Tren Baru Untuk Makan Siang - MLDSPOT
  • Food
  • Tren Baru Untuk Makan Siang

Tren Baru Untuk Makan Siang

Wed, 11 February 2015

Makan siang bersama teman-teman, membuka bekal masing-masing, dan kemudian “joinan” menu makanan adalah kebiasaan yang menyenangkan, Urbaners. Orang-orang biasa melakukannya di sekolah, di kampus, bahkan di tempat kerja. Tapi sekarang ada tren baru yang nggak kalah seru; makan siang dengan Mason Jar.

Apa itu Mason Jar? Mason Jar ditemukan dan dipatenkan pada tahun 1858 oleh John Landis Mason tukang pateri Philadelphia. Mason Jar, atau yang lebih mirip seperti toples selai ini sekarang sudah menjadi tren di kalangan remaja masa kini untuk menjadi tempat bekal makan siang mereka. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan saat bekal makanan lo ditempatkan di dalam sebuah Mason Jar:

  • Sayuran tetap segar walau sudah dibuat dari beberapa jam yang lalu
  • Aman untuk dimasukan ke dalam microwave (kalau memang perlu)
  • Tidak mudah bocor
  • Mudah dicuci setelah digunakan
  • Bisa dipakai berkali-kali

 

Hal lain yang bikin Mason Jar ini digemari para remaja masa kini yaitu karena harganya yang murah dan mudah didapatkan. Di Indonesia sendiri, lo bisa dapatkan toples beling semacam ini di tempat yang jual perabotan rumah tangga. Di sana biasanya tersedia Mason Jar asal USA dengan berbagai ukuran. Harganya mulai dari belasan ribu sampai ratusan ribu. Atau kalau mau lebih praktis, silakan lo cari di online shop!

Sudah banyak orang yang menggunakan Mason Jar sebagai tempat bekal makan siang mereka, selain diisi cake atau ice cream, Mason jar bisa juga diisi dengan salad atau pasta yang segar. Alasan lain kenapa Mason jar ini cukup populer adalah  karena mereka menyukai desain vintage dari Mason Jar itu sendiri yang nggak berubah sejak belasan abad lalu. Tertarik untuk mencoba, Urbaners?

 

 

Ukurannya Beragam
Mengkoleksi Mason Jar dari berbagai ukuran memang menjadi hal yang cukup menarik untuk dilakukan, tapi kalau lo minim budget, ya belilah sesuai kebutuhan. Semakin besar ukuran, biasanya semakin mahal pula harganya. Of course!

Mason Jar dan Valentine
Selain untuk tempat bekal makan siang, Mason Jar ini juga bisa digunakan sebagai wadah kue untuk hadiah Valentine’s, Lho.

Kegunaan Lain Mason Jar
Dengan kreativitas, banyak hal yang bisa kita lakukan dengan Mason Jar, salah satunya kita bisa menyulapnya menjadi hiasan rumah!

Menu Kopi yang Nggak Bikin Perut Cranky: Udah Tau Cafe Manchado, Bro?

Mon, 03 May 2021
Cafe Manchado

Pasti banyak dari lo yang merasa nggak bisa hidup tanpa kopi. Nggak salah sih – karena kopi emang bisa nambah produktivitas sehari-hari kalo lo mengonsumsinya di waktu yang tepat. Di Indonesia sendiri kedai kopi serta varian kopi udah menjamur banget. Di setiap sudut kota lo akan menemukan kedai kopi dengan varian kopi yang berbeda-beda juga.

Tapi umumnya – di Indonesia punya ciri khas kopi dengan espresso yang dicampur dengan susu dan juga gula aren. Dianggap sebagai signature-nya kedai kopi Indonesia, ternyata di Spanyol juga ada hal serupa dengan nama Café Manchado nih, bro.

Apakah sebelumnya lo udah pernah dengar? Kopi yang katanya cocok buat lo yang nggak suka rasa yang terlalu strong dari kopi dan juga bersahabat dengan lambung ini sepertinya menarik untuk dikulik. Biar nggak penasaran, langsung aja simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Café Manchado: Ini Buat Perut Lo yang Suka Cranky!

Café Manchado merupakan minuman yang berasal dari Spanyol dan juga terdapat di beberapa wilayah di Portugal. Minuman yang komposisinya terdiri dari hampir 90% susu ini ternyata merupakan varian kopi, bro!

Minuman kopi susu dengan komposisi kopi hanya 10% ini seringkali dianggap sebagai formalitas belaka. Pada awal diciptakannya, para penikmat Café Manchado cuma pengen minum susu. Tapi biar rasanya nggak creamy doang, mereka meminta baristanya memberikan kopi dikit pada minumannya.

Ibaratnya, ini minuman susu yang dinodain sama kopi deh, bro!

Minuman yang Kebalikan dari Macchiato

Cafe Manchado

Credit image - Neschino

Kalo diliat-liat, Café Manchado merupakan kebalikan dari macchiato. Minuman yang terdiri dari espresso dan diberikan sedikit busa susu di atasnya ini membuat macchiato punya rasa kopi yang lebih dominan. Sedangkan susu pada minuman ini cuma hiasan dan pelengkap aja.

Sedangkan – café manchado kebalikannya. Varian kopi yang di Indonesia masih dikategorikan jarang ini ternyata udah punya banyak penikmat setia. Minuman dengan jenis ini umumnya  dinikmati pagi hari dan disajikan hangat.

Sensasinya Kayak Minum Kopi Nggak Sih?

Cafe Manchado

Credit image – Unsplash

Dengan kandungan kopi yang hanya 10% kopi dan didominasi oleh susu, pastinya buat lo yang emang suka rasa kopi yang strong bertanya-tanya – apakah sensasinya beneran kayak minum kopi?

Jawabannya adalah tergantung kadar kopi yang bisa ditoleransi oleh setiap pemikmat. Pastinya semua orang punya toleransi yang berbeda-beda. Mungkin rasanya akan sedikit berbeda dari kopi susu yang biasa diminum pada umumnya, tapi lo tetap bisa menikmati minuman ini dengan cita rasa kopi yang sedikit itu kok, bro!

Pada dasarnya, varian minuman kopi yang satu ini bukan lah murni varian kopi yang dibuat untuk kopi selayaknya resep macchiato ataupun cappucino. Melainkan hanya sebuah variasi.

Selain itu, minuman kopi dengan jenis ini merupakan minuman yang menjadi alternatif bagi mereka yang bisa diminum oleh mereka yang nggak bisa terkena terlalu banyak kafein tapi masih ingin menikmati kopi – atau orang yang ingin mengurangi asupan kafein harian.

Mengingat kopi juga punya kelebihan dan kekurangannya, café manchado ini jadi shortcut buat lo yang penikmat kopi tapi punya perut yang cranky. Tapi kalo lo suka tipe kopi yang strong, sepertinya nggak ada salahnya untuk nyoba varian kopi yang satu ini – biar jadi cita rasa baru, bro!

 

Feature image – Verywell Mind