Variasi Hidangan Taco ala Mexico - MLDSPOT
  • Food
  • Variasi Hidangan Taco ala Mexico

Variasi Hidangan Taco ala Mexico

Mon, 23 March 2015

Makanan khas Meksiko yang terdiri dari tortilla jagung atau gandum ini cukup populer di kalangan pencinta kuliner. Variasi isinya yang terdiri dari daging sapi, ayam, sampai seafood memang bikin ketagihan. Tapi, kalau udah bosan dengan taco yang biasa, saatnya melirik variasi taco berikut ini:

 

1.  Steak Tacos dengan Mayo Jeruk Nipis

Coba padukan lezatnya daging steak dengan eksotisme tacos untuk santapan yang kaya rasa. Cukup panggang daging steak yang sudah dimarinade dan letakkan di atas tortilla jagung. Untuk penambah rasa, tambahkan bell pepper dan mayones yang udah dicampur sedikit air jeruk nipis. Panggang sebentar hingga matang. Soal rasa? Delicioso.

 

2.  Tacos dengan Tofu Crunchy

Penasaran dengan tacos berisi tofu? Sedikit cita rasa Asia akan membuat tacos dengan tofu crunchy jauh dari kata membosankan. Membuatnya juga mudah. Cukup ambil tortilla jagung, panggang hingga matang, kemudian tambahkan tofu yang sudah digoreng kering, acar wortel dan lobak, kacang mete sangrai, serta mayones dan saus Sriracha secukupnya. Karena nggak mengandung daging, tacos tofu ini sangat cocok untuk lo yang vegetarian.

 

3.  Tacos Udang Bakar (Blackened Shrimp Tacos)

Tacos yang satu ini pasti memanjakan selera para seafood lover. Bumbui satu pon udang yang udah dikupas dengan paprika, cumin, oregano, bubuk bawang putih, merica, dan thyme secukupnya. Kemudian, panggang udang selama dua menit untuk masing-masing sisi hingga matang. Untuk sausnya, pakai dua sendok mayones, dua sendok buttermilk, setengah sendok bawang putih cincang dan cuka, dan setengah cangkir queso fresco. Setelahnya, masak tortilla hingga matang kemudian tata udang, saus, dan potongan avokad serta tomat di atas tortilla. Meski membutuhkan banyak bahan “eksotis”, rasa tacos udang bakar ini bikin perjuangan lo di dapur terbayar lunas.

4.  Cobb Salad Tacos

Cobb salad tacos ini pas untuk lo yang mau lebih “eksperimental” dengan isian tacos. Supaya nggak plain, salad sebagai isian tacos juga dilengkapi keju, ayam, dan bacon untuk penambah rasa. Seperti biasa, panggang tortilla hingga matang. Tata lettuce, avokad, dan tomat di atas tortilla. Kemudian tambahkan bacon, telur yang dicincang kasar, dan daging ayam bakar yang sudah disuwir. Sebagai sentuhan akhir, siram dengan dressing yang terbuat dari dua sendok makan mayones, dua sendok makan buttermilk, dan seperempat cangkir blue cheese.

 

 

Tacos Daging Ular Piton
Kita semua udah tau kalau tacos memiliki banyak variasi isian. Salah satu varian isian yang paling “gila” adalah daging ular piton. Tacos dengan isian daging piton ini bisa didapatkan di Boca Tacos di Tuczon, Arizona. 

 

Tacos de Cabeza
Inilah jenis tacos dengan isian yang terbuat dari bagian kepala hewan yang dimasak dalam waktu lama. Konon, karena dimasak dalam waktu lama, daging pada tacos ini lebih berasa dibanding daging tacos biasa. 

 

Tacos Cokelat
Choco Taco adalah merk dari makanan penutup yang berbentuk seperti taco dengan rasa cokelat. Choco Taco terbuat dari waffle cone yang diisi es krim vanilla berlapis kacang dan cokelat susu. Choco Taco yang diproduksi tahun 1980-an ini berasal dari Philadephia. 

 

Menu Kopi yang Nggak Bikin Perut Cranky: Udah Tau Cafe Manchado, Bro?

Mon, 03 May 2021
Cafe Manchado

Pasti banyak dari lo yang merasa nggak bisa hidup tanpa kopi. Nggak salah sih – karena kopi emang bisa nambah produktivitas sehari-hari kalo lo mengonsumsinya di waktu yang tepat. Di Indonesia sendiri kedai kopi serta varian kopi udah menjamur banget. Di setiap sudut kota lo akan menemukan kedai kopi dengan varian kopi yang berbeda-beda juga.

Tapi umumnya – di Indonesia punya ciri khas kopi dengan espresso yang dicampur dengan susu dan juga gula aren. Dianggap sebagai signature-nya kedai kopi Indonesia, ternyata di Spanyol juga ada hal serupa dengan nama Café Manchado nih, bro.

Apakah sebelumnya lo udah pernah dengar? Kopi yang katanya cocok buat lo yang nggak suka rasa yang terlalu strong dari kopi dan juga bersahabat dengan lambung ini sepertinya menarik untuk dikulik. Biar nggak penasaran, langsung aja simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Café Manchado: Ini Buat Perut Lo yang Suka Cranky!

Café Manchado merupakan minuman yang berasal dari Spanyol dan juga terdapat di beberapa wilayah di Portugal. Minuman yang komposisinya terdiri dari hampir 90% susu ini ternyata merupakan varian kopi, bro!

Minuman kopi susu dengan komposisi kopi hanya 10% ini seringkali dianggap sebagai formalitas belaka. Pada awal diciptakannya, para penikmat Café Manchado cuma pengen minum susu. Tapi biar rasanya nggak creamy doang, mereka meminta baristanya memberikan kopi dikit pada minumannya.

Ibaratnya, ini minuman susu yang dinodain sama kopi deh, bro!

Minuman yang Kebalikan dari Macchiato

Cafe Manchado

Credit image - Neschino

Kalo diliat-liat, Café Manchado merupakan kebalikan dari macchiato. Minuman yang terdiri dari espresso dan diberikan sedikit busa susu di atasnya ini membuat macchiato punya rasa kopi yang lebih dominan. Sedangkan susu pada minuman ini cuma hiasan dan pelengkap aja.

Sedangkan – café manchado kebalikannya. Varian kopi yang di Indonesia masih dikategorikan jarang ini ternyata udah punya banyak penikmat setia. Minuman dengan jenis ini umumnya  dinikmati pagi hari dan disajikan hangat.

Sensasinya Kayak Minum Kopi Nggak Sih?

Cafe Manchado

Credit image – Unsplash

Dengan kandungan kopi yang hanya 10% kopi dan didominasi oleh susu, pastinya buat lo yang emang suka rasa kopi yang strong bertanya-tanya – apakah sensasinya beneran kayak minum kopi?

Jawabannya adalah tergantung kadar kopi yang bisa ditoleransi oleh setiap pemikmat. Pastinya semua orang punya toleransi yang berbeda-beda. Mungkin rasanya akan sedikit berbeda dari kopi susu yang biasa diminum pada umumnya, tapi lo tetap bisa menikmati minuman ini dengan cita rasa kopi yang sedikit itu kok, bro!

Pada dasarnya, varian minuman kopi yang satu ini bukan lah murni varian kopi yang dibuat untuk kopi selayaknya resep macchiato ataupun cappucino. Melainkan hanya sebuah variasi.

Selain itu, minuman kopi dengan jenis ini merupakan minuman yang menjadi alternatif bagi mereka yang bisa diminum oleh mereka yang nggak bisa terkena terlalu banyak kafein tapi masih ingin menikmati kopi – atau orang yang ingin mengurangi asupan kafein harian.

Mengingat kopi juga punya kelebihan dan kekurangannya, café manchado ini jadi shortcut buat lo yang penikmat kopi tapi punya perut yang cranky. Tapi kalo lo suka tipe kopi yang strong, sepertinya nggak ada salahnya untuk nyoba varian kopi yang satu ini – biar jadi cita rasa baru, bro!

 

Feature image – Verywell Mind