Trendi and Casual, Jogger Pants - MLDSPOT
  • Fashion
  • Trendi and Casual, Jogger Pants

Trendi and Casual, Jogger Pants

Fri, 09 October 2015

Urbaners, celana yang lagi ngetrend saat ini sudah menjamur dimana-mana. Jogger pants yang model celananya ini slim pants yang dibawahnya ada karetnya ini semakin membuat lo keren kalau memadu padankan dengan atasan yang cocok. Urbaners, sebenarnya banyak fakta yang belum lo ketahui tentang Jogger pants. Faktanya bakalan dibahas dibawah ini, simak ya!

 

Kenapa disebut jogger pants

Jogger pants ini awalnya sudah jadi trend pada era 90an. Lalu, pamornya semakin tenggelam dengan adanya celana jeans yang berbentuk pensil. Tahukan kamu kalau celana ini sebenarnya diciptakan khusus untuk berolahraga. Jogger sebenarnya punya arti celana untuk pelari, jogging ya memang benar masih ada hubungannya sama jogger. Maka dari itu, yang membuat jogger pants tenggelam juga karena penggunaannya yang nggak efektif, hanya untuk olahraga saja. Celana ini sebenarnya dibuat dari bahan kain parasut. Tujuan dibuat dengan bahan parasut ini biar sang pelari merasa nyaman.

 

Jogger dari waktu ke waktu

Seiring berkembangnya jaman, jogger pants kali ini sudah dibuat nggak hanya dari kain parasut saja, tapi banyak bahan, kayak kain katun, jogger jeans dsb. Jogger jaman dulu ini juga masih polos nggak menarik, kalau saat ini jogger pants sudah punya motif yang bermacam-macam lho, kayak motif army dan lain lain.

Pada dasarnya, jaman dulu jogger pants ini merupakan celana yang nggak menutupi seluruh kaki kamu dimana hanya ada model 7/8 dan juga 3/4 dan juga masih menjadi celana yang anti mainstream. Tapi kali ini jogger pants sudah menjadi celana mainstream dan nggak hanya tersedia dalam model celana pendek saja, tapi juga ada celana panjang.

Perkembangan jaman semakin maju, fungsi jogger pants sekarang juga sudah beralih menjadi celana untuk jalan-jalan, bersantai dan juga travelling. Pemakainya sekarang nggak hanya cowok aja, tapi juga para wanita yang suka tampil sporty juga memakainya untuk celana bepergian yang nyaman.

 

Jogger outfit keren cocok dipadukan dengan dengan berbagai macam atasan

Urbaners, tahukah kamu kalau jogger pants kalau jogger pants ini sangat cocok dipadu padankan sama berbagai macam atasan. Lo bisa tampil casual dan classic dengan jogger pants. Lo tinggal pakai kaos dan sneaker, sudah siap bepergian deh. kalau ingin tampil lebih girly dengan jogger pants, lo tinggal kasih aksessoris tambahan aja, misalnya syal. Jogger pants ini juga bisa jadi pengganti skinny pants yang sangat ketat dan bikin kamu nggak nyaman. Skinny pants posisinya bakalan tergeser sejak kemunculan jogger pants.

Urbaners,jogger pants sejatinya memang outfit yang keren banget. Bisa dipakai dalam segala situasi santai. Lo juga bisa berolahraga pakai jogger pants ini. Dijamin penampilan lo bakalan lebih keren dan banyak yang ngelirik lo.

source:  blogs.nordstrom.com ,  hypebeast.com

 

 

Jogger pants tahun 90an
​Dahulu, jogger pants sering dipakai untuk berlari atau jogging, tetapi sekarang jogger pants dibuat untuk keluar rumah

Jeans diambil dari kata “Genes”
​Kata-kata jeans diambil dari “genes” sebuah kain yang dipakai para pelauh Amerika Serikat dan Eropa.

Sebelum perang dunia 2
​Ternyata, sebelum perang dunia 2, cewek di dunia tidak boleh memakai celana pendek.

Industri Fast Fashion: Untung atau Malah Bikin Buntung?

Tue, 13 April 2021
fast fashion

Pastinya lo pernah dengar istilah ‘Fast Fashion’? Buat lo yang belum tau, fast fashion adalah salah satu penyebab limbah fashion yang merusak lingkungan, seperti menimbulkan polusi air, tanah dan penghasil gas emisi efek rumah kaca yang berdampak pada perubahan iklim.

Dilansir dari thegoodtrade.com, fast fashion adalah metode desain, manufaktur, dan pemasaran yang berfokus pada produksi pakaian dalam jumlah besar dengan cepat. Produksi garmen memanfaatkan tren replikasi dan bahan berkualitas rendah untuk menghadirkan gaya yang terjangkau untuk publik.

Gaya busana yang mengikuti perpindahan tren ini memiliki jumlah konsumsi yang luar biasa. Sayangnya, hal ini menimbulkan dampak berbahaya bagi lingkungan dan konsumen. Mau tau aja dampaknya? Simak tuntas artikel ini, bro.

Mendukung Gaya Hidup Konsumtif

fast fashion

Credit image - teensgogreen.id

Kemunculan fast fashion mendukung gaya hidup konsumtif karena harganya yang relatif lebih murah dibandingkan pakaian dari desainer. Dengan harga murah, tapi bisa tampil modis dan kece? Siapa yang nggak mau, bro?

Strategi bisnis fast fashion adalah membuat kuantitas yang terbatas untuk pakaian tertentu. Stok yang terbatas ini lo pastinya berpikir kalo nggak membeli pakaian tersebut, bakalan kehabisan stok.  Memanfaatkan respon psikologis ini lah yang membuat fast fashion memiliki omset tinggi dan digandrungi oleh konsumen.

Fokus dari fast fashion adalah bagaimana menghasilkan barang dengan biaya serendah mungkin, namun mampu menanggapi permintaan konsumen yang berubah dengan cepat; berasumsi bahwa konsumen menginginkan pakaian dengan mode terbaru dengan harga terjangkau.

Mencemari Lingkungan

Semua elemen dalam fast fashion, baik itu replikasi tren, produksi cepat, kualitas rendah, harga bersaing, memiliki dampak besar pada lingkungan, bro. Kerusakan lingkungan, yang terus diciptakan oleh industri fesyen, sebagian besar disebabkan oleh fast fashion.

Setiap tahun, pakaian yang dibuang begitu aja berjumlah sekitar 11 juta ton di AS. Pakaian ini penuh timbal, pestisida, dan bahan kimia berbahaya dan beracun lain yang nggak terhitung jumlahnya dan terlepas begitu aja di udara. Selain itu, untuk menekan biaya produksi rendah, pakaian diproduksi dengan cepat, sehingga hasilnya nggak tahan lama dan mudah rusak.

Fast fashion juga menghasilkan emisi karbon dalam proses produksinya. Pemilik industri fashion membuka pabriknya di negara berkembang seperti Vietnam, Filipina, Pakistan, dan Indonesia. Negara-negara tersebut nggak memiliki bahan mentah yang dibutuhkan dan harus didatangkan dari negara lain seperti China, Amerika Serikat, dan India.

Setelah produksi selesai, pakaian akan dikirim ke seluruh penjuru dunia dengan kapal dan dikirim ke pengecer melalui truk dan kereta api. Bisa dibayangkan kan berapa banyak emisi karbon yang dihasilkan, bro?

Munculnya Slow Fashion

fast fashion

Credit image - myglamorista.com

Meskipun industri fesyen secara keseluruhan berdampak terhadap manusia dan lingkungan, fast fashion adalah penyumbang terbesarnya. Untuk itu, saat ini lagi marak kemunculan industri tandingan fast fashion, yaitu slow fashion.

Slow fashion adalah gerakan menuju manufaktur yang lebih perhatian terhadap hak-hak buruh yang adil, penggunaan bahan-bahan alami, dan masa pakai pakaian yang lebih tahan lama. Selain itu, memiliki merek, komunitas, dan individu yang berjuang untuk keselamatan bumi dan sesama manusia.

Itulah beberapa dampak dari maraknya fast fashion. Dengan membeli pakaian yang dapat digunakan jangka panjang, lo udah berpartisipasi untuk menjaga kelestarian lingkungan dan kesejahteraan pekerja. Jadi, pilihlah produk dengan bijak. Kalo lo sendiri apakah lebih milih fast fashion atau slow fashion nih, bro?

 

 

Featured image - freepik.com