Trending
Senin, 19 Oktober 2015

Jangan Masukkan Makanan ini ke Kulkas

  • Share
  • fb-share
Jangan Masukkan Makanan ini ke Kulkas

Setelah melakukan belanja bulanan, biasanya lo bakal menyimpan hasil belanjaan lo ke dalam kulkas atau lemari khusus. Nggak jarang makanan-makanan yang lo beli malah berakhir di tempat sampah karena lupa pernah membelinya dan kelewatan tanggal kadaluarsa. Meski begitu, lo tetap harus berhati-hati dalam menyimpan makanan karena nggak semua makanan bisa disimpan di sembarang tempat.

Ngaku aja deh, lo pasti sering bangetkan asal menaruh makanan ke dalam kulkas? Beberapa makanan yang lo anggap bakal segar lebih lama apabila terkena suhu dingin kulkas, ternyata justru lebih baik disimpan pada suhu ruangan. Agar nggak mengulangi kebiasaan yang salah, lo cek daftar makanan di bawah ini, ya.

 

Tomat

Tomat yang disimpan dalam kulkas memang terlihat lebih segar. Nyatanya, menyimpan tomat dalam kulkas justru bakal membuat tomat lo menjadi cepat lembek. Suhu dingin kulkas juga bisa merusak kandungan gula dan zat asam pada tomat, bisa-bisa tomat lo malah kehilangan rasa khasnya. Lo harus menyimpannya pada suhu ruangan yang jauh dari paparan sinar matahari.

 

Bawang

Sama seperti tomat, bawang bombay dan bawang putih yang disimpan dalam kulkas bisa membuat mereka cepat lembek dan berjamur. Lo juga harus ingat untuk nggak menaruh kembali bawang bombay dan bawang putih yang sudah dipotong ke dalam kulkas. Selain jadi cepat kering, hal tersebut bisa menyebarkan bau nggak sedap di dalam kulkas lo.

 

Kentang

Saat lo menaruh kentang dalam kulkas, zat tepung yang ada dalam kentang bakal rusak secara perlahan dan berubah menjadi gula. Itulah kenapa kentang terasa lebih manis kalau lo mengonsumsinya dari kulkas. Warna kentang juga bakal lebih cepat berubah menjadi gelap saat lo memasaknya. Lo pasti nggak mau, kan, makanan lo kelihatan nggak menggugah selera?

 

Pisang

Pisang yang disimpan dalam suhu rendah membuat proses pematangan mereka menurun. Kalau lo menaruh pisang yang masih berwarna hijau dalam kulkas, pisang lo bakal tetap berwarna hijau dalam waktu lama. Tapi, kalau lo meletakkan pisang yang sudah matang di dalam kulkas, kulitnya bakal berubah warna menjadi cokelat dan hitam. Tekstur buahnya akan menjadi super lembut dan lo nggak bisa mengonsumsinya.

 

Madu

Nggak peduli seberapa tua umur madu, lo harus tetap menyimpannya pada suhu ruangan. Kalau lo tetap menaruh madu dalam kulkas, gula di dalamnya akan mengkristal dengan cepat. Akibatnya, madu lo bakal mengeras dan teksturnya bisa berubah seperti adonan kue.

 

Source: Lifelivity.com , healthflexhhs.com  , www.harvesttotable.com

 

Comments
Susiana Saputri
Mantap banget
Sukamto
Mantap guys