Home Buzz Yuk Kunjungi 3 Wisata Ramadan yang Indonesia Banget

Yuk Kunjungi 3 Wisata Ramadan yang Indonesia Banget

Wednesday, May 30, 2018 - 22:35
Bagikan
Facebook Twitter Email

Ramadan sudah memasuki setengah jalan, jalanan sore di hampir kota besar di Indonesia sudah mulai dipenuhi oleh jajanan khas masing-masing daerah. Nggak hanya itu Urbaners, beberapa tempat di Indonesia ternyata memiliki wisata Ramadan yang Indonesia banget. Misalnya, ada beberapa festival seperti Kuliner Ramadan di Tangerang dan Festival Hadrah di Banyuwangi.

Sekarang lo bakal kami ajak buat keliling Indonesia untuk melihat tiga wisata Ramadan yang Indonesia banget. Menariknya, wisata ini nggak akan lo temukan di tempat lain. Apakah lo siap, Urbaners?

Wisata makam Islam kuno di Sumatera

Di lansir dari cnnindonesia.com, Menteri Pariwisata Indonesia Arief Yahya meluncurkan program Pesona Wisata Ramadan untuk mendongkrak turis asing dan wisatawan lokal. Salah satu program tersebut adalah menggenjot lagi wisata makam Islam kuno di Sumatera. Mulai dari Aceh hingga pantai timur Sumatera akan dikonsep dengan baik. Salah satu wisata andalan makam Islam kuno di Sumatera adalah batu nisan yang sangat unik dan jarang ditemui di tempat lain.

Ziarah Wali Songo

Jika di Sumatera ada makam Islam kuno, maka di Pulau Jawa ada makam Wali Songo yang sangat terkenal. Makam Wali Songo ini tersebar dari Jawa Barat ke Jawa Timur, dan menariknya setiap makam pasti mempunyai budaya yang berbeda-beda. Misalnya, ketika lo mengunjungi Sunan Gunung Jati di Cirebon, lo akan melihat makam khas Keraton. Sedangkan di Surabaya, Makam Sunan Ampel bisa lo temui di tengah-tengah rumah penduduk.

Festival di Seluruh kota di Indonesia

Sekarang saatnya belanja dan menjajal kuliner khas daerah di Indonesia. Lo bisa mengunjungi Festival Hadrah (Banyuwangi, 26-27 Mei 2018), Festival Patrol (Banyuwangi, 28-29 Mei 2018), Pekan Tilawah Quran (Sumenep, 26-31 Mei 2018), Kuliner Ramadan (Tangerang, 15 Mei-8 Juni 2018), Ramadhan Ceria Pesantren Wisata Cinta Al-Quran (2 Juni 2018), serta Gelar Adat Penyerahan Zakat Fitrah Keluarga Keraton (Sumenep, 11 Juni 2018). Lengkap, kan?

Itulah ketiga wisata Ramadan yang bisa lo kunjungi di sisa bulan Puasa ini. Selamat berpuasa, Urbaners!

 

 

Source: cnnindonesia.com