Home Fashion Berapa Penghasilan Fashion Blogger di Instagram?

Berapa Penghasilan Fashion Blogger di Instagram?

Wednesday, October 26, 2016 - 14:29
Bagikan
Facebook Twitter Email

Berbagai perkembangan yang terjadi di era digital bukan main hebatnya. Coba lihat betapa meluasnya lapangan pekerjaan yang ada. Sekarang, banyak banget orang yang memanfaatkan berbagai platform di internet untuk mendapat penghasilan, salah satunya dengan menjadi fashion blogger di Instagram. Biasanya, mereka bakal mendapat endorse dari berbagai merek fashion. Setiap produk yang dikenakan dan di-post bakal dibayar dengan jumlah tertentu. Menarik banget, kan?

 

Tergantung dari Beberapa Hal

Baru-baru ini, media internasional Mashable berbicara dengan perwakilan agensi influencer marketing, yakni agensi yang mempertemukan brands dengan bloggers, vloggers, dan influencer. Dari obrolan tersebut, diketahui bahwa biaya untuk setiap postingan tergantung dari banyak hal. Beberapa di antaranya adalah target audiens brand, platform yang digunakan, serta tingkat engagement sang influencer dengan para follower-nya.

Melalui konten hasil kolaborasi bersama suatu brand, seorang influencer bisa mendapatkan penghasilan mulai angka US$110 (sekitar Rp 1,4 juta) hingga US$11.006 (sekitar Rp 143 juta). Ada seorang influencer dengan 1,3 juta follower di Instagram yang mendapat penghasilan sebanyak US$6,104 (sekitar Rp 79,4 juta) untuk satu postingan. Bahkan ada brand lain yang rela membayar US$20,749 (sekitar Rp 270 juta) agar seorang bintang televisi mau mem-post brand mereka ke dalam beberapa postingan.

 

Para Artis Hollywood Juga Ikutan

Sebetulnya, siapa yang disebut dengan fashion blogger atau influencer di Instagram? Well, bisa dibilang mereka adalah orang yang mempunyai followers banyak dan engagement kuat dengan followers. Bahkan Keluarga Kardashian pun termasuk salah satu di antaranya, dengan harga US$400,000 (sekitar Rp 5 miliar) untuk setiap postingan di Instagram. Biasanya, brand yang meng-hire mereka nggak jauh dari makeup, clothing, dan musik.

 

Penjualan Brand Meningkat Pesat

Keuntungan besar tersebut nggak cuma didapatkan oleh influencer, tetapi juga brand. Pada tahun 2014, sebuah online shop bernama Nordstrom.com berhasil meningkatkan penjualan hingga US$1 juta (sekitar Rp 13 miliar) setelah menggunakan jasa influencer dari fashion blogger bernama Rachel Parcell. Ada pula Christine Andrew yang meningkatkan likes hingga 107% setelah ia “tampil” di postingan Instagram milik salah satu online shop internasional, neimanmarcus.com.

Sepertinya profesi sebagai fashion blogger atau influencer di Instagram sangat menjanjikan, nih. Sebelum mengikuti jejak mereka, sebaiknya lo survei dulu gaya fashion seperti apa yang mengundang perhatian orang. Baru setelah itu fokus untuk meningkatkan followers. Semoga berhasil, ya!

 

 

Sources: Mashable.com, Cosmopolitan.com