• Food
  • 3 Cara Untuk Menikmati Asparagus

3 Cara Untuk Menikmati Asparagus

Wed, 15 April 2015

Kenal Asparagus? Asparagus dalam pengertian umum adalah jenis sayuran dari satu spesies tumbuhan Genus Asparagus. Asparagus telah digunakan sejak lama sebagai bahan makanan karena rasanya yang sedap dan merupakan sumber terbaik asal folat nabati. Selain nikmat, sayuran ini juga mengandung kalori sangat rendah, nggak mengandung lemak atau kolesterol jadi aman buat diet lo nih Urbaners!

Biasanya jenis hidangan asparagus banyak ditemukan di restoran-restoran mewah. Tapi buat lo yang pengen nyoba mengolah sendiri, ini dia beberapa cara praktis buat nikmatin sayuran mewah ini!
 

  1. Crispy Parmesan Asparagus

    Sebetulnya ini bisa disebut “Asparagus Goreng” karena pembuatannya kira – kira sama dengan membuat ayam goring tepung. Lo Cuma butuh beberapa batang Asparagus, sekitar 30 batang, dan selimuti batang asparagus tersebut dengan tepung, lalu goreng hingga matang. Crispy Parmesan Asparagus ini rasanya enak dan membuatnya juga mudah. Nggak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk beli bahan – bahannya. Cuma butuh 2 putih telur, ¼ cangkir tepung, ¼ keju parmesan, dan bumbu tambahan lainnya.

     

  2. Asparagus, Panceta, Puff Pastry Bundles

    Cara bikinnya nggak ribet, lo Cuma butuh puff pastry beku, Asparagus segar, pancetta, keju parmesan dan minyak zaitun. Pertama lo cuma butuh menggoreng Asparagus pakai minyak zaitun, tambahin sedikit garam dan merica, lalu bungkus 3 atau 4 batang asparagus dengan pancetta dan puff pastry dan panggang sebentar. Voila! Siap dinikmati bareng pacar atau temen-temen.

     

  3. Beer-Battered Asparagus

    Bahan – bahan yang dibutuhkan untuk membuat ini adalah seikat Asparagus yang ujungnya sudah dipatahkan, ¼ sendok teh lada hitam, 1 sendok the garam, 1 cangkir tepung terigu, dan 1 cangkir bir. Campur tepung, garam, merica lalu aduk sampai tercampur, lalu tambahkan bir, dan aduk lagi hingga halus. Lalu celupkan asparagus kedalamnya, baru deh di goreng. Praktis kan?

Bagi Urbaners yang hobi masak, cobain deh bikin makanan – makanan ini. Selain seru dan sehat, memasak sendiri  menu-menu ini juga bisa bikin si dia makin terkesan sama lo!

 

 

 

 

Tiga Tahun?!
Asparagus ini termasuk tumbuhan yang memakan waktu sangat lama sampai akhirnya bisa dipanen. Dari bentuk bibit, sampai akhirnya matang kira – kira membutuhkan waktu 3 tahun. Wah! Pasti usaha meliharanya besar ya.

Asparagus Pee
Konon, bagi orang yang memakan Asparagus akan mendapatkan sensasi buang air kecil yang berbeda, karena zat – zat yang terkandung di dalam asparagus. Walaupun nggak semua, tapi beberapa orang juga dapat mencium aroma urine yang berbeda.

Chicken Helps Asparagus Growth
Pada tahun 2010, riset menyatakan bahwa ayam dapat membantu pertumbuhan Asparagus dengan cara ayam di lepas di lading asparagus untuk mencari makan. Hal ini nggak berdampak buruk sama sekali.

Warung Gaul Ayam Malaya yang Legendaris

Wednesday, January 15, 2020 - 17:00
Ayam Malaya dan ayam gohyong adalah menu unggulan dari Warung Gaul Ayam Malaya.

Kuliner yang ada di Jakarta memang sangat beraneka ragam. Salah satu tempat yang memiliki banyak varian kuliner adalah di kawasan Menteng. Berada di Jakarta Pusat, Menteng disebut sebagai salah satu tempat elit karena banyak dihuni oleh para konglomerat dan pejabat. Tempat kuliner yang berada di sekitar sini pun banyak yang kekinian dan cocok banget didatangi untuk tempat nongkrong.

Namun ternyata ada tempat kuliner yang terkenal dan legendaris di daerah Menteng yang cukup berbeda karena hanya berbentuk warung yang sederhana. Warung yang disebut sebagai Warung Gaul Ayam Malaya itu telah berdiri sejak lebih dari 20 tahun yang lalu dan telah memiliki pelanggan yang sangat setia.

 

Populer di Kalangan Pecinta Kuliner Jakarta

Tenda dari Warung Gaul Ayam Malaya.

Bicara soal tempat makan terkenal di daerah Menteng biasanya lo pasti akan berpikiran tempat yang indah dan Instagrammable dengan hidangan makanan yang kekinian. Namun hal itu nggak berlaku bagi warung sederhana yang terletak di Jl Gereja Santa Theresia, Menteng yang satu ini.

Warung Gaul Ayam Malaya hanyalah warung kaki lima sederhana yang hanya menggunakan tenda sebagai atapnya. Meski begitu, warung yang satu ini telah menjadi salah satu tempat makan yang paling ramai dan dikenal oleh pencinta kuliner yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya. Bahkan dari kota lain di Indonesia.

 

Cita Rasa yang Nggak Diragukan Lagi

Varian menu unggulan dari Warung Gaul Ayam Malaya seperti ayam malaya, ayam gohyong dan nasi goreng.

Salah satu alasan warung sederhana ini memiliki pelanggan setia yang rela antre lama tentunya karena hidangan makanan yang disajikan memiliki citarasa yang sangat nikmat. Di sini lo bisa memesan beragam makanan Chinese food mulai dari aneka nasi goreng, mi goreng, mi kuah, dan ayam kuluyuk. Menu unggulannya lainnya yaitu ayam malaya dan ayam gohyong.

Ayam malaya dan ayam gohyong menjadi dua menu paling favorit dan selalu dipesan oleh banyak pelanggannya. Ayam malaya sendiri merupakan menu olahan daging ayam tanpa tulang yang dibalut dengan tepung. Setelah digoreng, ayam balut tepung tersebut disiram dengan kuah yang memiliki rasa asam manis yang lezat.

Hidangan favorit lain yang selalu dicicipi oleh pelanggan ialah ayam gohyong. Menu yang satu ini dibuat dari daging ayam yang dicincang dan dicampur dengan sedikit daging sapi. Campuran daging cincang tersebut kemudian akan dibalut dengan telur terlebih dahulu sebelum digoreng. Saat disajikan ayam gohyong juga akan diberi kuah berwarna cokelat yang terbuat dari mentega dan kecap asin.

Dua menu favorit tersebut dijual dengan harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar 25 ribu rupiah. Satu porsi dari ayam malaya dan ayam gohyong cukup banyak dan rasanya juga nikmat jadi sangat worth it dengan harga yang dibanderolnya tersebut.

Ayam malaya memiliki tekstur renyah yang menggoda, sedangkan ayam gohyong memiliki citarasa yang gurih yang sangat lezat. Jadi apa lo udah siap mencoba dua hidangan favorit dari Warung Gaul Ayam Malaya yang legendaris ini, Urbaners?

 

 

Sources: detik.com, liputan6.com