Home Fashion Atasan Batik Keren Untuk ke Kantor

Atasan Batik Keren Untuk ke Kantor

Tuesday, May 17, 2016 - 17:03
Bagikan
Facebook Twitter Email

Sejak diresmikan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada tanggal 2 Oktober 2009, popularitas batik semakin meningkat. Orang-orang nggak lagi menggunakan batik cuma untuk acara-acara formal. Banyak perusahaan bahkan mengharuskan para pegawainya untuk mengenakan baju batik setiap hari Jumat. Apakah lo salah satunya? Nggak perlu bingung karena batik-batik berikut ini bakal terlihat keren saat dipakai untuk kerja.

 

Batik Mega Mendung

Nggak terlalu formal, tapi juga nggak begitu kasual. Kira-kira itulah kesan yang bakal lo tangkap saat mengenakan batik khas Cirebon ini. Batik mega mendung memiliki corak berbentuk awan dengan mengaplikasikan satu palette warna yang seragam, seperti biru tua dengan biru muda atau hijau tua dengan hijau muda. Kabarnya, batik Cirebon seperti corak mega mendung ini memiliki warna cerah karena dipengaruhi oleh pedagang Tiongkok, Arab, dan Belanda.

 

Batik Sidomukti

Batik Sidomukti berasal dari Kabupaten Magetan, Jawa Tengah. Memiliki motif dasar bergambar bambu, batik ini memiliki filosofi untuk mendapatkan ketenangan lahir dan batin sebagai harapan sang pembuat dan pemakai. Motifnya cenderung lebih kasual apabila dibandingkan dengan motif-motif batik jenis lain, cocok buat lo para pekerja kreatif yang nggak begitu dituntut untuk berpakaian formal. Padukan aja dengan celana jeans dan sneakers berwarna senada, pasti penampilan lo bakal lebih oke.

 

Batik Tasik

Batik mungkin lebih identik dengan suku Jawa, namun bukan berarti daerah lain nggak mampu menghasilkan batik yang sama kerennya. Di tanah Sunda, batik khas Tasik menjadi salah satu yang paling banyak dikenakan. Sama seperti batik-batik lain, batik Tasik juga memiliki ciri khas tersendiri, yakni mayoritas motifnya yang berbentuk menyerupai rerumputan, fauna, dan hal-hal terkait alam. Sedangkan, warna yang sering dipakai adalah biru, cokelat, dan merah padam.

Tuh, siapa bilang batik cuma bisa dikenakan pada situasi formal? Sebagai outfit kerja, batik juga nggak kalah oke dengan kemeja lain yang biasa lo pakai. Lagi pula, sebagai warga Indonesia, sudah seharusnya lo merasa bangga dengan batik. Mengenakannya sesering mungkin adalah salah satu cara terkecil yang bisa lo lakukan untuk membuktikannya.

 

 

Sources: manual.co.id, satujam.com, bbc.com