Jeans Daur Ulang dari H&M x Lee: Langkah Awal Mendukung Upcycle Fashion - MLDSPOT
  • Fashion
  • Jeans Daur Ulang dari H&M x Lee: Langkah Awal Mendukung Upcycle Fashion

Jeans Daur Ulang dari H&M x Lee: Langkah Awal Mendukung Upcycle Fashion

Tue, 16 February 2021
H&M x Lee

Di era new normal ini sepertinya para brand berlomba-lomba untuk menciptakan inovasi yang sesuai dengan minat dari pasarnya. Salah satu hal yang sekarang mulai disadari oleh publik adalah kepedulian terhadap lingkungan – well, sepertinya hal ini memang harus kita sadari, karena lo nggak akan menemukan tempat tinggal lain selain di bumi, bro!

Salah satu brand yang ikut beradaptasi dengan keadaan ini adalah H&M. Salah satu brand clothing ternama ini berhasil menciptakan inovasi sustainable denim yang bisa lo gunakan agar lebih ramah lingkungan.

Berkolaborasi dengan brand denim ternama Dunia – Lee, H&M merilis celana yang diklaim sustainable ini. Kira-kira apa yang membuat celana ini patut untuk disebut sustainable? Simak selengkapnya di bawah ya, bro!

Dibuat dari Bahan Daur Ulang

H&M x Lee

Credit image - Hypebae

Denim dari kolaborasi Lee dan H&M ini dianggap ramah lingkungan karena terbuat dari 100% bahan daur ulang dan kulit imitasi. Hasil denim dari kolaborasi ini dinilai jadi koleksi Lee paling sustainable sepanjang sejarah produksi mereka!

Kolaborasi ini dianggap menjadi produk ambisius H&M untuk menjadi brand yang peduli pada lingkungan. Pasalnya, H&M-lah yang memiliki inisiatif untuk membuat jeans dan overall berbahan dasar daur ulang 100%. Komposisinya terdiri dari 80% limbah industri dan 20% limbah konsumen.

H&M dan Lee memfokuskan bahan yang ramah lingkungan dengan hasil yang pastinya ingin menyajikan kualitas yang tampak seperti produk yang nggak kalah bagusnya dengan berbahan yang umumnya digunakan.

Pada denim ini juga H&M dan Lee menggunakan kulit imitasi yang terbuat dari gabus dan bahan kertas yang nampak seperti kulit – atau biasa disebut jacron. Keren banget ya, bro!

Langkah Awal Terciptanya Sustainable Fashion

H&M x Lee

Credit image – Sourcing Journal

Kolaborasi ini dianggap menjadi langkah pertama dari kedua brand ini untuk kedepannya dapat menciptakan produk yang lebih ramah lingkungan. Sebagai brand yang identik dengan denim, pastinya sulit untuk Lee membuat branding produknya menjadi ramah lingkungan – maka, kolaborasi ini dianggap sebagai batu pijakkan yang sangat pas untuk Lee.

Tidak berbeda jauh dengan H&M, harapannya dari kolaborasi ini kedepannya bisa menjadi produk yang bisa diproduksi terus menerus, bukan hanya produk kolaborasi semata. Hal ini pun didukung oleh pihak H&M sendiri, tepatnya Jon Loman – selaku desainernya,

“Kami senang sekali bisa bekerja sama dnega Lee dan melakukan kampanye bersama untuk perubahan lingkungan yang lebih baik. Kita memperhatikan setiap detil dan menantang brand kami sendiri untuk menciptakan produk yang bisa membawa konsumen untuk mengkonsumsi hal yang lebih positif.” Ujar Loman dalam siaran pers H&M dan Lee beberapa waktu lalu.

Inovasi yang Mengajak untuk Peduli

Seperti yang dikatakan di atas, gerakan dari kedua brand ini untuk menciptakan produk yang sustainable sebagai upaya pertama sebelum menjadi produk yang berkelanjutan.

Sepanjang sejarah produksi produk H&M dan Lee, mereka nggak pernah kepikiran untuk bikin produk semacam ini. Guess what – dengan behaviour changing dari konsumen akhirnya mereka mencoba membuat produk yang ramah lingkungan!

Selain itu, H&M dan Lee juga mengajak untuk orang lain yang kurang peduli lingkungan untuk menjadi lebih peduli. Kolaborasi ini secara nggak langsung menggabungkan keunggulan brand ­masing-masing, Lee dalam pembuatan denim, H&M dengan keunggulan kolaborasinya yang selalu menarik perhatian.

Sebelum dipasarkan, produk Lee dan H&M ini akan diverifikasi oleh pihak ketiga mengenai dampak air, CO2, dan kandungan yang ada dalam setiap produk sustainable ini untuk menguji apakah benar ramah lingkungannya.

Setelah kemarin di Indonesia ramai dengan upcycle fashion, sepertinya sustainable fashion ini juga bisa mendukung kita untuk menjaga bumi lebih baik lagi.

Berhubung belum available di offline store Indonesia, kalau tertarik untuk membeli produk ini, langsung aja ke situs resmi online H&M ya, bro!

 

Feature image – H&M

5 Sepatu Kanvas Brand Lokal yang Mendunia: Mana yang Lo Punya?

Mon, 01 March 2021
Sepatu Kanvas

Sepertinya, dunia fashion nggak akan lengkap tanpa kehadiran sepatu. Fashion item yang satu ini dapat melengkapi penampilan biar makin keren, bro! Dari sekian banyaknya jenis sepatu – salah satu yang sedang diminati, yaitu sepatu kanvas.

Selain memiliki berbagai desain unik – sepatu kanvas juga cenderung lebih nyaman untuk digunakan ketika beraktivitas. So, pantas aja kalau banyak orang yang memilih menggunakan jenis sepatu ini. Apakah lo juga termasuk pecinta sepatu kanvas?

Nggak cuma sepatu asal luar negeri saja yang banyak diminati, tetapi sepatu asal Indonesia – juga nggak kalah booming belakangan waktu terakhir.  Nah, biar nggak makin penasaran – berikut ini 5 rekomendasi sepatu kanvas lokal yang wajib lo ketahui.

Simak ulasan lengkapnya sampai habis ya, bro!

 

Compass

Sepatu Kanvas

Credit Image - blog.roomme.id

Sepatu kanvas lokal yang berhasil mencuri perhatian banyak orang – sudah pasti, Compass! Bagi para pecinta sneakers, wajib banget punya sepatu yang satu ini ya. Compass menawarkan kualitas yang bersaing dengan produk luar negeri, lho.

Dibuat dengan material twill yang lentur dan nggak terlalu tebal – membuat sepatu Compass nyaman digunakan dalam waktu yang lama. Nggak perlu takut kaki jadi sakit! Harga yang ditawarkan juga cukup affordable.

Yang lebih kerennya lagi, sepatu Compass juga pernah berkolaborasi dengan brand asal Jepang, yaitu FXXXKING RABBITS. Yakin lo nggak makin tertarik, bro, sama sepatu kanvas satu ini?

 

Brodo

Sepatu Kanvas

Credit Image - bro.do

Bagi pecinta sepatu formal dan boots – pasti sudah mengenal brand lokal yang satu ini. Apalagi, kalau bukan Brodo. Selain itu, Brodo juga memiliki sepatu kanvas kasual – yang melewati teknik pembuatan vulcanized.

Pada teknik tersebut, semua material sepatu akan disatukan – tanpa dijahit terlebih dahulu, melainkan langsung dimasukkan ke dalam oven panas. Dengan demikian, bentuk kanvas sepatu pun semakin sempurna.

Untuk desainnya, Brodo memiliki siluet yang memberi kesan ikonik – jadi, nggak heran kalau brand lokal ini banyak diminati. Nah, harganya pun cukup terjangkau – yang pasti nggak bikin kantong jebol, bro!

 

Pijak Bumi

Sepatu Kanvas

Credit Image - shopforcheapo.com

Beralih ke sepatu kanvas berikutnya, yaitu Pijak Bumi – brand lokal yang nggak kalah keren dari lainnya! Selain terkenal di Indonesia, nama Pijak Bumi juga booming di Jepang, lho. Bisa dibilang, Pijak Bumi jadi salah satu brand lokal yang sukses merambah pasar internasional.

Bukan sekedar memiliki desain minimalis biasa, tetapi Pijak Bumi merupakan sepatu yang ramah lingkungan. Ini terbukti dari material dan bahan pewarna yang digunakan – semuanya dari bahan alami. Meski demikian, kualitas sepatu Pijak Bumi kuat dan tahan lama, bro.

 

Ventela

Sepatu Kanvas

Credit Image – mainbasket.com

Sempat menghebohkan dunia maya – karena, desainnya yang cukup berani dan kontroversial, tetapi Ventela termasuk salah satu sepatu kanvas lokal yang punya kualitas juara, lho. Untuk pecinta sepatu kuat, namun tetap nyaman – Ventela bisa jadi pilihan tepat.

Punya desain berani dan kualitas nyaman, bukan berarti harus mahal, bro! Nggak perlu khawatir, Ventela menawarkan harga yang sangat terjangkau kok. Makin tertarik ya untuk membelinya?

 

Saint Barkley

Sepatu Kanvas

Credit Image - pikiran-rakyat.com

Apakah lo termasuk pecinta sneakers dan olahraga skateboards? Kalau begitu, nama Saint Barkley mungkin sudah terdengar familiar. Yup, sepatu kanvas lokal ini sering jadi pilihan – terutama, karena desain dan kualitasnya.

Selain cocok digunakan sehari-hari, sepatu dari Saint Barkley juga nyaman banget dipakai untuk bermain skateboards, lho. Nggak percaya? Silahkan coba sendiri, bro! Yakin, setelah itu lo pasti setuju dengan klaim kenyamanan tersebut.

Lalu, bagaimana dengan harganya? Untuk hal ini, Saint Barkley menawarkan harga yang cukup bersaing dan terjangkau. Yang pasti, lo nggak bakal nyesel membeli salah satu koleksinya.

Itulah kelima sepatu kanvas brand lokal yang mendunia – dan, tentu punya banyak peminatnya. Apakah lo sudah punya salah satunya, bro?

 

Featured Image - mojok.co