Home Fashion Nike Punya Sepatu yang Benar-Benar Bikin Pelari Makin Cepat

Nike Punya Sepatu yang Benar-Benar Bikin Pelari Makin Cepat

Tuesday, December 5, 2017 - 10:34
Bagikan
Facebook Twitter Email

Sampai saat ini, belum ada sepatu yang benar-benar bisa membuat pemakainya berlari lebih cepat. Paling-paling, pelari akan merasakan nyaman atau semakin percaya diri ketika memakai sepatu larinya. Namun, sepatu Nike Vaporfly 4% memang membuat pemakainya bisa berlari lebih cepat dibanding sepatu lain. Nggak percaya?

 

Nama Vaporfly 4% Bukan Tanpa Arti

Pada bulan September 2017 kemarin, Nike mengeluarkan sepatu lari dengan nama Vaporfly 4%. Dari namanya memang cukup aneh, karena enggak biasanya Nike menggunakan persentase di dalam sepatunya. Usut punya usut, ternyata angka 4% berasal dari studi CU Bolder bahwa Vaporfly ini 4% lebih efisien daripada sepatu andalan Nike sebelumnya, Zoom Streak 6.

Penelitiannya enggak sembarangan lho, Urbaners. Selain sepatu Nike, CU Bolder ini juga memasukkan sepatu Adidas dalam risetnya. Jika Vaporfly ini 4% lebih efisien daripada Zoom Streak 6, Vaporfly diklaim lebih efisien hingga 6% dibanding Adidas Boost 2.

 

Eliud Kipchoge memakai sepatu Nike

Nama Eliud Kipchoge dielu-elukan setelah mengantongi medali emas maraton pada Olimpiade Rio 2016 kemarin. Selama berlari, pelari asal Kenya ini memakai sepatu Nike yang sedikit banyak mengangkat nama Nike di dunia lari. Nah, pada Mei 2017 kemarin, Eliud Kipchoge memecahkan rekor sebagai pelari maraton tercepat di dunia dengan waktu 2 jam 25 detik saat menggunakan Vaporfly 4%.

Sebelumnya, rekor maraton tercepat dipegang oleh Dennis Kimetto pada Berlin Marathon 2014. Sepatu Dennis Kimetto saat itu adalah Adidas Boost 2, yang disinyalir kalah efisien hingga 6% dari Vaporfly 4%.

Salah satu keunggulan Vaporfly 4% adalah bahannya yang lebih ringan, daya cengkram di jalanan aspal lebih baik, dan yang paling penting adalah busa di bagian telapak kaki sangat nyaman. Nike mengatakan, ketika pengguna Vaporfly 4% ini berlari, setidaknya energi yang kembali sekitar 76%, masih lebih baik daripada Adidas Boost 2 yang hanya 66%.

Tertarik menggunakan Vaporfly 4%? Lo harus merogoh kocek sekitar 3 juta rupiah agar lari lo lebih cepat dari biasanya.

 

Source: wired.com