Tailoring Brands You Should Follow - MLDSPOT
  • Fashion
  • Tailoring Brands You Should Follow

Tailoring Brands You Should Follow

Thu, 17 December 2015

Instagram menjadi salah satu media sosial terbesar dalam bidang fotografi saat ini. Nggak cuma sebagai tempat mengedit dan berbagi foto, lo juga bisa memanfaatkan Instagram sebagai sumber inspirasi fashion. Tinggal ketik keywords pada kolom search, dan lo akan langsung disuguhi dengan ribuan foto. Berikut adalah beberapa akun Instagram milik tailoring brands yang wajib lo follow.

 

Brooklyn Tailors (@brooklyntailors)

Brooklyn Tailors menjadi salah satu bukti bahwa hal-hal besar dimulai dari yang kecil. Tailoring brand ini ditemukan oleh pasangan suami-istri, Daniel dan Brenna Lewis, pada tahun 2007. Awalnya, mereka cuma menawarkan jasa custom fitting di apartemen mereka di Brooklyn. Kini, bisnis Brooklyn Tailors udah tersebar ke seluruh dunia melalui para retailers-nya. Produk-produk mereka dibuat secara handmade dengan kualitas material yang nggak perlu diragukan lagi.

 

Kilgour (@kilgourlondon)

Kalau lo membuka profil Instagram @kilgourlondon, lo mungkin nggak bakal menyangka bahwa tailoring brand satu ini udah beroperasi sejak tahun 1880. Foto-foto yang ditampilkan memiliki kesan yang amat modern, baik dari segi kualitas produk hingga cara pengambilan gambar. Kini, Kilgour berada di bawah arahan kreatif dari desainer Carlo Brandelli. Ada banyak artis yang pernah menggunakan brand ini, beberapa di antaranya adalah Jude Law, Daniel Craig, dan Fred Astaire.

 

Huntsman (@11savilerow)

Meski udah beroperasi sejak 160 tahun yang lalu, Huntsman mampu bertahan berkat kemampuan mereka dalam mengikuti perkembangan dunia fashion. Mereka nggak segan untuk melakukan perubahan dengan tetap menyuguhkan ciri khas mereka. Menggunakan skills yang diajarkan secara turun-temurun, pembuatan setiap garmennya membutuhkan waktu lebih dari 80 jam. Nggak cuma foto outfit dan kondisi dalam toko, @11savilerow juga menyuguhkan foto behind the scene proses produksi mereka.

 

Hardy Amies London (@hardyamieslondon)

Nggak cuma suit, Hardy Amies London juga menyediakan pakaian kasual dengan gaya khas tailoring asal London. Kini, tailoring brand ini berada dalam arahan Direktur Desain mereka yang bernama Mehmet Ali. Kalau lo mengunjungi akun Instagram mereka, lo bakal menemukan foto-foto kampanye fashion hingga sneak peek dari koleksi terbaru mereka. Terkadang, mereka juga suka mem-posting outfits dengan tips fashion sebagai caption-nya.

 

Suitsupply (@suitsupply)

Jika lo sedang mencari inspirasi tailoring suit yang nggak terlalu formal, akun Instagram @suitsupply adalah tujuan lo. Tailoring brand yang berasal dari Amsterdam ini mengusung tema kontemporer pada produk mereka. Coba buka, deh, profil Intagram mereka. Lo bakal menemukan banyak ide outfit formal, koleksi-koleksi terbaru mereka, sneak peek dari behind the scene, hingga beberapa artis Hollywood yang mengenakan produk mereka.

 

Sources: fashionbeans.com, www.brooklyntailors.info

Biar Makin Kece, Kenali Cara Tepat Pake Cufflink di Sini!

Tue, 13 April 2021
Cufflinks

Tren menggunakan cufflinks bagi pria saat mengenakan pakaian formal semakin populer nih, bro. Tapi, apa itu cufflinks? Cufflink adalah aksesoris pria yang dikenakan pada lubang lengan kemeja, baik kemeja standar ataupun double manset. Sehingga menjadi pengganjal agar lengan jas nggak menutupi lengan kemeja.

Pada awalnya, cufflinks sebenarnya adalah kancing, peniti, resleting, atau velcro (perekat). Kancing manset adalah cara bagus untuk menambahkan gaya pribadi pada setelan atau kemeja lo. Bentuknya pun beragam dan bisa bikin tampilan lo makin stand out, bro. Yuk! Simak tuntas artikel ini.

Fungsi Cufflink yang Harus Lo Tau

Cufflinks

Credit image -  review.bukalapak.com

Cufflinks menjadi salah satu aksesoris yang wajib dimiliki oleh para pria. Tapi sayangnya, masih banyak pria yang belum tau kegunaan aksesori ini, apakah lo juga termasuk? Padahal aksesori kecil ini bisa sangat berguna untuk menyempurnakan gaya formal saat mengenakan setelan jas. Berikut ini beberapa fungsi dari cufflinks:

  • Mengencangkan bagian lipatan lengan

Cuff memiliki arti lipatan. Nah, lipatan yang dimaksudkan pada kemeja pria adalah yang dekat dengan pergelangan tangan. Bagian ini mungkin suka luput dari perhatian, tapi menurut para fashion expert, part ini justru penting ketika lo mengenakan setelan jas.

Dahulu orang-orang menggunakan tali atau pita untuk mengencangkan bagian lipatan tersebut. Khususnya saat mengenakan jas, lipatan tersebut harus benar-benar kencang dan pas, agar lebih proporsional dan nggak menumpuk. Nah, akhirnya para penjahit pun membuat cufflinks.

  • Membuat tampilan lebih berwibawa

Pada awalnya penggunaan cufflinks hanyalah populer di sekitaran Inggris, lalu akhirnya menyebar hingga ke Prancis. Saat itu, cufflinks menjadi simbol khusus dengan kesan bergengsi, karena hanya digunakan oleh bangsawan saat menghadiri acara kerajaan.

Hingga kini high fashion brand masih mendominasi pembuatan cufflinks. Cocok banget buat lo yang mau tampil lebih berwibawa dan bergengsi, bro.

  • Membuat lipatan terlihat rapih

Ketika mengenakan gaya formal, kerapian dari busana yang dikenakan adalah kunci. Apalagi lipatan kemeja menjadi hal yang krusial, karena lipatan ini tetap akan ditampilkan melewati bagian lengan jas. 

Pasti lo menemukan permasalahan seperti, kemeja yang kurang pas karena ukurannya nggak sesuai, meskipun udah dikancing atau kancing yang sering terbuka, sehingga membuat tampilan jas jadi lebih berantakan. Cufflinks bisa jadi solusi lo, bro. Dengan menggunakan cufflinks, bagian lipatan akan lebih rapi, dan posisinya pun akan tetap terjaga meskipun lo banyak bergerak.

Cara Tepat Pake Cufflinks

Cufflinks

Credit image -  review.bukalapak.com

Awalnya items tersebut diberi nama chain link. Sekarang pun model ini menjadi salah satu jenis cufflinks yang masih banyak diminati, meskipun udah banyak model lain yang udah dimodifikasi, mulai dari bentuk kotak, bundar, hingga bentuk yang lebih unik. Nah, kalo lo masih bingung gimana menggunakan cufflinks. Lo bisa ikuti tips di bawah ini, bro.

  • Langkah pertama adalah gunakan kemeja yang tepat. Penggunaan cufflinks biasanya dikombinasikan dengan kemeja french cuff. Kemeja ini memiliki ciri khas lengan Prancis (ganda), dengan panjang ekstra tanpa kancing dan lubang pada setiap sisinya.
  • Lalu, lipat bagian ujung lengan dekat pergelangan tangan sebanyak satu kali. Pastikan lipatan tersebut rapi dan sama kiri dan kanan, bro.
  • Sejajarkan lubang untuk cufflinks. Ini harus lo perhatikan betul penempatannya
  • Masukkan kancing manset dan atur posisi hingga seaman mungkin. Ingat bagian cufflinks yang memiliki dekorasi (bandul dan sebagainya), harus menghadap keluar. Kunci posisi tersebut dengan pengait yang ada pada cufflinks.

Well, sekarang lo udah tau kan gimana cara menggunakan cufflink, biar penampilan lo tetap keren saat bergaya formal. Tapi tenang aja, penggunaan cufflinks nggak cuma sebatas untuk acara formal, bro. Lo juga bisa menggunakannya untuk momen lain. Tinggal sesuaikan aja dengan model cufflinks yang lo pilih. Apakah kancing manset ini udah masuk ke dalam aksesoris lo, bro?

 

Feautred image - hotdrops.com