Supaya Awet Layaknya Baru, Ikuti Trik Merawat Tas dan Sepatu Kulit Kesayangan Lo - MLDSPOT
  • Fashion
  • Supaya Awet Layaknya Baru, Ikuti Trik Merawat Tas dan Sepatu Kulit Kesayangan Lo

Supaya Awet Layaknya Baru, Ikuti Trik Merawat Tas dan Sepatu Kulit Kesayangan Lo

Tue, 19 May 2020
: Seorang pria sedang duduk sambil memasang sepatu kulitnya

Terkenal karena kualitas dan nilai estetikanya, nggak heran kalau produk berbahan kulit dijual dengan harga mahal. Bagi para pria, menggunakan tas dan sepatu kulit menjadi cara instan untuk tampil keren, dewasa, serta profesional. Nggak terkecuali dengan lo yang suka tampil fashionable dengan tas dan sepatu kulit kesayangan.

Sempat viral foto-foto sepatu dan tas kulit mahal yang menjamur di mal selama PSBB berlangsung, jangan sampai ini terjadi dengan produk berbahan kulit di rumah lo. #MumpungLagiDirumah aja, waktunya buat lo untuk belajar cara merawat tas dan sepatu kulit dengan trik berikut.

 

Jauhi dari Panas dan Sinar Matahari

Sepasang sepatu kulit dan kemeja disimpan di atas meja, jauh dari sinar matahari

Sama seperti kulit manusia, produk berbahan kulit juga rentan akan panas dan sinar matahari. Apalagi mengingat bahan kulit sangat mudah untuk mengering, mengkerut, bahkan pudar. Oleh sebab itu, saat tas dan sepatu kulit lo basah terkena air atau hujan, sebaiknya lo keringkan dengan kain bersih dan biarkan mengering sendiri secara alami. Jangan lo jemur di bawah terik matahari, apalagi sampai dikeringkan dengan hair dryer.

 

Simpan Menggunakan Kain

Sebuah tas kulit disimpan di dalam bungkus kain

Saat lo membeli tas atau sepatu kulit, pastinya akan diberikan sebuah bungkus kain khusus untuk menyimpannya, Bro. Jangan sampai kain ini hilang ya, sebab kain ini sangat berguna untuk menjaga kualitas produk berbahan kulit kesayangan lo. Pada dasarnya, bahan kulit memerlukan sirkulasi udara yang baik, ibaratnya seperti manusia yang butuh bernafas.

Kalau ternyata bungkus kain dari toko sudah terlanjur hilang, trik mudah untuk menyimpan tas dan sepatu kulit lo agar tetap awet adalah dengan menggunakan sarung bantal. Benar, simpan saja di dalam sarung bantal dan taruh di lemari atau kardus sepatu. Sarung bantal biasanya berbahan katun, sehingga memudahkan udara untuk masuk dan keluar dari produk berbahan kulit milik lo.

 

Bersihkan dengan Lap Basah

Seseorang membersihkan tas kulit dengan tisu basah

Pernah dengar saran bahwa tas dan sepatu kulit nggak boleh kena air? Memang nggak sepenuhnya salah, namun lo tetap perlu membersihkan produk berbahan kulit menggunakan lap basah secara rutin. Celup kain bersih ke dalam air, peras agar kain menjadi lembab, barulah lo bersihkan tas dan sepatu kulit lo dengan menepuk-nepuk lembut. Lakukan ini sekitar 1-2 kali seminggu untuk membersihkan segala kotoran dan debu yang menempel.

Kalau tas dan sepatu kulit lo terkena noda membandel, ambil penghapus putih dan segera gosokkan ke area yang kotor. Untuk noda minyak, taburkan bedak talc ke area tersebut dan diamkan selama semalam. Hal yang harus diingat adalah untuk tidak membersihkan produk berbahan kulit dengan sabun biasa. Lo bisa menggunakan sabun khusus untuk tas dan sepatu kulit, atau percayakan pada para profesional.

 

Gunakan Semir dan Conditioner

Seorang pria menyemir sepatu kulit hitamnya

Tas dan sepatu berbahan kulit mudah sekali untuk mengering. Jika tidak dirawat, tampilannya akan berubah menjadi usang, kurang mengkilap, bahkan mulai pecah-pecah. Itu sebabnya lo harus mulai membeli semir dan conditioner berkualitas sebagai aftercare bahan kulit.

Pilih semir yang warnanya sama dengan sepatu kulit lo. Lalu, pilih juga conditioner yang berkualitas. Sebelum digunakan, lakukan patch test dulu. Usap semir dan conditioner di satu titik kecil, kemudian diamkan selama 24 jam. Hal ini untuk mencegah terjadinya perubahan warna yang signifikan terhadap produk berbahan kulit lo. Semir bisa kapan saja saat lo ingin sepatu kulit lo semakin mengkilap, tetapi jangan lupa untuk menggunakan conditioner setiap 6-12 bulan sekali.

 

 

 

Sources: Art of Manliness, Luxury Insider, The Finder

Outfit Lebaran dengan Coach Jacket: Biar Bisa Ngantongin Banyak, Bro!

Wed, 12 May 2021
coach jacket

Lebaran tinggal menghitung hari aja nih, bro. Walaupun tahun ini merayakan Hari Raya Idul Fitri nggak bisa bertemu dan berkumpul secara langsung dengan keluarga, tapi penampilan tetap harus diperhatikan dong ya.

Biar bisa tampil beda saat hari raya, lo bisa pakai coach jacket yang bisa lo padukan dengan baju model lainnya. Karena modelnya yang modern dan trendy, jenis jaket ini juga bisa dipakai kapan aja, mulai dari ke kampus atau ke kantor.

Kalo lo masih bingung gimana mix n match-nya - MLDSPOT kali ini bakal kasih lo tips buat padu padan outfit lo dengan coach jacket, supaya bisa keliatan kece dan melawan dipakai buat hari raya nanti. So, check this out!

Kombinasikan dengan Celana Jeans dan Kaos

coach jacket

Credit image - gallucks.com

Pertama-tama tentunya adalah padu padan basic dengan model pakaian apapun, termasuk dalam coach jacket yaitu lo bisa mix n match dengan kaos yang berwarna netral atau jeans andalan lo. Sebagai pelengkap lo tinggal pilih sepatu mana yang kira-kira cocok, apakah sneakers atau sepatu boots? Lo yang tentukan, bro!

Celana Kulot Bikin Tampilan Lebih Edgy

Sementara, kalo mau tampilan lebih edgy, lo bisa mencoba padankan coach jacket ini dengan celana kulot dan blouse atau kaos untuk tampilan yang terkesan lebih menawan, tapi tetap edgy.

Supaya tampilan lo makin sempurna, lengkapi dengan sepasang sneakers andalan. Jika celana kulot lo terlihat ngatung, lo juga bisa mengenakan kaus kaki sebagai aksesori tambahan.

Padankan Coach Jacket dengan Kemeja

Tampilan formal saat lebaran atau acara formal lainnya, biasanya lo menggunakan blazer atau kemeja batik aja. Meski kece, namun tampilan tersebut udah terlalu mainstream, bro!

Biar penampilan makin oke dan nggak itu-itu aja, lo bisa padukan kemeja dan celana jeans atau celana chinos dengan coach jacket. Tapi Ingat, gunakan coach jacket yang berwarna netral ya, agar tampilan lo makin rapi dan tentunya menarik.

Aksesoris sebagai Sentuhan Terakhir

coach jacket

Credit image - thefashiontag.com

Coach jacket memang didesain supaya nyaman dipakai dan bisa dipadukan dengan busana apapun. Kalo lo udah temukan model baju yang cocok, buat sentuhan terakhir lo bisa tambahkan aksesoris.

Lo bebas mau menambahkan jenis aksesoris apapun yang cocok dengan tampilan lo. Misalnya, ikat pinggang biar setelan lo terlihat sempurna, lo bisa pilih ikat pinggang kulit berwarna cokelat.

Selain itu, jam tangan wajib dipakai karena fashion item ini, bisa bikin tampilan lo drastis lebih menarik. Setidaknya lo perlu memiliki dua jam tangan, yang casual dan jam tangan formal untuk keperluan lo di berbagai acara.

Tren di Kalangan Street Styler

Kalo lo salah satu penyuka street style, pastinya lo familiar dengan coach jacket yang udah cukup lama menjadi tren di kalangan street styler. Para brand street style juga mengeluarkan ragam koleksi coach jacket mereka. Mulai dari Champion sampai brand lokal Futurama.

Coach jacket memang wajar menjadi pilihan populer buat lo yang suka tampil kasual dengan gaya street style. Coach jacket umumnya terbuat dari material nylon atau parasut yang tahan air. Selain itu, coach jacket juga memiliki model versatile sehingga bisa dipadukan dengan hampir semua jenis pakaian.

Itu dia beberapa rekomendasi padu padan coach jacket buat busana lebaran. Jadi, apa lo udah menentukan mau bergaya seperti apa di hari raya nanti? Coba ikutin tips dari MLDSPOT barusan ya, bro!

 

 

Featured image - apetogentleman.com