemui di tempat lain.

Ziarah Wali Songo

Jika di Sumatera ada makam Islam kuno, maka di Pulau Jawa ada makam Wali Songo yang sangat terkenal. Makam Wali Songo ini tersebar dari Jawa Barat ke Jawa Timur, dan menariknya setiap makam pasti mempunyai budaya yang berbeda-beda. Misalnya, ketika lo mengunjungi Sunan Gunung Jati di Cirebon, lo akan melihat makam khas Keraton. Sedangkan di Surabaya, Makam Sunan Ampel bisa lo temui di tengah-tengah rumah penduduk.

Festival di Seluruh kota di Indonesia

Sekarang saatnya belanja dan menjajal kuliner khas daerah di Indonesia. Lo bisa mengunjungi Festival Hadrah (Banyuwangi, 26-27 Mei 2018), Festival Patrol (Banyuwangi, 28-29 Mei 2018), Pekan Tilawah Quran (Sumenep, 26-31 Mei 2018), Kuliner Ramadan (Tangerang, 15 Mei-8 Juni 2018), Ramadhan Ceria Pesantren Wisata Cinta Al-Quran (2 Juni 2018), serta Gelar Adat Penyerahan Zakat Fitrah Keluarga Keraton (Sumenep, 11 Juni 2018). Lengkap, kan?

Itulah ketiga wisata Ramadan yang bisa lo kunjungi di sisa bulan Puasa ini. Selamat berpuasa, Urbaners!

 

 

Source: cnnindonesia.com

Cara Mudah Atasi Rem Tangan Mobil Macet

Wed, 22 July 2020
Seseorang sedang menarik tuas rem tangan mobil

Rem tangan mobil adalah tools yang krusial dalam mobil, apalagi kalau lo sering mengendarai mobil di jalan dengan rute ekstrim. Bisa lo bayangkan kalau rem tangan mobil lo macet dan nggak bekerja dengan optimal ‘kan? Untuk menjaga keselamatan lo maupun orang lain di jalan, ini dia tips mengatasi rem tangan mobil yang tiba-tiba macet, khususnya dikarenakan mobil lo yang sudah jarang dipakai.

 

Penyebab Umum Rem Tangan Macet

Seseorang terlihat menekan tombol dan menarik rem tangan bersamaan

Sebelum lo bisa mengatasi dengan tepat soal masalah rem tangan macet ini, ada baiknya lo juga tahu apa saja penyebabnya. Penyebab paling umum adalah karena lo terlalu kuat menarik tuas rem tangan hingga melebih batas kekuatan mesin gerigi di rem tangan sendiri. Alhasil, tuas rem tangan jadi sulit atau bahkan nggak bisa dikembalikan sama sekali ke posisi semula.

Penyebab lainnya adalah penggunaan rem tangan yang berlebihan alih-alih menggunakan brake tools lainnya. Apalagi saat lo menggunakan rem tangan untuk waktu yang cukup lama saat melewati genangan air yang cukup tinggi, air tersebut dapat membuat bagian mesin rem lebih mudah berkarat dan akhirnya macet saat akan digerakkan.

 

Cara Atasi Rem Tangan Macet

Kebiasaan-kebiasaan yang salah tadi harus lo hindari agar rem tangan lo nggak mudah macet. Tapi dengan menghindari kebiasaan tersebut pun, rem tangan masih bisa saja macet, apalagi kalau mobil lo termasuk jarang dipakai beberapa waktu belakangan ini.

Ini cara yang bisa lo lakukan kemudian. Tarik rem tangan pelan-pelan agar mengurangi potensi macet. Selalu lakukan ini saat sedang menyetir. Namun jika ternyata rem tangan tersebut macet, pegang erat rem tangan lalu tarik ke atas dengan cepat dan dorong ke bawah juga dengan cepat dan kuat. Lo butuh tenaga cukup besar dan gerakan yang cepat saat ingin mengembalikan posisi tuas rem tangan ke bawah.

 

Periksa Kondisi Rem yang Lain

Seseorang sedang menginjak pedal rem kaki

Untuk menghindari masalah rem tangan macet saat lagi di jalan karena mobil lo jarang dipakai, lakukan pemeriksaan kondisi mobil terlebih dahulu sebelum berkendara, termasuk memeriksa kondisi rem tangan dan brake tools lainnya.

Jalankan mobil di area rumah sebentar untuk mengecek tarikan rem tangan mobil lo. Jika lo merasa rem tangan lo macet, coba terapkan dua cara di atas tadi. Kalau tidak juga mempan, sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa atau hubungi montir panggilan yang bisa datang ke rumah lo.

Selain rem tangan, penting juga untuk memeriksa pedal rem kaki. Cek dalamnya pijakan pedal. Kalau sudah terlalu dalam tandanya lo harus segera mengganti kampas rem. Nggak mengganti kampas rem bakal bikin mobil lo terasa bergetar saat lo coba mengerem di mobil yang sedang melaju.

 

 

 

Sources: TirtoID, Liputan6, Auto Expose