The Best Sushi Restaurant in the World - MLDSPOT
  • Food
  • The Best Sushi Restaurant in the World

The Best Sushi Restaurant in the World

Tue, 30 June 2015

Lo suka Sushi? Makanan yang merupakan hewan laut yang disajikan secara mentah ini berasal dari Jepang sejak abad delapan masehi dan dianggap sebagai salah satu fast food terbaik di Asia tenggara, dan juga tentu saja makanan ini sangat populer di Indonesia. Dari sekian banyaknya restoran Sushi yang ada, kira – kira yang mana ya yang terbaik? Tentunya Sukiyabashi Jiro di Tokyo, Jepang.

Sukiyabashi Jiro adalah restoran Sushi yang terletak di Tokyo dan didirikan oleh Jiro Ono, yang sekarang berumur 86 tahun. Walaupun restoran Sushi ini termasuk yang terbaik, namun letaknya bukan berada di tempat – tempat megah di tengah kota.

Sukiyabashi Jiro merupakan restoran sederhana yang terletak di lorong bawah tanah Ginza Metro Station. Restoran ini mengundang banyak perhatian dari masyarakat international setelah kemunculannya pada sebuah tv show berjudul No Reservations, dan sebuah film documentary karya David Gelb berjudul Jiro Dreams of Sushi.

Distrik Ginza di Tokyo memang dikenal sebagai pusat perbelanjaan terbesar di dunia. Dari banyaknya toko yang menampilkan merk – merk mendunia seperti Sony, Chanel dan Dior, ada satu toko berwarna kecoklatan yang nyempil dipojokan bagian basement tempat ini. Sukiyabashi Jiro dihiasi dengan pintu kaca dan didalamnya hanya terdapat 10 tempat duduk, selain itu tempat ini juga nggak memiliki toilet.

Walaupun umurnya yang sudah sangat tua, Jiro Ono pergi menuju restorannya dengan menggunakan kereta bawah tanah, dan ia juga yang menyiapkan semua keperluan tokonya sebelum jam buka. Saking ramainya tempat ini, lo nggak Cuma bisa sembarangan masuk dan ambil tempat duduk sebagaimana di restoran lainnya.

Untuk makan di restoran sushi yang Cuma punya 10 kursi ini, lo kadang harus bikin reservation yang malah bisa sampai 1 tahun untuk nunggu giliran lo. Untuk reservation dihargai sekitar $368, yang nantinya lo bakal disajikan paket 20 jenis Sushi. Bahkan Obama pun pernah di jamu di restoran sushi legendaris ini, kebayang kan betapa eksklusifnya tempat ini?

Source : www.dmzdocs.com, travel.cnn.com

 

 

Obama
Pada April 2014, Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe melakukan makan malam di Sukiyabashi Jiro. Obama mengatakan bahwa ini adalah sushi terbaik yang pernah dia makan.

Fire
Pada Juni 2013, terjadi kebakaran di restoran kecil ini. Hal ini dikarenakan dari kecerobohan salah satu pekerja di tempat tersebut. Untungnya api berhasil dipadamkan dalam satu jam dan nggak ada yang terluka.

Sushi: The Origins
Walaupun banyak orang yang mengenal bahwa sushi itu makanan traditional Jepang, tapi beberapa bukti mengatakan bahwa sebelum memasuki Jepang, Sushi terlebih dahulu terkenal di Cina dengan resep yang sama yaitu ikan mentah yang di berikan garam dan dibungkus nasi. 

Menu Kopi yang Nggak Bikin Perut Cranky: Udah Tau Cafe Manchado, Bro?

Mon, 03 May 2021
Cafe Manchado

Pasti banyak dari lo yang merasa nggak bisa hidup tanpa kopi. Nggak salah sih – karena kopi emang bisa nambah produktivitas sehari-hari kalo lo mengonsumsinya di waktu yang tepat. Di Indonesia sendiri kedai kopi serta varian kopi udah menjamur banget. Di setiap sudut kota lo akan menemukan kedai kopi dengan varian kopi yang berbeda-beda juga.

Tapi umumnya – di Indonesia punya ciri khas kopi dengan espresso yang dicampur dengan susu dan juga gula aren. Dianggap sebagai signature-nya kedai kopi Indonesia, ternyata di Spanyol juga ada hal serupa dengan nama Café Manchado nih, bro.

Apakah sebelumnya lo udah pernah dengar? Kopi yang katanya cocok buat lo yang nggak suka rasa yang terlalu strong dari kopi dan juga bersahabat dengan lambung ini sepertinya menarik untuk dikulik. Biar nggak penasaran, langsung aja simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Café Manchado: Ini Buat Perut Lo yang Suka Cranky!

Café Manchado merupakan minuman yang berasal dari Spanyol dan juga terdapat di beberapa wilayah di Portugal. Minuman yang komposisinya terdiri dari hampir 90% susu ini ternyata merupakan varian kopi, bro!

Minuman kopi susu dengan komposisi kopi hanya 10% ini seringkali dianggap sebagai formalitas belaka. Pada awal diciptakannya, para penikmat Café Manchado cuma pengen minum susu. Tapi biar rasanya nggak creamy doang, mereka meminta baristanya memberikan kopi dikit pada minumannya.

Ibaratnya, ini minuman susu yang dinodain sama kopi deh, bro!

Minuman yang Kebalikan dari Macchiato

Cafe Manchado

Credit image - Neschino

Kalo diliat-liat, Café Manchado merupakan kebalikan dari macchiato. Minuman yang terdiri dari espresso dan diberikan sedikit busa susu di atasnya ini membuat macchiato punya rasa kopi yang lebih dominan. Sedangkan susu pada minuman ini cuma hiasan dan pelengkap aja.

Sedangkan – café manchado kebalikannya. Varian kopi yang di Indonesia masih dikategorikan jarang ini ternyata udah punya banyak penikmat setia. Minuman dengan jenis ini umumnya  dinikmati pagi hari dan disajikan hangat.

Sensasinya Kayak Minum Kopi Nggak Sih?

Cafe Manchado

Credit image – Unsplash

Dengan kandungan kopi yang hanya 10% kopi dan didominasi oleh susu, pastinya buat lo yang emang suka rasa kopi yang strong bertanya-tanya – apakah sensasinya beneran kayak minum kopi?

Jawabannya adalah tergantung kadar kopi yang bisa ditoleransi oleh setiap pemikmat. Pastinya semua orang punya toleransi yang berbeda-beda. Mungkin rasanya akan sedikit berbeda dari kopi susu yang biasa diminum pada umumnya, tapi lo tetap bisa menikmati minuman ini dengan cita rasa kopi yang sedikit itu kok, bro!

Pada dasarnya, varian minuman kopi yang satu ini bukan lah murni varian kopi yang dibuat untuk kopi selayaknya resep macchiato ataupun cappucino. Melainkan hanya sebuah variasi.

Selain itu, minuman kopi dengan jenis ini merupakan minuman yang menjadi alternatif bagi mereka yang bisa diminum oleh mereka yang nggak bisa terkena terlalu banyak kafein tapi masih ingin menikmati kopi – atau orang yang ingin mengurangi asupan kafein harian.

Mengingat kopi juga punya kelebihan dan kekurangannya, café manchado ini jadi shortcut buat lo yang penikmat kopi tapi punya perut yang cranky. Tapi kalo lo suka tipe kopi yang strong, sepertinya nggak ada salahnya untuk nyoba varian kopi yang satu ini – biar jadi cita rasa baru, bro!

 

Feature image – Verywell Mind