Home Fashion Nike Cortez, Dari Eazy-E NWA, Forrest Gump, Sampai Kendrick Lamar
Nike Cortez, Dari Eazy-E NWA, Forrest Gump, Sampai Kendrick Lamar

Nike Cortez, Dari Eazy-E NWA, Forrest Gump, Sampai Kendrick Lamar

Thursday, November 29, 2018 - 15:18
Bagikan
Facebook Twitter Email

Jika lo bertanya apa sepatu yang paling berpengaruh di dunia, jawabannya adalah Nike Cortez. Ini adalah sepatu track pertama dari Nike. Cortez merupakan sepatu original bikinan Phill Knight dan Bill Bowerman yang merupakan founder dari Nike. Bowerman sendiri adalah atlet olimpiade lari track lapangan dan mengatakan harus ada sepatu track yang mumpuni bagi atlet, lahirlah Nike Cortez.

Nama Cortez kemudian berkembang menjadi sebuah culture di Los Angeles, dengan harga yang murah sepatu ini mudah didapat. Tetapi pada tahun 1990-an, Nike Cortez sempat di-banned di beberapa sekolah. Alasannya, para gangster di LA menggunakan Cortez sebagai identitas. Jadi, anak muda di LA tahun 1990-an haram menggunakan Nike Cortez.

 

Sebuah culture

Sebuah culture

Sebelum masuk dark age tahun 1990-an, Nike Cortez begitu merajai komunitas di Amerika Serikat. Jika lo sudah menonton film Straight Outta Compton (2015), lo akan melihat bagaimana Eazy-E, salah satu founder NWA, menggunakan Nike Cortez saat manggung sekitar 1980-an akhir dan 1990-an awal. Saat itu Cortez menjadi sebuah identitas, sebuah budaya bagaimana perkembangan anak muda kawasan West Coast.

Setelah pada tahun 1990-an di-banned, Nike ingin mengangkat kembali Cortez menjadi sebuah budaya di LA. Nike mengeluarkan sepatu Cortez dengan warna baru dan varian baru. Kemudian salah satu YouTuber sneaker dengan channel DavidGotKicks juga mempopulerkan Nike Cortez sebagai sepatu culture dari Los Angeles. Ditambah lagi tahun 2013, Kendrick Lamar rapper asal Los Angeles mengatakan di lagu Control bahwa dirinya akan bersumpah hanya menggunakan sepatu Nike Cortez.

 

Cerita di balik sebuah sepatu

Cerita di balik sebuah sepatu

Dulu Phill dan Bill menamai sepatunya dengan Aztec, tetapi karena ada masalah dengan Adidas Nike mengganti nama Aztec dengan Cortez. Dalam bahasa Spanyol, Cortez adalah petarung penakluk Aztec, sebuah bangsa yang berada di Meksiko. Lalu, lo bisa melihat film Forrest Gump (1994) yang menggunakan Nike Cortez ketika berlari mengelilingi Amerika Serikat. Dan sekarang, Kendrick Lamar membawa kembali masa jaya Nike Cortez sebagai cerita besar di balik sebuah sepatu.

Setiap sepatu pasti mempunyai cerita yang berbeda, apa cerita favorit di balik sepatu lo?

 

 

Source: complex.com