Saku Imut di Celana Jeans - MLDSPOT
  • Fashion
  • Saku Imut di Celana Jeans

Saku Imut di Celana Jeans

Mon, 05 January 2015

Kalau kita bicara tentang merk Levi’s, nggak bisa lepas dari celana jeans. Bisa dibilang, celana jeans adalah Levi’s, dan Levi’s adalah celana jeans. Banyak banget merk celana jeans, tapi tetap Levi’s kampiunnya.

Ada satu fakta unik tentang celana jeans, dan itu kaitannya erat banget dengan Levi’s. Ini tentang saku imut di celana jeans. Mungkin lo banyak yang nggak tahu kenapa celana jeans punya saku kecil di bagian kanan. Sekilas saku imut itu hanya sebuah tempelan hiasan. Tapi ternyata saku imut itu punya nilai sejarah yang kuat banget.

Jeans sebenarnya pertama kali dikenal di Genoa, Italia tahun 1560-an. Orang Perancis menyebutnya “bleu de Génes" yang berarti “biru Genoa”. Tapi jeans justru memulai kepopulerannya dari Amerika tahun 1880. Adalah Levi Strauss yang mempopulerkannya. Levi Strauss adalah imigran Jerman yang awalnya adalah penjual kain di San Fransisco. Namun ketika barang dagangannya habis, dia menyulap kain tenda dari kain kanvas  menjadi celana yang dijual ke para pekerja tambang emas. Ketika itu Amerika sedang dilanda demam tambang emas. Ternyata celana bikinan Levi Strauss disukai dan kemudian menjadi populer.

Bahan celana yang awalnya bernama “Bleu de Genes” diplesetkan Levi Strauss menjadi “Blue Jeans”. Sementara orang-orang menyebutnya sebagai “those pants of Levi’s” atau “Celana Si Levi”, yang kemudian dijadikan merk Levi’s.

Produk desain pertamanya, Levi’s 501, dikhususkan untuk para penambang emas dengan 5 saku: 2 di belakang, 2 di depan, dan 1 saku kecil dalam saku depan kanan. Saku imut itu dirancang untuk menyimpan butiran-butiran emas yang berukuran kecil. Dan itu terus dipertahankan sampai sekarang, apa pun merknya.

 

 

Levi Strauss
Bapak celana jeans ini lahir di Buttenheim, Jerman pada 26 Februari 1829. Ia bermigrasi ke Amerika pada usia 18 tahun untuk bergabung dengan dua saudara laki-lakinya membangun bisnis kain. Kesuksesan menjual celana jeans membuatnya mendirikan Levi Strauss & Co. pada tahun 1853 di California. Hingga meninggal tanggal 2 September 1902, Levi Strauss tidak menikah sehingga perusahaannya diwariskan kepada para keponakannya.

Beda denim dan jeans
Banyak orang yang mengira bahwa denim itu adalah jeans. Nggak begitu salah memang karena keduanya sama, tapi juga beda. Jeans adalah adalah denim yang sudah diproses menjadi celana, sedangkan denim adalah bahan dari pembuatan celana jeans. Denim tercipta di Nimes, Perancis. Awalnya bahan ini disebut ‘Serge de Nimes’ lalu disingkat jadi de Nime atau lebih populer disebut Denim. Denim merupakan material kain kokoh yang terbuat dari kain katun twill.

Alasan skinny jeans ngetren
Celana model ini sebenarnya nggak nyaman untuk dipakai karena super ketat. Tapi kenapa sekarang begitu hits? Dari sekian banyak alasan, menjadi lebih seksi adalah alasan utama cowok cewek menggandrunginya. Lo yang punya bodi keren akan makin kelihatan seksi karena lekuk tubuh lo terlihat jelas.

Biar Makin Kece, Kenali Cara Tepat Pake Cufflink di Sini!

Tue, 13 April 2021
Cufflinks

Tren menggunakan cufflinks bagi pria saat mengenakan pakaian formal semakin populer nih, bro. Tapi, apa itu cufflinks? Cufflink adalah aksesoris pria yang dikenakan pada lubang lengan kemeja, baik kemeja standar ataupun double manset. Sehingga menjadi pengganjal agar lengan jas nggak menutupi lengan kemeja.

Pada awalnya, cufflinks sebenarnya adalah kancing, peniti, resleting, atau velcro (perekat). Kancing manset adalah cara bagus untuk menambahkan gaya pribadi pada setelan atau kemeja lo. Bentuknya pun beragam dan bisa bikin tampilan lo makin stand out, bro. Yuk! Simak tuntas artikel ini.

Fungsi Cufflink yang Harus Lo Tau

Cufflinks

Credit image -  review.bukalapak.com

Cufflinks menjadi salah satu aksesoris yang wajib dimiliki oleh para pria. Tapi sayangnya, masih banyak pria yang belum tau kegunaan aksesori ini, apakah lo juga termasuk? Padahal aksesori kecil ini bisa sangat berguna untuk menyempurnakan gaya formal saat mengenakan setelan jas. Berikut ini beberapa fungsi dari cufflinks:

  • Mengencangkan bagian lipatan lengan

Cuff memiliki arti lipatan. Nah, lipatan yang dimaksudkan pada kemeja pria adalah yang dekat dengan pergelangan tangan. Bagian ini mungkin suka luput dari perhatian, tapi menurut para fashion expert, part ini justru penting ketika lo mengenakan setelan jas.

Dahulu orang-orang menggunakan tali atau pita untuk mengencangkan bagian lipatan tersebut. Khususnya saat mengenakan jas, lipatan tersebut harus benar-benar kencang dan pas, agar lebih proporsional dan nggak menumpuk. Nah, akhirnya para penjahit pun membuat cufflinks.

  • Membuat tampilan lebih berwibawa

Pada awalnya penggunaan cufflinks hanyalah populer di sekitaran Inggris, lalu akhirnya menyebar hingga ke Prancis. Saat itu, cufflinks menjadi simbol khusus dengan kesan bergengsi, karena hanya digunakan oleh bangsawan saat menghadiri acara kerajaan.

Hingga kini high fashion brand masih mendominasi pembuatan cufflinks. Cocok banget buat lo yang mau tampil lebih berwibawa dan bergengsi, bro.

  • Membuat lipatan terlihat rapih

Ketika mengenakan gaya formal, kerapian dari busana yang dikenakan adalah kunci. Apalagi lipatan kemeja menjadi hal yang krusial, karena lipatan ini tetap akan ditampilkan melewati bagian lengan jas. 

Pasti lo menemukan permasalahan seperti, kemeja yang kurang pas karena ukurannya nggak sesuai, meskipun udah dikancing atau kancing yang sering terbuka, sehingga membuat tampilan jas jadi lebih berantakan. Cufflinks bisa jadi solusi lo, bro. Dengan menggunakan cufflinks, bagian lipatan akan lebih rapi, dan posisinya pun akan tetap terjaga meskipun lo banyak bergerak.

Cara Tepat Pake Cufflinks

Cufflinks

Credit image -  review.bukalapak.com

Awalnya items tersebut diberi nama chain link. Sekarang pun model ini menjadi salah satu jenis cufflinks yang masih banyak diminati, meskipun udah banyak model lain yang udah dimodifikasi, mulai dari bentuk kotak, bundar, hingga bentuk yang lebih unik. Nah, kalo lo masih bingung gimana menggunakan cufflinks. Lo bisa ikuti tips di bawah ini, bro.

  • Langkah pertama adalah gunakan kemeja yang tepat. Penggunaan cufflinks biasanya dikombinasikan dengan kemeja french cuff. Kemeja ini memiliki ciri khas lengan Prancis (ganda), dengan panjang ekstra tanpa kancing dan lubang pada setiap sisinya.
  • Lalu, lipat bagian ujung lengan dekat pergelangan tangan sebanyak satu kali. Pastikan lipatan tersebut rapi dan sama kiri dan kanan, bro.
  • Sejajarkan lubang untuk cufflinks. Ini harus lo perhatikan betul penempatannya
  • Masukkan kancing manset dan atur posisi hingga seaman mungkin. Ingat bagian cufflinks yang memiliki dekorasi (bandul dan sebagainya), harus menghadap keluar. Kunci posisi tersebut dengan pengait yang ada pada cufflinks.

Well, sekarang lo udah tau kan gimana cara menggunakan cufflink, biar penampilan lo tetap keren saat bergaya formal. Tapi tenang aja, penggunaan cufflinks nggak cuma sebatas untuk acara formal, bro. Lo juga bisa menggunakannya untuk momen lain. Tinggal sesuaikan aja dengan model cufflinks yang lo pilih. Apakah kancing manset ini udah masuk ke dalam aksesoris lo, bro?

 

Feautred image - hotdrops.com