• Fashion
  • Atasan Batik Keren Untuk ke Kantor

Atasan Batik Keren Untuk ke Kantor

Tue, 17 May 2016

Sejak diresmikan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada tanggal 2 Oktober 2009, popularitas batik semakin meningkat. Orang-orang nggak lagi menggunakan batik cuma untuk acara-acara formal. Banyak perusahaan bahkan mengharuskan para pegawainya untuk mengenakan baju batik setiap hari Jumat. Apakah lo salah satunya? Nggak perlu bingung karena batik-batik berikut ini bakal terlihat keren saat dipakai untuk kerja.

 

Batik Mega Mendung

Nggak terlalu formal, tapi juga nggak begitu kasual. Kira-kira itulah kesan yang bakal lo tangkap saat mengenakan batik khas Cirebon ini. Batik mega mendung memiliki corak berbentuk awan dengan mengaplikasikan satu palette warna yang seragam, seperti biru tua dengan biru muda atau hijau tua dengan hijau muda. Kabarnya, batik Cirebon seperti corak mega mendung ini memiliki warna cerah karena dipengaruhi oleh pedagang Tiongkok, Arab, dan Belanda.

 

Batik Sidomukti

Batik Sidomukti berasal dari Kabupaten Magetan, Jawa Tengah. Memiliki motif dasar bergambar bambu, batik ini memiliki filosofi untuk mendapatkan ketenangan lahir dan batin sebagai harapan sang pembuat dan pemakai. Motifnya cenderung lebih kasual apabila dibandingkan dengan motif-motif batik jenis lain, cocok buat lo para pekerja kreatif yang nggak begitu dituntut untuk berpakaian formal. Padukan aja dengan celana jeans dan sneakers berwarna senada, pasti penampilan lo bakal lebih oke.

 

Batik Tasik

Batik mungkin lebih identik dengan suku Jawa, namun bukan berarti daerah lain nggak mampu menghasilkan batik yang sama kerennya. Di tanah Sunda, batik khas Tasik menjadi salah satu yang paling banyak dikenakan. Sama seperti batik-batik lain, batik Tasik juga memiliki ciri khas tersendiri, yakni mayoritas motifnya yang berbentuk menyerupai rerumputan, fauna, dan hal-hal terkait alam. Sedangkan, warna yang sering dipakai adalah biru, cokelat, dan merah padam.

Tuh, siapa bilang batik cuma bisa dikenakan pada situasi formal? Sebagai outfit kerja, batik juga nggak kalah oke dengan kemeja lain yang biasa lo pakai. Lagi pula, sebagai warga Indonesia, sudah seharusnya lo merasa bangga dengan batik. Mengenakannya sesering mungkin adalah salah satu cara terkecil yang bisa lo lakukan untuk membuktikannya.

 

 

Sources: manual.co.id, satujam.com, bbc.com

Mix & match Hoodie Buat Penampilan Tambah Keren

Monday, February 17, 2020 - 15:32
Pria menggunakan kaos dengan tambahan layered zipper hoodie dan coat berwarna krem

Lo pasti punya hoodie yang selalu dipakai? Outerwear satu ini memang merupakan item wajib setiap pria. Meskipun terlihat cukup simple, tapi hoodie juga bisa membuat penampilan terlihat lebih fashionable. Apalagi jika lo tahu cara mix & match hoodie, tentunya bisa membuat penampilan lo lebih keren. Penasaran seperti apa caranya mix & match hoodie?

 

Layered Look

Hoodie memang menjadi salah satu item fashion yang bisa digunakan oleh pria maupun wanita. Menggunakannya juga bisa dilakukan dengan banyak cara dan salah satunya dengan dibuat layered look. Tampilan ini selain bisa membuat penampilan lo semakin keren, tapi juga bisa membuat tubuh lebih hangat karena hoodie akan ditumpuk dengan jenis pakaian lain.

Memiliki tampilan ini cukup mudah, lo hanya perlu mix & match hoodie dengan jaket kesayanganmu. Pertama-tama kenakan hoodie dan kemudian tumpuk dengan jaket. Selain jaket, lo juga bisa menggunakan blazer atau coat sesuai dengan keinginan. Agar tampilan lo semakin keren. Jangan lupa gunakan celana yang nyaman seperti jeans. Jika ingin look yang agak formal, tailored trousers juga masih cocok dipadukan dengan fashion item ini.

Hoodie & Leather Jacket

Pria menggunakan hoodie dan leather jacket warna hitam dengan satu tangan dimasukkan ke saku celana

Baik hoodie dan leather jacket adalah fashion item yang wajib dimiliki oleh semua pria. Kedua fashion item tersebut bisa digunakan di segala event dan bisa menjadi tampilan yang keren sekaligus terlihat fashionable. Lo bisa mencoba mix & match dari hoodie dengan leather jacket kesayangan. Terdengar simple bukan, tapi perpaduan dari dua fashion item itu dijamin bisa buat penampilan lebih stand out.

Gunakan hoodie kesayanganmu, bisa yang berwarna cerah atau gelap. Kemudian pakaikan leather jacket di atasnya. Jika ingin tampilan yang lebih manly, sebaiknya gunakan leather jacket dengan warna yang lebih gelap. Sempurnakan penampilan lo dengan menggunakan sepatu jenis boots yang juga terbuat dari bahan kulit atau suede.

Oversized Hoodie & Sneakers

Pria menggunakan hoodie bertulisan essentials dengan short pants dan sneakers

Saat ini tren oversized masih cukup diminati. Lo bisa mencoba menggunakan oversized hoodie favorit lo dan mengombinasikannya dengan beragam fashion item lain. Jika ingin terlihat lebih casual, lo bisa mencoba mix & match oversized hoodie dengan sneakers kesayangan. Sneakers akan memberikan tampilan yang santai sehingga sangat cocok saat dipadukan dengan hoodie.

Oversized hoodie juga bisa dipadukan dengan short pants jika lo ingin terlihat lebih stylish. Perpaduan hoodie dengan short pants akan membuat lo terlihat lebih muda. Namun, jika lo ingin memiliki tampilan yang terlihat lebih dewasa, maka bisa mencoba mix & match hoodie dengan celana jeans biasa atau dengan jogger pants.

Itulah beberapa cara mix & match hoodie yang bisa lo coba buat menunjang penampilan agar semakin terlihat keren. Selamat mencoba!

 

Sources: fashionbeans.com, spicee.net, theidleman.com