Home Food Penjual Daging Termahal di Dunia

Penjual Daging Termahal di Dunia

Thursday, January 7, 2016 - 17:30
Bagikan
Facebook Twitter Email

Umumnya, kita nggak bakal mengkonsumsi daging sapi yang usianya udah berhari-hari. Tapi, seorang pria asal Perancis berhasil mengubah persepsi tersebut dengan membuat daging super lezat dari sapi yang telah dipotong bertahun-tahun lalu. Tentu aja harga yang harus dibayar pun nggak murah. Salah satu dagingnya yang diolah menjadi rib steak dipatok dengan harga $3,200. Siapa, sih, pria yang dimaksud?

 

Usaha Turun-Temurun Keluarga

Daging termahal di dunia bisa lo temukan di St. Germain des Pres, Paris. Usaha tempat pemotongan daging tersebut dijalankan oleh Alexandre Polmard, generasi keenam tukang daging yang produknya telah dikenal sejak 1846 karena memiliki kualitas tinggi. Popularitas bisnis tersebut mulai meningkat pada tahun 1990-an setelah kakek dan ayah Polmard mengenalkan dan mengembangkan teknik penanganan baru terhadap daging-daging mereka.

 

Disimpan dalam Suhu Super Dingin

Mereka menyebut teknik tersebut sebagai “hibernation” dan dilakukan di dalam ruangan bersuhu -43 derajat celcius. Daging-daging disimpan di sana dan dihadapkan pada udara dingin yang berhembus dengan kecepatan 75 km/jam. Menurut Polmard, daging yang melalui proses hibernation nggak akan pernah mengalami penurunan kualitas. Mayoritas daging yang dijual oleh Polmard berusia 28-56 hari. Ia terinspirasi dari pembuatan wine yang rasanya semakin enak apabila disimpan lebih lama.

 

Menjauhkan Hewan dari Kondisi Stres

Demi menjaga kualitas daging, Polmard selalu menjaga sapi-sapinya agar terhindar dari stres. Sapi yang mengalami stres akan memproduksi glikogen dan asam laktat yang dapat memicu ketegangan dan keasaman pada otot-otot mereka. Hal tersebut tidak mampu menghasikan daging sapi yang enak dan lembut. Untuk menjaga kondisi sapi, Polmard membiarkan mereka hidup di alam terbuka. Ia juga secara rutin berbicara dengan sapi-sapi untuk memastikan bahwa mereka nyaman dan rileks.

Polmard bangga banget dengan daging sapi berkualitasnya tersebut. Maka dari itu, ia menawarkannya cuma kepada beberapa chef terpilih di penjuru dunia. Sebelumnya, ia juga selalu mengobrol secara personal tentang kelebihan daging sapinya. Kalau lo penasaran dengan rasanya, lo bisa mencoba menu Polmard’s Rare Millesime Cote de Boeuf, Vintage 2000 yang dibandrol seharga $700 di Four Seasons Hotel, Hong Kong.

 

Source: nextshark.com