Home Food 7 Delicious Street Food Around the world

7 Delicious Street Food Around the world

Monday, January 5, 2015 - 19:28
Bagikan
Facebook Twitter Email

Urbaners yang suka traveling, pasti selalu menyempatkan diri mencicipi makanan khas di daerah atau negara yang dikunjungi. Salah satu yang sering menggoda mata dan perut kita adalah deretan kedai makanan pinggir jalan atau street food, Apa aja street food paling enak di dunia ini?

1. Churros (Spanyol)

Churros bisa dibilang sebagai donatnya orang spanyol, makanan ini adalah jajanan kaki lima yang sangat populer. Di negara asalnya, makanan dijual di gerobak dan penjualnya banyak yang sudah berumur. Bentuknya panjangdan bergerigi seperti kaktus, disajikan panas dengan taburan gula bubuk dan dilengkapi dipping berupa saus cokelat atau vanilla.

2. Takoyaki (Jepang)

Takoyaki adalah jajanan cemilan kaki lima khas jepang yang berisi gurita. Takoyaki ini berbentuk bulat seperti bola dengan potongan gurita didalamnyadan disajikan dengn saus kacang atau mayones. Saat lo memesan menu ini, lo juga bisa menyaksikan atraksi penjualnya membolak-balik adonan hingga berbentuk bulat dan matang.

3. Banh Mi (Vietnam)

Banh mi adalah kuliner warisan perancis yang sempat menjajah vietnam. Jajanan ini mirip dengan sandwich tapi rotinya menggunakan baguette ala vietnam yang lebih tipis dan renyah. Bisanya, didalamnya akan diisi dengan campuran daun ketumbar, acar wortel, lobak dan daging (bisa ayam, sapi atau babi).

4. Poutine (Kanada)

Poutine bisa dikatakan sebagai makanan nasional Kanada, karena makanan ini mudah dijumpai di seluruh wilayah Kanada dan merupakan jajanan favorit negeri tersebut. Jajanan ini berisi potongan kentang goreng yang disiram dengan keju yang diasamkan dan saus. Sounds yummy isn’t it?

5. Elote (Meksiko)

Elote ini sebenarnya adalah jagung rebus bakar, lho?maksudnya, sebelum dibakar, jagung ini direbus dulu, baru diberi beberapa bumbu dan dibakar. Selain disajikan dalam bentuk jagung utuh, sekarang lebih populer dengan penyajian baru yaitu dengan memipil jagung kemudian dimasukkan kedalam mangkuk dan diberi bumbu lagi seperti mayones, keju dan mentega.

6. Nieuwe Haring (Belanda)

Nieuwe Haring adalah jajanan kaki lima yang paling mudah ditemui di Belanda. Jajanan sehat ini berbahan dasar ikan haring yang dicampur dengan garam serta bawang dan acar. Ikan haring adalah ikan laut yang bertulang lunak dengan vitamin dan mineral yang tinggi.

7. Hot Dog (Amerika)

Hot dog adalah salah satu jajanan khas Amerika yang sudah mendunia, tapi, kalau lo berkunjung kesana,jangan lupa untuk mencoba hot dog asli Amerika Cita rasa dalam sosis yang diapit dengan roti lembut dan dicampur acar serta keju leleh di Amerika, dijamin jauh lebih lezat saat dinikmati di negara tempatnya berasal.

Walaupun hanya dijajakan di pinggir jalan, makanan-makanan tadi kelihatan lezat semua ya urbaners. Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan kebersihan saat jajan dipinggir jalan. So, grab your bag, go travel, and enjoy those food!