Trending
Selasa, 13 Januari 2015

Baby Ruth, Permen Coklat yang Terinspirasi Atlet

  • Share
  • fb-share
Baby Ruth, Permen Coklat yang Terinspirasi Atlet

Nama Baby Ruth, mungkin terdengar asing di telinga urbaners, tapi kalau lo travelling ke amerika pasti dengan mudah menemukan nama ini. Pada tahun 1921 Baby Ruth diperkenalkan ke pasar oleh Curtiss Candy Company. Otto Schnering, sang pemilik pabrik menyatakan bahwa nama Baby Ruth diambil dari nama anak presiden Grover Cleveland, Ruth. Ruth sendiri meninggal pada usia 12 tahun dan meninggal 17 tahun sebelum keluarnya produk candy bar ini.

Entah kebetulan atau tidak, pada tahun itu nama Babe Ruth, seorang atlet baseball yang bermain untuk New York Yankee sedang meroket dengan 59 home runnya pada musim itu. Babe Ruth sendiri telah mengkoleksi 142 home runs pada periode 1919-1921 dan mengantarnya menjadi selebriti di negaranya.

Sebelumnya, candy bar baby ruth sempat dinamai kandy kake dan secara kebetulan berganti nama menjadi baby ruth tepat setelah Babe Ruth menjadi terkenal. Produsen candy bar ini pun sempat menawarkan kepada Babe Ruth untuk diendorse tapi dia menolaknya.

Seiring semakin melejitnya nama sang atlet, produk candy bar ini pun semakin berusaha untuk mengasosiasikan produknya dengan Babe Ruth. Salah satunya dengan memasang iklan raksasa dikantor pusat mereka yang terletak didekat Wrigley Stadium tempat Babe Ruth bermain pada tahun 1932. Iklan raksasa ini sangat besar sampai seluruh bagian iklan bisa dilihat dari stadion.

Tujuh puluh empat tahun setelah candy bar ini dinamai Ruth, Nestle selaku pemegang hak untuk merk ini sekarang akhirnya secara resmi memperoleh hak untuk menggunakan nama Ruth yang bisa dengan bebas digunakan dalam kampanye pemasaran produk itu. Bahkan pada tahun 2007, Nestle mengklaim bahwa Baby Ruth adalah “the official candy bar of major league baseball”. Produk ini sendiri adalah candy bar pertama yang sukses karena nama besar figur publik.

 

 

Comments
Sandi Widiyantoro
Sangat ber-filosofi
Ruri
Good information