How to Wear Double Denim

Mon, 21 December 2015

Denim mungkin menjadi salah satu jenis busana yang pasti ada dalam lemari semua orang. Sifatnya yang kasual memudahkan lo untuk menggabungkannya dengan jenis busana lain. Tapi, apa jadinya kalau denim dipadupadankan dengan denim pula? Tren double denim ini ternyata sedang naik daun di dunia fashion. Jika lo tertarik mencobanya, pastikan untuk lebih dulu menyimak tips berikut ini, Urbaners.

 

Menggunakan Warna Kontras

Tips satu ini, nih, yang wajib lo ingat terus. Jangan pernah mengenakan double denim dengan warna yang sama, apalagi kalau lo masih dalam tahap coba-coba Sebisa mungkin, carilah denim yang memilik shade warna berbeda. Padukan celana jeans putih dengan jaket denim biru atau kemeja denim dan rok mini dengan shade warna biru yang berbeda. Asalkan warna denim lo nggak sama, lo nggak bakal mengalami yang namanya fashion disaster.

 

Manfaatkan Warna Denim untuk Menutupi Bagian Tubuh

Banyak orang yang merasa nggak percaya diri untuk mengenakan double denim karena postur tubuh mereka. Padahal, asal lo bisa mengakalinya, double denim bakal cocok dikenakan oleh siapapun. Lo bisa memanfaatkan shade warna pada denim untuk menutupi bagian-bagian tubuh yang ingin lo tutupi dari perhatian orang lain. Kebanyakan orang biasanya mengenakan denim dengan warna gelap untuk menampilkan kesan tubuh yang lebih ramping.

 

Mix and Match

Meskipun namanya double denim, bukan berarti lo nggak bisa menambahkan jenis busana lain untuk dikenakan secara bersamaan. Justru mix and match ini berguna banget apabila lo nggak mau tubuh lo terlihat “penuh” dengan denim. Lo bisa menggunakan atasan kaos putih polos dengan outer jaket denim berwarna biru dongker, Sempurnakan penampilan dengan celana jeans berwarna biru muda. Mix and match ini bakal bikin lo kelihatan makin fresh.

 

Tambahkan dengan Aksesoris

Lo mungkin bakal merasa “berat” dengan double denim yang melekat pada tubuh. Tapi, jangan biarkan hal tersebut menghalangi lo untuk melengkapi penampilan dengan aksesoris tambahan. Lo bisa menggunakan gelang, kalung, atau jam tangan agar penampilan lo nggak terlalu didominasi oleh warna-warna denim. Oh ya, jangan pernah memakai aksesoris dari bahan denim juga, ya, misalnya seperti sepatu denim, tas denim, atau topi denim. Just keep the denim confined to your clothing.

 

Gimana, Urbaners? Nggak susah, kan, untuk tampil menggunakan double denim? Apabila padu padan lo nggak berhasil dalam percobaan pertama, selalu ada waktu untuk memperbaikinya. Kuncinya, sih, lo harus selalu percaya diri dengan apapun yang lo kenakan. Selamat mencoba!

 

Source: theguardian.com, stylecaster.com, matahari.co.id

MINDBLOWN! Ternyata Ini Fungsi Dari Kantong Kecil yang Ada di Celana Jeans!

Wed, 16 September 2020
kantong kecil buat simpan arloji klasik

Segala sesuatu hal yang diciptakan, minimal satu ada dua fungsi pasti ada kegunaannya. Termasuk kantong kecil yang ada di kantong celana jeans lo. Lo tahu nggak fungsi dari kantong kecil itu? Kalau lo bilang itu buat simpan recehan – lo masih kurang tepat nih!

Celana jeans kalau dirunut dari sejarahnya, biasa digunakan sama para pekerja di Amerika. Setelan buruh di Amerika pada saat itu adalah atasan flannel atau kemeja kotak-kotak dan bawahan celana jeans, lalu dilengkapi dengan sepatu boots.

Outfit seperti ini juga diadopsi sama anak-anak muda Indonesia, lho. Memang yang klasik biasanya timeless nih kalau di dunia fashion. Apakah lo juga ikutan punya setelan seperti itu, bro? Kalau iya, berarti lo terbiasa menggunakan celana jeans, kan?

Celana jeans selain setelan seperti itu, bisa dipadupadankan atau mix and match dengan berbagai item fashion lainnya. Misalnya, atasan t-shirt putih, bawahan celana jeans dan sneakers – biasa jadi OOTD banyak kalangan buat acara-acara kasual.

Nah, bicara soal celana jeans, nih – seperti yang tadi di atas sudah ditanyakan ke lo, bro – lo tahu nggak apa fungsi dari kantong kecil yang berada di kantong celana jeans di sisi kanan dan kiri? Kalau menurut lo itu fungsinya buat simpan uang koin, bukan itu jawabannya, bro.

Jadi buat apa dong? Apa fungsi kantong kecil yang ada di kantong celana jeans tersebut? Daripada lo penasaran sendiri, sila simak bahasan kali ini buat selengkapnya ya!

 

Jadi Buat Simpan Tiket Bioskop

Ada beberapa argumen soal fungsi dari kantong kecil yang berada di kantong celana jeans yang mungkin sekarang lo kenakan. Sebelumnya, apakah lo pernah kepikiran apa maksud ada kantong di dalam kantong, ya?

Nah, dari beberapa argumen yang ada, kantong kecil di dalam kantong celana jeans itu berfungsi juga untuk menyimpan tiket bioskop yang sudah lo beli. Daripada dipegang saja tiket bioskopnya, lo bisa taruh tiket itu di kantong kecil tersebut.

Lalu, apakah jawaban atau fungsi di atas itu benar sepenuhnya?

Tidak juga, bro! Ternyata fungsi utamanya bukan buat simpan tiket bioskop – walau sebenarnya bisa juga, sih. Tapi essence dari kantong kecil yang ada di dalam kantong celana jeans itu adalah untuk menyimpan jam atau arloji klasik yang biasa koboi atau buruh bawa saat bekerja.

 

Ternyata Buat Simpan Jam atau Arloji Klasik

kantong kecil di celana jeans buat simpan arloji klasik

Credit Image: freepik.com

Kembali ke sejarah secara singkat, ya – saat buruh atau koboi di Amerika pada saat itu sedang bekerja, mereka tidak mengenakan jam di tangan melainkan menaruhnya di kantong kecil itu dan diikatkan lagi dengan strap atau rantai kecil ke ikat pinggang.

Pada saat itu, kantong kecil di kantong celana jeans itu ukurannya cukup pas buat jam atau arloji klasik yang ada pada saat itu. Cukup mudah juga untuk tangan menggapai jam tersebut di kantong ketika mereka ingin mengetahui jam berapa pada saat itu.

Lo nyangka nggak kalau ternyata fungsi aslinya adalah hal itu. Perlu lo ketahui lagi nih kalau rantai sebagai pengait jam yang dikaitkan di ikat pinggang jadi item fashion yang keren pada zamannya. Warna emas rantai dan arloji klasik itu ternyata masuk banget sama warna dari celana jeans.

Item fashion ini jadi acuan tersendiri untuk waktu itu buat mereka yang menggunakannya – acuan kalau mereka sudah stylish dan keren. Kalau dilihat di waktu sekarang, mungkin kalau dari fungsi ya kurang efektif saja karena mungkin sekarang banyak kalangan yang sudah terbiasa menggunakan jam tangan atau melihat waktu dan jam di smartphone.

Nah kalau zaman koboi dan buruh di Amerika pada saat itu, arloji klasik adalah salah satu barang yang cukup mewah. Disamping buat mengetahui jam dan waktu pada saat itu, arloji klasik biasanya punya tempat tersendiri buat menaruh foto orang terkasih yang bisa membuat makin semangat buat bekerja. Lo bisa lihat ini di beberapa film dengan genre klasik, bro!

Wah bagaimana nih? Ternyata fungsinya cukup mengagetkan lo semua ya! Kalau sudah tahu begini, apakah lo mau mengembalikan fungsi dari kantong kecil itu buat simpan arloji klasik?

 

Feature Image – dreamstime.com