• Fashion
  • Get Hype! Supreme Mengeluarkan Hasil Kolaborasi Bersama Seniman Daniel Johnston

Get Hype! Supreme Mengeluarkan Hasil Kolaborasi Bersama Seniman Daniel Johnston

Wed, 20 May 2020
Potret seorang model pria mengenakan atasan Supreme dengan artwork karya Johnston

Supreme yang kental dengan budaya dan gaya skaters ala Amerika Serikat ini telah meluncurkan kolaborasi terbarunya dengan seniman Daniel Johnston untuk koleksi Spring/Summer 2020. Lo akan dimanjakan dengan fashion items terbaru keluaran Supreme yang berhiaskan ilustrasi dan artwork khas seniman ternama ini.

Terlebih lagi buat lo yang suka gaya grunge ala Kurt Cobain circa 1990an, kolaborasi ini wajib banget untuk lo lihat.

 

Sebuah Kolaborasi Anumerta

Potret mendiang Daniel Johnston sambil memegang kaset Yip Jump Music

Kolaborasi Supreme yang satu ini begitu spesial karena bisa dianggap sebagai tribut anumerta bagi mendiang Daniel Johnston. Sang seniman menghembuskan nafas terakhirnya pada 11 September 2019, tepatnya di usia ke-58 tahun. Johnston memang lebih dikenal sebagai seniman dengan visual artwork yang cartoonish dan berjiwa polos, tetapi sebenarnya ia lebih berkecimpung di dunia musik sebagai penyanyi dan penulis lagu.

Bagi para kolektor brand Supreme, pasti sudah nggak asing lagi dengan nama Daniel Johnston. Sebelumnya di tahun 2012 dan 2015, Supreme sudah pernah menggandeng Johnston ke dalam capsule collection mereka dengan memasukkan berbagai gambar kartun Johnston, salah satunya yang paling terkenal adalah kartun “Captain America”.

Kini, di tahun 2020, Supreme kembali dengan koleksi terbaru mereka bersama mendiang Daniel Johnston. Lo akan melihat dunia khayal Johnston di dalam varian kaus, kemeja flanel, hoodies, beanies, dan garmen lainnya dalam koleksi Supreme SS20.

 

Donasi ke Organisasi Kesehatan Mental

Grafiti di sebuah dinding menggambarkan logo Hi, How Are You Project

Semasa hidupnya, Johnston cukup vokal akan pengalamannya mengidap schizophrenia dan bipolar disorder. Karena history tersebut, Supreme akhirnya memutuskan untuk mengenang Johnston dengan mendonasikan sebagian profit dari kolaborasi ini ke Hi, How Are You Project dan National Alliance on Mental Illness (NAMI), dua organisasi yang memberi bantuan kepada anak muda yang terdampak oleh gangguan mental.

Pengumuman mengenai donasi ini dikeluarkan oleh Supreme melalui unggahan Instagram, sekaligus sebuah montage klip pribadi dengan narasi dari suara mendiang Johnston. “That’s what I like about life and about art. It’s when you write a song, it’s just the way you saw it or just the way that it was,” ujar suara Johnston. Sejalan dengan kreativitas Johnston yang terinspirasi dari penyakit mental yang dialaminya.

 

Apresiasi Karya Seni Johnston

Tiga potret model yang mengenakan hasil kolaborasi Supreme dengan Daniel Johnston

Key piece dari kolaborasi Supreme dengan Daniel Johnston SS20 ini adalah gambar ikonik Jeremiah the Innocent, sebuah gambar yang muncul pertama kali di cover album Johnston berjudul “Hi How Are You” (1983). Gambar katak ini menjadi semakin terkenal berkat Kurt Cobain, penggemar artwork Johnston, yang memakai kaos bergambar Jeremiah the Innocent dalam perhelatan MTV Video Music Awards 1992.

Dalam karya Supreme, Jeremiah the Innocent akan berujar “I Know Supreme,” mengganti ujaran ikoniknya yang berupa “Hi, How Are You.” Nggak hanya itu saja, Supreme juga memasukkan berbagai karakter artwork Johnston lainnya, seperti komik Space Ducks - An Infinite Comic Book of Musical Greatness dan gambar The Silver Sufferer.

Sekarang lo sudah bisa membeli koleksi SS20 legendaris Supreme dengan Daniel Johnston melalui situs resmi Supreme New York. Dapat gratis ongkir untuk pembelian di atas US$150, lho!

 

 

 

Sources: Hypebeast, Highsnobiety, GQ

5 Lini Brand Lokal Ikut Produksi Masker di Tengah Pandemi

Thu, 28 May 2020
Seorang pria memakai masker kain

Di tengah pandemi, masker jadi salah satu bagian dari apparel wajib yang harus lo kenakan saat bepergian. Karena kebutuhan masker semakin meningkat, nggak heran kalau pasar beralih pada masker kain. Bahkan, beberapa lini brand lokal pun ikut memproduksi masker kain. #MumpungLagiDirumah saja, lo perlu menyediakan masker kain untuk bepergian. Ini beberapa pilihannya.

 

Tenue de Attire

Tampilan masker kain buatan Tenue de Attire

Brand lokal Tenue de Attire juga ikut berkomitmen mendukung kebijakan pemerintah dan membantu masyarakat tetap beraktivitas sambil menjaga kondisi kesehatannya. Itu sebabnya Tenue de Attire juga ikut memproduksi masker kain.

Masker kain buatan brand yang satu ini masuk ke dalam Contour collection milik mereka, identik dengan motif one-line face sketch yang terkesan artsy. Jadi, setiap pembelian kemeja Contour collection, lo berhak mendapatkan free Contour Masque. Tetapi, lo juga bisa membeli Contour Masque ini dengan harga ritel.

 

Monstore

Tampilan masker kain dari Monstore

Buat lo yang lebih suka menggunakan masker kain dengan warna-warna polos dan gelap, lo bisa coba masker kain dari brand lokal ini. Monstore memproduksi masker kain dengan pilihan warna monokrom yang cocok lo padu-padankan dengan outfit apapun saat harus keluar rumah untuk kepentingan tertentu.

Menggunakan bahan yang terbuat dari katun, lo bisa memakai masker kain buatan Monstore sampai beberapa kali. Desainnya pun nggak begitu ramai dan yang paling penting tentu saja aman serta dapat melindungi lo selama sedang beraktivitas di luar rumah.

 

Humblezing

Tampilan masker kain buatan Humblezing

Kalau biasanya lo terbiasa melihat brand Humblezing yang memadukan gaya outdoor dengan city wear, sekarang juga bisa dilihat dari produksi masker kain mereka. Berbeda dengan brand lainnya, Humblezing menjual satu set masker kain yang berisikan sebuah masker 3D, hand sanitizer spray, dan tas kecil untuk menaruh botol hand sanitizer tersebut.

 

Tentunya Humblezing tetap ingin para pelanggan mereka untuk stylish di tengah pandemi ini. Didominasi warna hitam, dijamin lo akan tetap tampil beken selama memakai masker 3D Humblezing ini. Lengkap juga dengan adjustable string dan lapisan anti dew pada masker, sehingga pemakaiannya juga lebih nyaman

 

Shining Bright

Tampilan salah satu masker kain buatan Shining Bright

Brand pakaian yang dikepalai Tarra Budiman ini ternyata juga ikut memproduksi masker kain. Nggak hanya itu, Shining Bright juga bekerja sama bersama Hari Merdeka dan skateboarder Satria Virjie untuk membentuk gerakan kemanusiaan Leap of Faith. Kolaborasi ini mencakup paket kaus, masker kain, dan stiker, setiap keuntungan yang didapat pun akan didonasikan dalam bentuk APD dan masker ke seluruh Indonesia.

Desain masker kain keluaran Shining Bright cukup simple, tetapi terlihat sangat maskulin dan keren. Dengan warna full black, lo akan merasa nyaman memakai masker kain tersebut. Lo bisa memesan masker kain ini melalui toko Shining Bright di e-Commerce atau lewat WhatsApp.

 

Okainku

Jenis motif masker kain keluaran brand Okainku dengan warna biru, merah, dan hitam

Brand lokal terakhir yang juga mengambil kesempatan untuk ikut berkontribusi memproduksi masker kain adalah Okainku. Lo bisa beli masker kain Okainku dari store mereka langsung dengan pemesanan online atau lewat beberapa aplikasi e-Commerce. Motif serta desain yang dimiliki masker kain Okainku ini Indonesia banget, Bro.

Dengan lo membeli masker di sini, lo secara nggak langsung sudah berdonasi ke Tangan untuk Indonesia. Donasi ini nantinya akan disalurkan untuk Sekolah Relawan.

 

 

 

Sources: Casa Indonesia, MSN, Nusa Daily