• Food
  • Mitos Seputar Wine

Mitos Seputar Wine

Thu, 01 October 2015

Minuman yang sangat cocok dinikmati sewaktu lo lagi kencan romantis ya memang wine. Wine atau anggur adalah salah satu minuman terfavorit di dunia, terutama di Amerika Serikat dan Eropa. Selain rasanya yang enak, segar, aroma wine juga sangat menggugah selera. Namun seiring berjalannya waktu, mitos banyak bermunculan tentang wine. Banyak hal yang lo anggap benar tapi sebenarnya itu hanya mitos lho Urbaners. Mau tahu apa aja mitos tentang wine?

 

Mitos wine putih harus disajikan dengan es

Alasan yang benar saat wine putih perlu diminum dengan es, adalah  wine putih akan lebih terkendali dan memperketat molekul yang ada dalam wine putih, sehingga rasanya lebih enak. Kalau lo minum wine putih yang hangat, aroma dalam wine putih bakalan jadi strong. Suhu yang baik untuk putih wine ini sekitar 5 derajat celcius.

 

Mitos red wine harus disajikan dalam suhu ruangan

Anggur merah harus disajikan disuhu ruangan? salah besar Urbaners! Justru kalau lo menaruh anggur merah dalam suhu ruangan, efeknya bakalan jadi negatif lho. Anggur merah yang ditaruh di dalam suhu ruangan, rasanya bakalan jadi kurang nikmat dan juga dapat mempercepat proses penuaan dini lho. Jadi, nyantai saja kalau lo mau menaruh es batu di dalam gelas anggur merah lo.

 

Mitos anggur merah atau red wine bikin dan sakit kepala

Anggur merah ini seharusnya nggak diminum terlalu banyak karena bakal bikin lo sakit kepala seperti lo minum bir dan wisky. Jadi, lo harus minum anggur ini secukupnya, diimbangi dengan minum air putih biar kepala nggak terlalu pusing.

 

Mitos memadukan putih wine dengan steak

Memadukan daging steak dengan putih wine ini juga termasuk dalam salah satu mitos lho. Lo nggak harus makan steak dengan red wine saja, tapi lo juga bisa dengan putih wine, asalkan lo pilih rasa yang sesuai dengan red wine. Misalnya, kayak rasa yang lebih buah-buahan. Hal itu bakalan memberikan rasa yang khas ketika dipadukan dengan daging steak.

 

Mitos memberikan ruangan bernafas di dalam botol anggur

Urbaners, sering kali orang juga salah mengartikan arti sedikit ruangan yang ada di dalam botol. Kalau lo ingin memberikan ruangan dalam botol wine lo, nggak usah ribet-ribet deh. Lo tinggal buka tutup botol wine lo dan biarkan sejenak biar udara bisa masuk kedalam botol. Jadi sebenarnya sedikit ruangan yang ada dalam botol wine itu hanya saja takarannya sudah pas s. Nggak mungkin kan kalau mengisi botol wine penuh sekali.

 

Mitos anggur lama semakin enak

Banyak juga orang yang mempercayai kalau wine semakin lama disimpan, rasanya akan semakin enak. Hal ini tergantung dari masing-masing merk wine tersebut. 90% dari merk wine harus diminum dalam jangka satu tahun setelah produksi. Ada juga beberapa merk wine yang bisa diminum dalam jangka waktu lima tahun setelah produksi. Memang benar, semakin lama anggur disimpan aroma dan rasanya semakin kuat, tapi itu semua tergantung dari merk dan harga dari wine tersebut.

Urbaners, hal diatas pasti lo kira semuanya itu benar, ternyata semuanya itu hanya mitos lho. Jadi, lo masih bisa melakukan hal-hal diatas asalkan sesuai denga petunjuk yang berlaku ya.

Source: thrillist.com, www.coaltrainwine.com

 

 

Minum anggur dapat membangkitkan gairah seks
​Ketika wanita minum 2 gelas wine per hari, gairah seksnya akan lebih baik daripada wanita yang jarang minum wine

Tidak semua wine itu sehat
​Sebaiknya, lo minum anggur maksimal 1 atau 2 gelas per hari, karena tidak semua anggur itu menyehatkan

Oenophobio adalah sebutan untuk orang yang benci dengan wine
​Di dunia ini ternyata ada yang sangat benci terhadap anggur, orang tersebut dapat dinamakan sebagai oenophobio

Warung Gaul Ayam Malaya yang Legendaris

Wednesday, January 15, 2020 - 17:00
Ayam Malaya dan ayam gohyong adalah menu unggulan dari Warung Gaul Ayam Malaya.

Kuliner yang ada di Jakarta memang sangat beraneka ragam. Salah satu tempat yang memiliki banyak varian kuliner adalah di kawasan Menteng. Berada di Jakarta Pusat, Menteng disebut sebagai salah satu tempat elit karena banyak dihuni oleh para konglomerat dan pejabat. Tempat kuliner yang berada di sekitar sini pun banyak yang kekinian dan cocok banget didatangi untuk tempat nongkrong.

Namun ternyata ada tempat kuliner yang terkenal dan legendaris di daerah Menteng yang cukup berbeda karena hanya berbentuk warung yang sederhana. Warung yang disebut sebagai Warung Gaul Ayam Malaya itu telah berdiri sejak lebih dari 20 tahun yang lalu dan telah memiliki pelanggan yang sangat setia.

 

Populer di Kalangan Pecinta Kuliner Jakarta

Tenda dari Warung Gaul Ayam Malaya.

Bicara soal tempat makan terkenal di daerah Menteng biasanya lo pasti akan berpikiran tempat yang indah dan Instagrammable dengan hidangan makanan yang kekinian. Namun hal itu nggak berlaku bagi warung sederhana yang terletak di Jl Gereja Santa Theresia, Menteng yang satu ini.

Warung Gaul Ayam Malaya hanyalah warung kaki lima sederhana yang hanya menggunakan tenda sebagai atapnya. Meski begitu, warung yang satu ini telah menjadi salah satu tempat makan yang paling ramai dan dikenal oleh pencinta kuliner yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya. Bahkan dari kota lain di Indonesia.

 

Cita Rasa yang Nggak Diragukan Lagi

Varian menu unggulan dari Warung Gaul Ayam Malaya seperti ayam malaya, ayam gohyong dan nasi goreng.

Salah satu alasan warung sederhana ini memiliki pelanggan setia yang rela antre lama tentunya karena hidangan makanan yang disajikan memiliki citarasa yang sangat nikmat. Di sini lo bisa memesan beragam makanan Chinese food mulai dari aneka nasi goreng, mi goreng, mi kuah, dan ayam kuluyuk. Menu unggulannya lainnya yaitu ayam malaya dan ayam gohyong.

Ayam malaya dan ayam gohyong menjadi dua menu paling favorit dan selalu dipesan oleh banyak pelanggannya. Ayam malaya sendiri merupakan menu olahan daging ayam tanpa tulang yang dibalut dengan tepung. Setelah digoreng, ayam balut tepung tersebut disiram dengan kuah yang memiliki rasa asam manis yang lezat.

Hidangan favorit lain yang selalu dicicipi oleh pelanggan ialah ayam gohyong. Menu yang satu ini dibuat dari daging ayam yang dicincang dan dicampur dengan sedikit daging sapi. Campuran daging cincang tersebut kemudian akan dibalut dengan telur terlebih dahulu sebelum digoreng. Saat disajikan ayam gohyong juga akan diberi kuah berwarna cokelat yang terbuat dari mentega dan kecap asin.

Dua menu favorit tersebut dijual dengan harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar 25 ribu rupiah. Satu porsi dari ayam malaya dan ayam gohyong cukup banyak dan rasanya juga nikmat jadi sangat worth it dengan harga yang dibanderolnya tersebut.

Ayam malaya memiliki tekstur renyah yang menggoda, sedangkan ayam gohyong memiliki citarasa yang gurih yang sangat lezat. Jadi apa lo udah siap mencoba dua hidangan favorit dari Warung Gaul Ayam Malaya yang legendaris ini, Urbaners?

 

 

Sources: detik.com, liputan6.com